SALAT JUMAT 4
MAZHAB
Oleh: Drs. H.M.
Yusron Hadi, M.M.

1.
Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis Nabi).
2.
Ajaran Islam memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya adalah ilmu
fikih.
3.
Ilmu fikih adalah ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
4.
Dunia Islam mengenal 4 mazhab terbesar, yaitu:
1)
Mazhab Hanafi.
2)
Mazhab Maliki.
3)
Mazhab Syafii.
4)
Mazhab Hambali.
5.
Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi
ikutan umat Islam.
6.
Masing-masing mazhab mempunyai karakter/keistimewaan tersendiri.
1)
Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89
Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu
fikih di Irak.
2)
Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93
Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
3)
Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah
dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina.
4)
Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164
Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad,
Irak.
7.
Dasar hukum salat Jumat.
1)
Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah
Al-Jumuah (surah ke-62) ayat 9.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ
لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا
الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Hai
orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka
bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang
demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.
8.
Lokasi (tempat) salat Jumat.
A.
Menurut Imam Hanafi, Syafii, dan Hambali, lokasi (tempat) melakukan
salat Jumat:
1)
Boleh dikerjakan di dalam masjid.
2)
Boleh dilaksanakan di tempat lain, selain masjid.
B.
Menurut Imam Malik, salat Jumat:
1)
Harus dilaksanakan di dalam masjid.
2)
Dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
9.
Jumlah minimal jemaah salat Jumat.
1)
Menurut Imam Hanafi,jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang,
termasuk imam.
2)
Menurut Imam Maliki,jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang,
termasuk imam.
3)
Menurut Imam Hambali dan Syafii,jumlah jamaah salat Jumat minimal 41
orang, termasuk imam.
10. Posisi khatib ketika
sedang berkhotbah.
A.
Menurut Imam Maliki dan Syafii, ketika khatib sedang berkhotbah
Jumat:
1)
Khatib wajib berdiri.
B.
Menurut Imam Hanafi dan Hambali, ketika khatib sedang berkhotbah
Jumat:
1)
Khatib tidak wajib berdiri.
11. Materi minimal
yang disampaikan seorang khatib ketika berkhotbah Jumat.
A.
Menurut Imam Hanafi, seorang khatib ketika berkhotbah salat Jumat
minimal:
1)
Membaca hamdalah.
2)
Membaca istigfar.
B.
Menurut Imam Maliki, seorang khatib ketika berkhotbah salat Jumat
minimal:
1)
Mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
C.
Menurut Imam Syafii, seorang khatib ketika berkhotbah salat Jumat:
1)
Pada khutbah ke-1 minimal:
a.
Mengucapkan hamdalah.
b.
Selawat Nabi.
c.
Pesan takwa
d.
Membaca ayat Al-Quran.
2)
Pada khutbah ke-2 minimal:
a.
Mengucap hamdalah.
b.
Selawat Nabi.
c.
Pesan takwa.
d.
Berdoa untuk semua umat Islam.
D.
Menurut Imam Hambali seorang khatib ketika berkhotbah salat Jumat
minimal:
1)
Mengucap hamdalah.
2)
Selawat Nabi.
3)
Pesan takwa.
4)
Membaca ayat Al-Quran.
12. Posisi khatib ketika duduk di antara 2 khotbah
Jumat.
1)
Khatib tidak wajib duduk di antara 2 khotbah.
B.
Menurut Imam Syafii, khatib salat Jumat:
1)
Khatib wajib duduk sebentar di antara 2 khotbah.
C.
Imam Hambali menyatakan khatib salat Jumat:
1)
Khatib boleh duduk atau tidak duduk di antara 2 khotbah.
13. Bahasa yang
digunakan khatib ketika berkhotbah Jumat.
A.
Menurut Imam Maliki, ketika khatib berkhotbah Jumat:
1)
Khatib wajib menggunakan bahasa Arab.
B.
Menurut Imam Hanafi, Syafii, dan Hambali,khatib khutbah Jumat:
1)
tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhotbah.
14. Bacaan surah
Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
A.
Menurut Imam Maliki:
1)
Rakaat ke-1, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah
ke-62).
2)
Rakaat ke-2, imam harus membaca surah Al-Ghosiyah (surah ke-88).
B.
Menurut Imam Syafii:
1)
Rakaat ke-1, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah
ke-62).
2)
Rakaat ke-2, imam harus membaca surah Al-Munafikun (surah ke-63).
C.
Menurut Imam Hanafi:
1)
Hukumnya makruh, jika imam salat Jumat, ditentukan bacaan surahnya,
setelah membaca surah Al-Fatihah.
15. Hukum Islam.
1)
Wajib. Yaitu perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh
ditinggalkan.
2)
Sunah. Yaitu perbuatan yang dianjurkan, apabila dilakukan
mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
3)
Mubah. Yaitu berupa pilihan bebas, artinya boleh dilakukan dan
boleh tidak dikerjakan.
4)
Makruh. Yaitu perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi
tidak berdosa apabila dikerjakan.
5)
Haram. Yaitu perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.
Daftar
Pustaka.
1.
Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad
Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007.
2.
Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
3.
Tafsirq.com online.
0 comments:
Post a Comment