Saturday, April 21, 2018

786. MIKAT

MASJID MIKAT IHRAM
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang bangunan masjid tempat mikat ihram haji dan umrah menurut agama Islam?” Berikut ini penjelasannya.
      Para ulama menjelaskan bahwa Nabi Muhammad telah menetapkan beberapa batas tempat mikat makani untuk mengawali berihram haji dan umrah adalah berikut ini.
      Ke-1, Kota Mekah.  Untuk penduduk yang tinggal di Mekah, maka para jamaah berihram haji dan umrah sejak dari rumah tempat tinggalnya.
      Ke-2, Masjid Bir Ali (Masjid Zul Hulaifah). Untuk para jamaah haji dan umrah dari arah Madinah dan sekitarnya, berihram dari Masjid Bir Ali atau Masjid Dzul Hulaifah atau Masjid Syajarah (Masjid Pohon) atau Masjid Mikat yang berjarak 10 m dari Masjid Nabawi Madinah dan berjarak 410 km dari kota Mekah.
       Ke-3, Masjid Juhfah. Untuk para jamaah haji dan umrah dari arah Palestina, Yordania, Suriah, Lebanon, Mesir, dan sekitarnya berihram dari Masjid Juhfah yang berjarak 187 km dari kota Mekah.
      Ke-4, Masjid Qarnul Manazil. Untuk para jamaah haji dan umrah dari arah Najad, Yaman, dan sekitarnya berihram dari Masjid Saili Kabir yang berjarak 80 km dan terletak di timur laut Mekah dan 40 km di sebelah utara kota Thaif atau Masjid Mikat Wadi Mahram (Masjid Qarnul Manazil) yang berjarak 76 km dari kota Mekah dan 33 km di selatan Masjid Saili Kabir.
     Ke-5, Masjid Yalamlam. Untuk para jamaah haji dan umrah dari arah Yaman, India, Indonesia, dan sekitarnya yang melewati laut berihram dari Masjid Yalamlam atau Masjid Sakdiyah yang berjarak 130 km di selatan kota Mekah.
      Ke-6, Masjid Zatu Irqin. Untuk para jamaah haji dan umrah dari arah Irak, Iran, dan sekitarnya berihram dari masjid Zatu Irqin atau Masjid Dloribah yang berjarak 90 km dan di sebelah selatan Masjid Qarnul Manazil (Masjid Saili Kabir).
      Ke-7, Masjid Tan’im. Masjid Tan’im atau Masjid Syayidah Aisyah, istri Nabi, adalah masjid mikat yang paling dekat, dahulu tempat berihramnya Aisyah, istri Nabi, yang berjarak 7,5 km di utara Masjidil Haram.
      Ke-8, Masjid Ji’ranah. Masjid Ji’ranah yang diambil dari nama seorang wanita dungu atau Masjid Wadi Saraf terkenal dengan keistimewaan rasa airnya, terletak 24 km di timur laut Masjidil Haram.
      Ke-9, Masjid Hudaibiyah. Masjid Hudaibiyah atau Masjid Syumaisi terletak 24 km di barat Masjidi Haram, dahulu tempat para sahabat berikrar untuk setia kepada Nabi dan terjadinya Perjanjian Hudaibiyah.
      Ke-10, Masjid Nakhlah. Masjid Nakhlah terletak 13 km di utara Mekah. Ke-11, Masjid Adlat laban. Masjid Adlaat Laban atau Masjid Aqisyiyah terletak 16 km di selatan Masjidil Haram.
Daftar Pustaka
1. Rasjid, Sulaiman. Fikih Islam (Hukum Fikih Lengkap). Penerbit Sinar Baru Algensindo. Cetakan ke-80, Bandung. 2017.
2. Al-Mubarakfury, Syaikh Shafiyurrahman. Sirah Nabawiyah. Pustaka Al-Kautsar. Jakarta. 2006.
3. Ghani, Muhammad Ilyas Abdul. Sejarah Masjid Nabawi. Madinah 2004.
4. Ghani, Muhammad Ilyas Abdul. Sejarah Mekah. Mekah 2004
5. Al-Kandahlawi, Maulana Muhammad Zakaria. Himpunan Fadhilah Amal. Penerbit Ash-Shaff. Yogyakarta. 2000.
6. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
7. Tafsirq.com online

0 comments:

Post a Comment