Wednesday, May 15, 2019

2277. MANFAAT WAKTU


MANFAAT WAKTU
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.
     Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang memanfaatkan waktu menurut Al-Quran?” Profesor Quraish Shihab menjelaskannya.
1.    Al-Quran surah Al-Ashri (surah ke-103) ayat 1-3.

وَالْعَصْرِ . إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ. إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

      Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.
2.    Al-Quran memerintahkan umat Islam untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.
3.    Umat manusia dituntun oleh Al-Quran untuk mengisi seluruh “ashr” (waktu) dengan berbagai amal perbuatan yang memaksimalkan semua daya yang dimilikinya.
4.    Al-Quran surah Adz-Dzariyat (surah ke-51) ayat 56.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

      Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.
5.    Sebagian ulama berpendapat bahwa jin dan manusia diciptakan oleh Allah adalah untuk beribadah dalam pengertian yang sempit.
6.    Pemahaman dan penerjemahan ini menimbulkan kerancuan, karena memahami kata “lam” dalam “li ya'budun”, kata “li” diartikan “agar”.
7.    Dalam bahasa Al-Quran, kata “lam” tidak selalu berarti “agar”, tetapi dapat berarti “kesudahannya” atau “akibatnya”.
8.    Al-Quran surah Al-Qashash (surah ke-28) ayat 8, yang menguraikan dipungutnya Nabi Musa oleh keluarga Firaun.
فَالْتَقَطَهُ آلُ فِرْعَوْنَ لِيَكُونَ لَهُمْ عَدُوًّا وَحَزَنًا ۗ إِنَّ فِرْعَوْنَ وَهَامَانَ وَجُنُودَهُمَا كَانُوا خَاطِئِينَ
      Maka dipungutlah dia oleh keluarga Firaun yang akibatnya dia menjadi musuh dan kesedihan bagi mereka. Sesungguhnya Fir'aun dan Haman beserta tentaranya adalah orang-orang yang bersalah.
9.    Jika  kata “lam” dalam Al-Quran surah Al-Qashshas (surah ke-28) ayat 8 diterjemahkan “agar”, maka artinya “Maka dipungutlah dia (Musa) oleh keluarga Firaun “agar” dia menjadi musuh dan kesedihan bagi mereka.”
10. Kalimat seperti itu tidak logis, tetapi jika kata “lam” dipahami sebagai “akibat atau kesudahan”, maka terjemahannya akan berbunyi, “Maka dipungutlah dia (Musa) oleh keluarga Firaun dan kesudahannya adalah dia menjadi musuh bagi mereka.”
11. Dalam Al-Quran surah Adz-Dzariyat (surah ke-51) ayat 56, dapat disimpulkan bahwa Al-Quran menuntut agar kesudahan semua pekerjaan manusia hendaknya menjadi ibadah kepada Allah, apa pun jenis dan bentuknya.
12. Al-Quran memerintahkan untuk melakukan kegiatan apa pun setelah menyelesaikan ibadah ritual.
13. Al-Quran surah Al-Jumuah (surah ke-62) ayat 10.

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

      Apabila telah ditunaikan salat (Jumat), maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.
14. Al-Quran mengecam orang-orang yang mengisi waktunya.
1)    Bermain tanpa tujuan, seperti anak kecil.
2)    Melalaikan yang lebih penting, seperti sebagian remaja.
3)    Sekadar bersolek, seperti sebagian wanita.
4)    Menumpuk kekayaan dan memperbanyak anak dengan tujuan kebanggaan, seperti dilakukan sebagian orang tua.
15. Al-Quran surah Al-Jumuah (surah ke-57) ayat 20.
اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ ۖ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا ۖ وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ ۚ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

       Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada adzab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.
16. Pekerjaan atau amal perbuatan dalam bahasa Al-Quran, sering kali ditampilkan dalam bentuk “indefinitif” (nakirah), yang dapat dipahami memberikan makna “keumuman”, sehingga “amal perbuatan” yang dimaksudkan mencakup “segala macam pekerjaan”.
17. Al-Quran surah Ali Imran (surah ke-3) ayat 195 menyatakan Allah tidak menyia-nyiakan amal perbuatan.

فَاسْتَجَابَ لَهُمْ رَبُّهُمْ أَنِّي لَا أُضِيعُ عَمَلَ عَامِلٍ مِنْكُمْ مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ ۖ بَعْضُكُمْ مِنْ بَعْضٍ ۖ فَالَّذِينَ هَاجَرُوا وَأُخْرِجُوا مِنْ دِيَارِهِمْ وَأُوذُوا فِي سَبِيلِي وَقَاتَلُوا وَقُتِلُوا لَأُكَفِّرَنَّ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَلَأُدْخِلَنَّهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ثَوَابًا مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الثَّوَابِ

      Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), "Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antaramu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik.
18. Al-Quran surah Al-Anam (surah ke-6) ayat 135 memerintahkan bekerja sungguh-sungguh.

قُلْ يَا قَوْمِ اعْمَلُوا عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ إِنِّي عَامِلٌ ۖ فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ مَنْ تَكُونُ لَهُ عَاقِبَةُ الدَّارِ ۗ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ

      Katakanlah,”Hai kaumku, berbuatlah sepenuh kemampuanmu, sesungguhnya aku pun berbuat (pula). Kelak kamu akan mengetahui, siapakah (di antara kita) yang akan memperoleh hasil yang baik dari dunia ini. Sesungguhnya, orang-orang yang dzalim itu tidak akan mendapat keberuntungan.
19. Al-Quran surah Alam-Nasrah (surah ke-94) ayat 5-6.

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

     Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
20. Sesungguhnya bersama satu kesulitan yang sama, terdapat dua kemudahan yang berbeda, karena kata “al-ushr” terulang 2 kali dalam bentuk “definitif” (ma'rufah), yaitu menggunakan “al” atau “alif dan lam”, sedangkan kata “yusra” terulang 2 kali dalam bentuk “indefinitif”, karena tidak menggunakan “alif dan lam”.
21. Al-Quran surah Alam-Nasrah (surah ke-94) ayat 7.

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ

     Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.
22. Kata “faraghta” terambil dari kata “faragha” ditemukan dalam Al-Quran sebanyak 6 kali dengan berbagai bentuk derivasinya.
23.  Dari segi bahasa, kata “faraghta” artinya “kosong setelah sebelumnya penuh yang berisi material atau non-material”. Misalnya,
1)    Seperti gelas yang penuh dengan air, kemudian airnya diminum atau tumpah sehingga gelas menjadi kosong.
2)    Hati yang gelisah penuh dengan ketakutan dan kesedihan, kemudian merasa plong.
24. Jika seseorang yang telah memenuhi waktunya dengan pekerjaan, kemudian dia menyelesaikan pekerjaannya, maka jarak waktu antara selesai pekerjaan pertama dengan dimulainya pekerjaan selanjutnya dinamakan “faragh”.
25. Apabila kita berada dalam “keluangan” (faragh), sedangkan sebelumnya kita telah memenuhi waktu dengan kerja keras, maka itulah yang dimaksudkan dengan “fanshab”.
26. Kata “fanshab” artinya “berat” atau “letih”.
27. Kata “fanshab” pada mulanya artinya “menegakkan sesuatu sampai nyata dan mantap”.
28. Al-Quran surah Al-Ghasiyah (surah ke-88) ayat 17-19.

أَفَلَا يَنْظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ وَإِلَى السَّمَاءِ كَيْفَ رُفِعَتْ وَإِلَى الْجِبَالِ كَيْفَ نُصِبَتْ

     Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana diciptakan, Dan langit, bagaimana ditinggikan? Dan gunung-gunung bagaimana ditegakkan (sehingga menjadi nyata)?
29. Kalimat terakhir pada terjemahan dijelaskan dalam Al-Quran dengan kata yang berakar sama dengan “fanshab” yaitu “nushibat” dalam kalimat “Wa ilal jibali kaifa nushibat”.
30. Dari kata “nushibat” dibentuk kata “nashib” (nasib) yang artinya “bagian tertentu yang diperoleh dari kehidupan yang telah ditegakkan sehingga menjadi nyata, jelas, dan sulit dielakkan”.
31. Ayat Al-Quran ini tidak memberikan peluang kepada manusia untuk menganggur selama masih ada “waktu”, karena setelah selesai satu kesibukan, dituntut melakukan kesibukan yang lain untuk menghasilkan karya nyata.
32. Nabi Muhammad menganjurkan umat Islam meneladani sifat-sifat Allah sesuai dengan kemampuannya sebagai makhluk Allah.
33. Salah satu contoh sikap Allah adalah selalu dalam kesibukan.
34. Al-Quran surah Ar-Rahman (surah ke-55) ayat 29.

يَسْأَلُهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِي شَأْنٍ

     Semua yang ada di langit dan di bumi selalu meminta kepada-Nya. Setiap waktu Allah dalam kesibukan.

Daftar Pustaka
1.    Shihab, M.Quraish. Lentera Hati. Kisah dan Hikmah Kehidupan. Penerbit Mizan, 1994.
2.    Shihab, M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Quran. Tafsir Maudhui atas Perbagai Persoalan Umat. Penerbit Mizan, 2009.
3.    Shihab, M.Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.
4.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5.    Tafsirq.com online.

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment