Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

1. Al-Quran surah An-Nisa
(surah ke-4) ayat 5.
وَلَا تُؤْتُوا السُّفَهَاءَ أَمْوَالَكُمُ الَّتِي جَعَلَ
اللَّهُ لَكُمْ قِيَامًا وَارْزُقُوهُمْ فِيهَا وَاكْسُوهُمْ وَقُولُوا لَهُمْ قَوْلًا
مَعْرُوفًا
Dan janganlah kamu
serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya, harta (mereka yang ada
dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Beri mereka
belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkan kepada mereka perkataan
yang baik.
2. Al-Quran surah An-Nisa
(surah ke-4) ayat 6.
وَابْتَلُوا الْيَتَامَىٰ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغُوا النِّكَاحَ
فَإِنْ آنَسْتُمْ مِنْهُمْ رُشْدًا فَادْفَعُوا إِلَيْهِمْ أَمْوَالَهُمْ ۖ وَلَا تَأْكُلُوهَا
إِسْرَافًا وَبِدَارًا أَنْ يَكْبَرُوا ۚ وَمَنْ كَانَ غَنِيًّا فَلْيَسْتَعْفِفْ ۖ
وَمَنْ كَانَ فَقِيرًا فَلْيَأْكُلْ بِالْمَعْرُوفِ ۚ فَإِذَا دَفَعْتُمْ إِلَيْهِمْ
أَمْوَالَهُمْ فَأَشْهِدُوا عَلَيْهِمْ ۚ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ حَسِيبًا
Dan ujilah anak yatim itu sampai mereka
cukup umur untuk menikah. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka telah cerdas
(pandai menjgaa harta), maka serahkan kepada mereka harta-hartanya. Dan jangan
kamu makan harta anak yatim lebih dari batas kepatutan dan (jangan kamu)
tergesa-gesa (membelanjakannya) sebelum mereka dewasa. Barangsiapa (di antara
pemelihara itu) mampu, maka hendaklah ia menahan diri (dari memakan harta anak
yatim itu) dan barangsiapa miskin, maka boleh ia makan harta itu menurut yang
patut. Kemudian jika kamu menyerahkan harta kepada mereka, maka hendaklah kamu
adakan saksi-saksi. Dan cukup Allah sebagai Pengawas.
3. Asbabun nuzul
(penyebab turunnya) surah An-Nisan (surah ke-4) ayat 5 dan 6.
1) Aisyah (istri Rasulllah)
berkata ayat ini menjelaskan jika orang yang mengelola harta anak yatim tersebut
miskin, maka dia boleh makan dengan cara yang baik sebagai ongkos jasa mengelolanya.
Daftar Pustaka
1. Hatta, DR. Ahmad.
Tafsir Quran Per Kata, Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah. Penerbit
Pustaka Maghfirah, Jakarta 2011.
2. Al-Quran Digital,
Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2.
3. Tafsirq.com online.
0 comments:
Post a Comment