Wednesday, October 30, 2019

3572. KAPAN TERJADINYA KIAMAT


KAPAN TERJADINYA KIAMAT?
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

1.    Al-Quran surah Al-A’raf (surah ke-7) ayat 187.

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

      Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang kiamat, "Kapan terjadinya?" Katakan, "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada Tuhanku, tidak ada yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakan (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui".

2.    Asbabun nuzul (penyebab turunnya) surah Al-A’raf (surah ke-7) ayat 187.
1)    Ibnu Abbas menjelaskan ayat ini turun berkenaan dengan Ibnu Abi Qusyair dan Samuel bin Zaid.
2)    Ibnu Abi Qusyair dan Samuel bin Zaid bertanya kepada Rasulullah,”Hai Rasulullah, beritahu kami kapan kiamat akan terjadi, jika kamu memang seorang nabi seperti pengakuanmu. Karena kami mengetahui kapan terjadinya hari kaiamat.”
3)    Kemudian turun ayat 187 ini untuk menjelaskan.


Daftar Pustaka
1.    Hatta, DR. Ahmad. Tafsir Quran Per Kata, Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah. Penerbit Pustaka Maghfirah, Jakarta 2011.
2.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2.
3.    Tafsirq.com online.









0 comments:

Post a Comment