Monday, August 10, 2020

5105. DALIL ZIARAH KUBUR


DALIL ZIARAH KUBUR
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, MM
A.   Ziarah kubur.
1.    Oleh Lembaga Takmir Masjid PBNU
2.    Umat lslam diperintah untuk ziarah kubur.
3.    Rasulallah s.a.w. dan para sahabat juga menjalankan ziarah kubur.
4.    Jadi tidak ada dasarnya untuk melarang ziarah kubur.
5.    Rasulallah pernah ziarah ke makam Baqi.
6.    Beliau mengucapkan kata-kata yang ditujukan kepada para ahli kubur di makam Baqi’ .

B.   Dalil-dalil tentang ziarah kubur .
1.     


            قَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ : نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ اْلقُبُوْرِ فَزُوْرُوْهَا


      Rasulallah s.a.w bersabda, ”Dahulu aku telah melarang kalian berziarah ke kubur. Namun sekarang, berziarahlah kalian ke sana”. (H.R. Muslim).

7.     
                           عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمْ : اِسْتَأْذَنْتُ رَبِّيْ أَنْ أَسْتَغْفِر لأُمِّيْ ، فَلَمْ يَأذَنْ لِيْ ، وَاسْتأذَنْتُهُ أنْ أَزُوْرَ قَبْرَهَا فَأذِنَ لِيْ


      Dari Abu Hurairah r.a. Berkata, Rasulallah s.a.w. bersabda, “Aku minta izin kepada Allah untuk mohon  ampunan bagi ibuku, tetapi Allah tidak mengizinkan. Kemudian aku minta izin kepada Allah untuk ziarah ke makam ibuku, lalu Allah mengizinkanku. (H.R. Muslim) .

8.     

                     وَفِى رِوَايَةٍ أُخْرَى : زَارَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  قَبْرَ اُمِّهِ, فَبَكَي وَاَبْكَى مَنْ حَوْلَهُ (اَخْرَجَهُ مُسْلِمْ وَاْلحَكِيْم


     Dalam riwayat yang lain dari Abu Hurairah bahwa Nabi s.a.w. ziarah ke makam ibunya kemudian menangis lalu menangislah orang-orang sekitarnya. (H.R. Muslim [hadits ke 2256], dan al-Hakim [hadits ke 1390]).

9.    Jadi, menangis di dekat kubur tidak berimplikasi pada kekafiran.
10. Juga tidak mendatangkan siksaan bagi mayit yang ditangisi.

C.   Pendapat ulama’ tentang ziarah kubur:
1.    Imam Ahmad bin Hanbal Ibnu Qudamah.
1)    Dalam kitabnya “al-Mughni” Imam Ahmad bin Hanbal ditanya tentang ziarah kubur, mana yang lebih utama ziarah kubur atau tidak.
2)    Imam Ahmad menjawab ziarah kubur lebih utama.

2.    Imam Nawawi.
1)    Imam Nawawi berpendapat ziarah kubur hukumnya sunah.
2)    Imam Nawawi menjelaskan ijma’ para pengikut Imam Syafi’i tentang sunahnya ziarah kubur.

3.    Doktor Said Ramadlan al-Buthi.
1)    Doktor Said Ramadhan Buthi membolehkan ziarah kubur.
2)    Al-Buthi berkata, “Belakangan ini banyak kalangan umat Islam mengingkari sampainya pahala kepada mayit, dan menyepelekan masalah ziarah ke kubur.”

(Disarikan dari  buku Amaliah NU dan Dalil-Dalilnya, Penerbit LTM (Lembaga Ta”mir Masjid)PBNU.

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment