DALIL ZIARAH KUBUR
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, MM

A. Ziarah
kubur.
1. Oleh
Lembaga Takmir Masjid PBNU
2. Umat lslam diperintah untuk ziarah kubur.
3. Rasulallah s.a.w. dan para sahabat juga
menjalankan ziarah kubur.
4. Jadi tidak ada dasarnya untuk melarang ziarah
kubur.
5. Rasulallah pernah ziarah ke makam Baqi.
6. Beliau mengucapkan kata-kata yang ditujukan
kepada para ahli kubur di makam Baqi’ .
B. Dalil-dalil tentang ziarah kubur .
1.
قَالَ رَسُوْلُ
الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ : نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ اْلقُبُوْرِ فَزُوْرُوْهَا
Rasulallah s.a.w bersabda,
”Dahulu aku telah melarang kalian berziarah ke kubur. Namun sekarang,
berziarahlah kalian ke sana”. (H.R. Muslim).
7.
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ
قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمْ : اِسْتَأْذَنْتُ رَبِّيْ
أَنْ أَسْتَغْفِر لأُمِّيْ ، فَلَمْ يَأذَنْ لِيْ ، وَاسْتأذَنْتُهُ أنْ أَزُوْرَ قَبْرَهَا
فَأذِنَ لِيْ
Dari Abu Hurairah r.a.
Berkata, Rasulallah s.a.w. bersabda, “Aku minta izin kepada Allah untuk mohon ampunan bagi ibuku, tetapi Allah tidak mengizinkan.
Kemudian aku minta izin kepada Allah untuk ziarah ke makam ibuku, lalu Allah
mengizinkanku. (H.R. Muslim) .
8.
وَفِى رِوَايَةٍ أُخْرَى
: زَارَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْرَ اُمِّهِ, فَبَكَي
وَاَبْكَى مَنْ حَوْلَهُ (اَخْرَجَهُ مُسْلِمْ وَاْلحَكِيْم
Dalam
riwayat yang lain dari Abu Hurairah bahwa Nabi s.a.w. ziarah ke makam ibunya
kemudian menangis lalu menangislah orang-orang sekitarnya. (H.R. Muslim [hadits
ke 2256], dan al-Hakim [hadits ke 1390]).
9. Jadi, menangis di dekat kubur tidak
berimplikasi pada kekafiran.
10. Juga tidak mendatangkan siksaan bagi mayit
yang ditangisi.
C. Pendapat ulama’ tentang ziarah kubur:
1. Imam Ahmad bin Hanbal Ibnu Qudamah.
1) Dalam kitabnya “al-Mughni” Imam Ahmad bin
Hanbal ditanya tentang ziarah kubur, mana yang lebih utama ziarah kubur atau
tidak.
2) Imam Ahmad menjawab ziarah kubur lebih utama.
2. Imam Nawawi.
1) Imam Nawawi berpendapat ziarah kubur hukumnya
sunah.
2) Imam Nawawi menjelaskan ijma’ para pengikut
Imam Syafi’i tentang sunahnya ziarah kubur.
3. Doktor Said Ramadlan al-Buthi.
1) Doktor Said Ramadhan Buthi membolehkan ziarah
kubur.
2) Al-Buthi berkata, “Belakangan ini banyak kalangan
umat Islam mengingkari sampainya pahala kepada mayit, dan menyepelekan masalah
ziarah ke kubur.”
(Disarikan dari buku Amaliah NU dan
Dalil-Dalilnya, Penerbit LTM (Lembaga Ta”mir Masjid)PBNU.
0 comments:
Post a Comment