Tuesday, October 24, 2017

405. UANG

UANG DALAM PANDANGAN AL-QURAN
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.


       Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang “Uang dalam pandangan  Al-Quran?” Profesor Quraish Shihab menjelaskannya.
     Kata “uang” (menurut KBBI V) bisa diartikan “alat tukar atau standar pengukur  nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa emas, perak, atau logam lain yng dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu”, “harta”, “kekayaan”, dan “sepertiga tali (=81/3 sen uang zaman Hindia Belanda)”.
      “Uang” antara lain diartikan sebagai “harta” kekayaan, dan “nilai tukar bagi sesuatu”, dan berbeda dengan dugaan sebagian orang yang beranggapan bahwa Islam kurang menyambut baik kehadiran  uang,  pada  hakikatnya pandangan  Islam terhadap uang dan harta amat positif.
     Manusia diperintahkan Allah untuk  mencari  rezeki  bukan  hanya  yang mencukupi  kebutuhannya, tetapi Al-Quran memerintahkan untuk mencari sesuatu yang  diistilahkannya  “fadhl”  Allah, yang  arti harfiahnya adalah “kelebihan yang bersumber dari Allah”.
      Al-Quran surah Al-Jumu'ah, surah ke-62 ayat 10.

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
     
      “Apabila telah ditunaikan salat (Jumat), maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah “fadhl” (karunia/kelebihan/rezeki) Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung”.
       Kelebihan karunia tersebut dimaksudkan agar yang memperoleh rezeki dapat  melakukan ibadah secara sempurna dan dapat membantu kepada pihak lain yang kekurangan.
      Al-Quran surah An-Nisa, surah ke-4 ayat 5  menyatakan “harta”  atau  “uang”  dinilai  oleh Allah sebagai “qiyaman” yaitu “sarana pokok kehidupan”.

وَلَا تُؤْتُوا السُّفَهَاءَ أَمْوَالَكُمُ الَّتِي جَعَلَ اللَّهُ لَكُمْ قِيَامًا وَارْزُقُوهُمْ فِيهَا وَاكْسُوهُمْ وَقُولُوا لَهُمْ قَوْلًا مَعْرُوفًا
   
    “Dan janganlah kamu serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya, harta (mereka yang ada dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik”.
      Oleh karena itu, ajaran Islam memerintahkan untuk menggunakan uang pada tempatnya secara baik, dan tidak memboroskannya, serta memerintahkan untuk  menjaganya, bahkan Al-Quran melarang pemberian harta kepada pemiliknya sendiri, apabila sang pemilik dinilai boros dan tidak pandai mengurus hartanya secara baik.
       Al-Quran memerintahkan siapa pun yang melakukan transaksi utang piutang,  agar mencatat jumlahnya, jangan sampai tercecer, hilang, atau berkurang.
      Al-Quran surah Al-Baqarah, surah ke-2 ayat 282 menyatakan agar menuliskan transaksi keuangan, dan ini adalah ayat terpanjang dalam Al-Quran.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى فَاكْتُبُوهُ ۚ وَلْيَكْتُبْ بَيْنَكُمْ كَاتِبٌ بِالْعَدْلِ ۚ وَلَا يَأْبَ كَاتِبٌ أَنْ يَكْتُبَ كَمَا عَلَّمَهُ اللَّهُ ۚ فَلْيَكْتُبْ وَلْيُمْلِلِ الَّذِي عَلَيْهِ الْحَقُّ وَلْيَتَّقِ اللَّهَ رَبَّهُ وَلَا يَبْخَسْ مِنْهُ شَيْئًا ۚ فَإِنْ كَانَ الَّذِي عَلَيْهِ الْحَقُّ سَفِيهًا أَوْ ضَعِيفًا أَوْ لَا يَسْتَطِيعُ أَنْ يُمِلَّ هُوَ فَلْيُمْلِلْ وَلِيُّهُ بِالْعَدْلِ ۚ وَاسْتَشْهِدُوا شَهِيدَيْنِ مِنْ رِجَالِكُمْ ۖ فَإِنْ لَمْ يَكُونَا رَجُلَيْنِ فَرَجُلٌ وَامْرَأَتَانِ مِمَّنْ تَرْضَوْنَ مِنَ الشُّهَدَاءِ أَنْ تَضِلَّ إِحْدَاهُمَا فَتُذَكِّرَ إِحْدَاهُمَا الْأُخْرَىٰ ۚ وَلَا يَأْبَ الشُّهَدَاءُ إِذَا مَا دُعُوا ۚ وَلَا تَسْأَمُوا أَنْ تَكْتُبُوهُ صَغِيرًا أَوْ كَبِيرًا إِلَىٰ أَجَلِهِ ۚ ذَٰلِكُمْ أَقْسَطُ عِنْدَ اللَّهِ وَأَقْوَمُ لِلشَّهَادَةِ وَأَدْنَىٰ أَلَّا تَرْتَابُوا ۖ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً حَاضِرَةً تُدِيرُونَهَا بَيْنَكُمْ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَلَّا تَكْتُبُوهَا ۗ وَأَشْهِدُوا إِذَا تَبَايَعْتُمْ ۚ وَلَا يُضَارَّ كَاتِبٌ وَلَا شَهِيدٌ ۚ وَإِنْ تَفْعَلُوا فَإِنَّهُ فُسُوقٌ بِكُمْ ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ وَيُعَلِّمُكُمُ اللَّهُ ۗ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
    
    “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermuamalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkannya, maka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berutang itu mengimlakan (apa yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya, dan janganlah ia mengurangi sedikit pun daripada utangnya. Jika yang berutang itu orang yang lemah akalnya atau lemah (keadaannya) atau dia sendiri tidak mampu mengimlakan, maka hendaklah walinya mengimlakan dengan jujur. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki di antaramu). Jika tak ada dua orang lelaki, maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridai, supaya jika seorang lupa maka seorang lagi mengingatkannya. Janganlah saksi-saksi itu enggan (memberi keterangan) apabila mereka dipanggil; dan janganlah kamu jemu menulis utang itu, baik kecil maupun besar sampai batas waktu membayarnya. Yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah dan lebih dapat menguatkan persaksian dan lebih dekat kepada tidak (menimbulkan) keraguanmu, (Tulislah muamalahmu itu), kecuali jika muamalah itu perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, maka tak ada dosa bagi kamu, (jika) kamu tidak menulisnya. Dan persaksikanlah apabila kamu berjual beli; dan janganlah penulis dan saksi saling sulit-menyulitkan. Jika kamu lakukan (yang demikian), maka sesungguhnya hal itu adalah suatu kefasikan pada dirimu. Dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”.
     Apabila diperlukan meminta bantuan kepada notaris untuk mencatatnya, serta Allah berpesan kepada  notaris dan orang yang  melakukan  transaksi agar tidak saling merugikan. 
      Al-Quran memandang uang dan harta bertitik  tolak  dari  pandangannya terhadap   naluri  dan fitrah manusia, karena Al-Quran memperkenalkan agama Islam sebagai agama yang fitrah, artinya ajaran Islam sejalan dengan jati diri manusia, termasuk dalam bidang harta dan keuangan.
      Al-Quran surah Ali 'Imran, surah ke-3 ayat 14 menyatakan naluri manusia adalah cinta kepada lawan seksnya, anak-anak, dan harta kekayaan yang banyak.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ   

  “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)”.
      Al-Quran surah Al-Baqarah, surah ke-2 ayat 180.

كُتِبَ عَلَيْكُمْ إِذَا حَضَرَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ إِنْ تَرَكَ خَيْرًا الْوَصِيَّةُ لِلْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ بِالْمَعْرُوفِ ۖ حَقًّا عَلَى الْمُتَّقِينَ

      “Diwajibkan atas kamu, apabila seorang di antaramu kedatangan (tanda-tanda) maut, jika dia meninggalkan harta yang banyak, berwasiat untuk ibu-bapak dan karib kerabatnya secara makruf, (ini adalah) kewajiban atas orang-orang yang bertakwa”.
      Al-Quran menyebutkan “Harta yang banyak” sebagai “khair”, yang arti harfiahnya adalah “kebaikan”, berarti harta kekayaan adalah sesuatu yang dinilai baik, maka cara memperoleh dan penggunakannya harus baik, apabila manusia mengabaikannya maka hidupnya akan sengsara.
     Daya tarik uang dan harta kekayaan sering kali menyilaukan mata dan  menggiurkan hati, maka berulang-ulang Al-Quran dan hadis Nabi memperingatkan agar manusia tidak  tergiur  oleh  kegemerlapan uang dan diperbudak oleh harta kekayaan, sehingga menjadi lupa akan fungsinya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi.
Daftar Pustaka
1. Shihab, M.Quraish. Lentera Hati. Kisah dan Hikmah Kehidupan. Penerbit Mizan, 1994.   
2. Shihab, M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Quran. Tafsir Maudhui atas Perbagai Persoalan Umat. Penerbit Mizan, 2009.
3. Shihab, M.Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online.

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment