SALAT JUMAT 4 MAZHAB
Oleh: Drs. H.M. Yusron Hadi, M.M.

Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan
tentang tata cara salat Jumat menurut empat mazhab?” DR. Jawad Mughniyah menjelaskannya
1. Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran
dan sunah (hadis Nabi).
2. Ajaran Islam memiliki beberapa cabang
ilmu, salah satunya “ilmu fikih” (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
3. Dunia Islam mengenal 4 mazhab terbesar,
yaitu:
1) Mazhab Hanafi.
2) Mazhab Maliki.
3) Mazhab Syafii.
4) Mazahab Hambali.
4. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai
hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam.
5. Masing-masing mazhab mempunyai karakter/keistimewaan
tersendiri.
1) Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin
Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu
fikih di Irak.
2) Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik
bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin
Anas berasal dari Madinah.
3) Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin
Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris
berasal dari Gaza, Palestina.
4) Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin
Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal
berasal dari Baghdad, Irak.
6. Dasar hukum salat Jumat.
1) Semua mazhab sepakat dasar hukum salat
Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah (surah ke-62) ayat 9.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ
لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا
الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Hai orang-orang yang beriman, apabila
diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat
Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.
7. Lokasi/tempat salat Jumat.
A. Menurut Imam Hanafi, Syafii, dan Hambali,
lokasi/tempat melakukan salat Jumat:
1) Boleh dikerjakan di dalam masjid.
2) Boleh dilaksanakan di tempat lain, selain
masjid.
B. Menurut Imam Malik, salat Jumat:
1) Harus dilaksanakan di dalam masjid.
2) Dilarang dilakukan di tempat selain
masjid.
8. Jumlah minimal jemaah salat Jumat.
1) Menurut Imam Hanafi, jumlah jamaah salat
Jumat minimal 5 orang, termasuk imam.
2) Menurut Imam Maliki, jumlah jamaah salat
Jumat minimal 13 orang, termasuk imam.
3) Menurut Imam Hambali dan Syafii, jumlah
jamaah salat Jumat minimal 41 orang, termasuk imam.
9. Posisi khatib ketika sedang berkhutbah.
A. Menurut Imam Maliki dan Syafii, ketika
khatib sedang berkhutbah Jumat:
1) Khatib wajib berdiri.
B. Menurut Imam Hanafi dan Hambali, ketika
khatib sedang berkhutbah Jumat:
1) Khatib tidak wajib berdiri.
10. Materi minimal yang disampaikan seorang
khatib ketika berkhutbah Jumat.
A. Menurut Imam Hanafi, seorang khatib
ketika berkhutbah salat Jumat minimal:
1) Membaca hamdalah.
2) Membaca istigfar.
B. Menurut Imam Maliki, seorang khatib
ketika berkhutbah salat Jumat minimal:
1) Mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
C. Menurut Imam Syafii, seorang khatib
ketika berkhutbah salat Jumat:
1) Pada khutbah pertama minimal:
a. Mengucapkan hamdalah.
b. Selawat Nabi.
c. Pesan takwa
d. Membaca ayat Al-Quran.
2) Pada khutbah kedua minimal:
a. Mengucap hamdalah.
b. Selawat Nabi.
c. Pesan takwa.
d. Berdoa untuk semua umat Islam.
D. Menurut Imam Hambali seorang khatib
ketika berkhutbah salat Jumat minimal:
1) Mengucap hamdalah.
2) Selawat Nabi.
3) Pesan takwa.
4) Membaca ayat Al-Quran.
11. Posisi khatib ketika duduk di antara dua
khutbah Jumat.
A. Menurut Imam Maliki, dan Hanafi, khatib salat
Jumat:
1) Khatib tidak wajib duduk di antara dua
khutbah.
B. Menurut Imam Syafii, khatib salat Jumat:
1) Khatib wajib duduk sebentar di antara dua
khutbah.
C. Imam Hambali menyatakan khatib salat
JUmat:
1) Khatib boleh duduk atau tidak duduk di
antara dua khutbah.
12. Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhutbah
Jumat.
A. Menurut Imam Maliki, ketika khatib berkhutbah
Jumat:
1) Khatib wajib menggunakan bahasa Arab.
B. Menurut Imam Hanafi, Syafii, dan Hambali,
khatib khutbah Jumat:
1) tidak wajib menggunakan bahasa Arab
ketika berkhutbah.
13. Bacaan surah Al-Quran setelah membaca
surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
A. Menurut Imam Maliki:
1) Rakaat pertama, imam salat Jumat harus
membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Rakaat kedua, imam harus membaca surah Al-Ghosiyah (surah ke-88).
B. Menurut Imam Syafii:
1) Rakaat pertama, imam salat Jumat harus
membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Rakaat kedua, imam harus membaca surah
Al-Munafikun (surah ke-63).
C. Menurut Imam Hanafi:
1) Hukumnya makruh, jika imam salat Jumat, ditentukan
bacaan surahnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
14. Hukum Islam.
1) Wajib. Yaitu perbuatan yang harus
dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan.
2) Sunah. Yaitu perbuatan yang dianjurkan, apabila
dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
3) Mubah. Yaitu berupa pilihan bebas, artinya
boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan.
4) Makruh. Yaitu perbuatan yang dianjurkan
untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan.
5) Haram. Yaitu perbuatan yang terlarang
untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5
mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital
Qur’an Ver 3.2
3. Tafsirq.com online.
0 comments:
Post a Comment