Wednesday, April 12, 2017

51. PHLEGMATIS

KEPRIBADIAN PHLEGMATIS YANG CINTA DAMAI
Oleh : Drs. H. Yusron Hadi, M.M.
Kepala SMP Negeri 1 Balongbendo, Sidoarjo

      Watak merupakan sifat batin manusia. Yang memengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku. Sering disebut budi pekerti atau tabiat. Kepribadian ialah sifat hakiki  yang tercermin pada sikap seseorang.
            Florence Littauer, penulis buku “Personality Plus”. Mengutip Hippocrates, hidup empat ratus tahun sebelum Masehi. Membagi empat macam kepribadian. Watak dasar manusia. Sanguinis, si “populer”. Spontan, periang, dan lincah.  Melankolis, si “sempurna”. Tekun, setia, dan penuh pikiran. Koleris, si “kuat”. Suka petualang, percaya diri, dan persuasif. Bersifat membujuk secara halus. Agar menjadi yakin. Phlegmatis, si “cinta damai”. Ramah, sabar, dan puas.
           Manusia lahir ke dunia. Memiliki kekuatan dan kelemahan. Bersifat unik. Mempunyai ciri khas. Membawa kepribadian, dan watak sendiri. Memahami empat watak dasar. Juga, gabungannya. Berarti memahami diri sendiri. Berusaha menonjolkan segi positif. Menyingkirkan sisi negatif. Juga, berusaha memahami orang lain. Menyadari ketika berbeda. Tidak berarti mereka itu salah.
      Teori kepribadian Galen. Tipe koleris. Cairan choel dominan dalam tubuh. Cairan chole merupakan empedu kuning bersifat kering. Kepribadian koleris. Hidup penuh semangat. Keras, Mudah terbakar. Daya juang besar. Optimis. Garang. Galak. Bengis. Kuat. Mudah marah. Sumbu “pendek”. Cepat “panas”. Pengatur.  Penguasa. Pendendam. Serius.
      Tipe melankolis. Badan didominasi cairan melanchole. Cairan melanchole  yaitu  empedu hitam bersifat basah. Kepribadian melankolis. Mudah kecewa. Daya juang kecil. Muram. Pesimis. Penakut. Kaku.
      Tipe sanguinis. Tubuh dipenuhi cairan sanguine. Cairan sanguis adalah darah bersifat panas. Kepribadian sanguinis. Gampang berubah. Hidup mudah berganti haluan. Ramah. Mudah bergaul. Lincah. Periang. Murah senyum. Tidak mudah putus asa.
      Tipe phlegmatis. Cairan phlegma dominan dalam tubuh. Cairan phlegma berupa lendir bersifat dingin. Kepribadian phlegmatis. Tidak terburu-buru. Tenang. Tidak mudah dipengaruhi. Setia. Dingin. Santai. Sabar.
KEPRIBADIAN PHLEGMATIS
     Watak dasar phlegmatis.  Yaitu introver, pengamat, dan pesimis. Introver bersifat suka memendam rasa dan pikiran sendiri. Tidak mengutarakan kepada orang lain. Bersifat tertutup. Pengamat, senang meneliti orang lain. Suka mengawasi pihak lain. Pesimis, mudah putus asa. Tipis harapan. Bersikap khawatir. Tidak mempunyai harapan baik.
KEKUATAN PHLEGMATIS
      Berkepribadian rendah hati. Tidak sombong. Tidak angkuh. Tidak mengharapkan penghargaan. Mudah bergaul. Santai. Pendiam. Tenang. Terkendali, meskipun berada di pusat badai.
      Sabar. Teratur. Seimbang. Hidupnya stabil. Mantap. Kukuh. Tidah mudah goyah. Konsisten. Tidak berubah-ubah. Ajeg. Taat asas. Tidak mudah terpengaruh keadaan. Cerdas. Tajam pikiran. Selalu ingin berkembang. Sederhana. Simpatik. Menarik hati. Mampu menyembunyikan emosi.
      Profil rendah. Bicara lunak. Tidak cepat marah. Tidak terlampau keras mempertahankan pendiriannya. Bijaksana. Arif. Cermat dalam menghadapi kesulitan. Teliti dalam memecahkan masalah. Bahagia menerima kehidupan. Tidak berpikir terlalu jauh ke depan. Serba guna. Mampu menyesuaikan diri.
KELEMAHAN PHLEGMATIS
      Tampak pasif. Kurang bersemangat. Kurang antusias. Tidak cukup bergairah. Tidak seberapa progresif. Jarang berpikir ke arah kemajuan. Sulit berubah. Menerima status quo.  Menerima keadaan sekarang. Menerima kemapanan.
      Keras hati. Sulit kompromi. Merasa paling benar. Kurang disiplin. Suka menghindari tanggung jawab.  Menimbulkan kesan pemalas. Lebih senang menyaksikan daripada bekerja. Kurang berorientasi tujuan. Cuek. Acuh tak acuh. Tidak menaruh perhatian. Tidak mau tahu.
      Senang menunda pekerjaan. Mengharapkan orang lain yang mengerjakan. Memerlukan motivasi. Sulit mengambil keputusan. Perlu dipaksa  mengambil keputusan. Sulit berkata tidak. Sukar menerapkan disiplin.
ANAK PHLEGMATIS
      Juru damai. Pandai menjadi penengah. Pintar merukunkan teman. Berpikiran dewasa. Bijaksana dibandingkan dengan teman sebayanya.
      Memiliki emosi stabil. Tidak meluap-luap seperti anak sanguinis. Tidak sering murung semacam anak melankolis. Tidak memaksakan kehendak sebagaimana anak koleris.
      Mudah bergaul. Gampang menyesuaikan diri. Serasi dalam situasi apa pun. Cocok di mana saja. Berbicara dengan cerdik. Berdiam diri, pada saat yang tepat. 
REMAJA PHLEGMATIS
      Memiliki sifat terpuji sejak kecil. Menjadi remaja bijak. Rujukan teman. Memberikan Solusi konflik antarteman. Menyelesaikan suatu persoalan. Bukan pembuat masalah.
      Emosinya stabil. Tenang. Tidak cepat marah. Tidak mudah stres. Tak gampang terkena gangguan mental dan emosional. Berpikiran logis. Loyal. Sabar. Bisa diandalkan. Tidak pernah impulsif. Tak bersifat cepat bertindak secara tiba-tiba menurut gerak hati.
PHLEGMATIS DEWASA
      Rendah hati. Tak menonjolkan kedudukan. Tidak syok kaya. Tidak berlagak kuasa. Tak mengharapkan penghargaan. Tidak menginginkan pujian. Tak membanggakan kelebihan. Tak ingin terkenal seperti orang sanguinis. Ingin mendamaikan semua pihak. Sebagai pemimpin kerap kali melepaskan jabatan. Tidak “kemaruk” jabatan. Dicintai temannya. Juru damai.
PASANGAN HIDUP PHLEGMATIS
      Sungguh beruntung. Memiliki pasangan hidup Phlegmatis Damai. Mampu mengimbangi semua karakter. Diam menghadapi si sanguinis. Penghibur si melankolis.
KEKUATAN SEBAGAI ORANG TUA
      Orang tua yang baik. Menyediakan waktu bagi anaknya. Bijaksana. Pandai dan hati-hati. Anak merasa bangga. Tidak tergesa-gesa. Tak terburu-buru. Pintar memilih yang baik dari yang buruk. Tidak gampang marah. Tidak mudah menyalahkan. Sulit berang. Sukar gusar. Tidak “bersumbu pendek”. Tidak cepat “panas”. Tulus menerima perbedaan. Adil. Tidak pilih kasih.
KEKUATAN DALAM PEKERJAAN
      Cakap. Mantap. Jujur. Adil. Luwes. Tidak kaku. Tidak canggung. Suka damai. Mudah sepakat. Memiliki  kemampuan administrasi. Selalu ingin berkembang. Menjadi penengah masalah.
        Menghindari konflik. Tidak pernah memaksakan kehendak. Dalam situasi tertekan, tetap stabil. Berpikiran logis. Mampu menemukan cara termudah. Santai. Bertahap. Tidak menganggap kehidupan terlalu serius. Tidak “sepaneng”. Tidak pernah menimbulkan kesulitan. Tak mudah stres. Tak gampang emosional.
KEKUATAN DALAM PERGAULAN
      Mudah bergaul. Banyak teman. Tidak punya musuh. Menyenangkan kelompok.  Bahagia sendirian. Tidak suka menyinggung perasaan orang lain. Tidak merasa unggul. Pendengar yang baik. Memiliki selera humor yang menawan. Suka mengawasi orang. Loyal. Patuh. Setia. Mudah  kasihan. Perhatian.
PEKERJAAN YANG COCOK
       Psikolog. Psikiater. Terapis. Guru. Pendamai. Penasihat. Agamawan. Pekerjaan lain yang memerlukan kebijaksanaaan.
KEUNGGULAN PHLEGMATIS DAMAI
      Menjaga perdamaiaan. Merawat persatuan. Badai yang perlu diredakan. Rutinitas yang membosankan.
TANDA PHLEGMATIS
       Berbicara pelan. Lebih suka mendengarkan. Pendengar yg baik. Penurut. Sulit menolak pemintaan orang lain. Tampak berpikir lama. Padahal, tidak berpikir. Mengikuti keputusan yang ada. Menghindari konflik. “Easy going”. Enak diajak ngobrol. Santai. Penengah konflik. Juru damai. Tak mau terlibat konflik. Gampang berdamai.
      Menghindari konflik. Mencegah konfrontasi. Mengelak inisiatif. Menghindari keputusan. Menghindari kerja ekstra. Tidak suka kerja lembur. Menolak tanggung jawab. Tak mau mempersulit diri. Kikir. Egois. Tidak tegas. Cari aman sendiri. Cepat kuatir. Penakut. Cuek. Tak peduli. Objektif. Diplomatis. Kalem. Efisien. Teratur. Tak mau berdebat. Sulit mengambil keputusan.
      Kesimpulan sederhana. Koleris bertindak dengan "cara saya". Melankolis melakukan dengan "cara benar". Sanguinis berbuat dengan "cara  menyenangkan". Phlegmatis bekerja dengan "cara mudah".
      Manusia saling melengkapi. Tidak ada yang sempurna. Berkepribadian campuran. Apabila semua manusia sanguinis yang populer.  Banyak kesenangan, tetapi sedikit yang dapat dicapai. Tidak banyak yang diraih. Jika semua melankolis yang sempurna. Semua serba teratur,  tetapi tidak begitu gembira. Kurang bahagia. Ketika semua koleris yang kuat. Semua akan memimpin,  tetapi cepat marah. Mudah putus asa. Tidak sabar. Karena tidak ada  yang mengikuti. Apabila  semua phlegmatis yang damai. Dunia akan damai,  tetapi tidak banyak antusias untuk hidup. Kurang bergairah. Tidak bersemangat.
DAFTAR RUJUKAN
      Littauer, Florence, 2008. Personality Plus. Alih Bahasa Anton Adiwiyono. Penerbit

0 comments:

Post a Comment