Friday, April 7, 2017

47. HAJI TAMATUK

HAJI TAMATUK
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.
Kepala SMP Negeri 1 Balongebndo, Sidoarjo.

      Musim haji tahun 2017. Kuota jemaah haji Indonesia 221.000 orang. Setiap tahun, Menteri Agama Republik Indonesia menganjurkan para jemaah melaksanakan haji tamatuk. Ibadah haji yang dilaksanakan setelah ibadah umrah. Wajib membayar dam nusuk. Denda karena melanggar satu ketentuan yang berkenaan dengan ibadah haji atau umrah. Menyembelih seekor kambing. Seukuran hewan kurban.
      Tidak disarankan melaksanakan haji ifrad. Ibadah haji yang dikerjakan sebelum ibadah umrah. Juga, tidak dianjurkan mengerjakan haji kiran. Ibadah haji yang pelaksanaannya bersamaan dengan ibadah umrah.
PROSESI IBADAH UMRAH
      Bersuci, mandi dan berwudu. Berniat umrah. Berpakaian ihram di mikat makani. Batas lokasi mulai ihram. Batas mulai melaksanakan ibadah haji atau umrah.
      Lima lokasi batas mikat makani. Zulhulaifah atau Bir Ali, untuk Jemaah berasal dari arah Madinah. Juhfah, dari arah Syam atau Siria. Qarnul Manazil, dari arah Najad. Yalamlam, dari arah Yaman. Zatu Irqin, dari arah Irak. 
      Seragam ihram dikenakan selama berihram. Boleh dilepas ketika di tempat tertutup. Misalnya, kamar mandi. Pakaian ihram pria berupa  dua helai kain tidak berjahit. Satu helai dipakai sarung. Satu helai untuk selendang. Disunahkan berwarna putih. Berarti dianjurkan mengerjakannya. Tapi tidak diwajibkan.
      Seragam jemaah lelaki. Bukan pakaian biasa. Seperti baju, kaos, celana dalam, atau bercelana. Sepatu atau sandal yang menutup tumit. Juga, dilarang mengenakan tutup kepala yang melekat di kepala. Boleh memakai sabuk, jam tangan, cincin, atau payung.
          Seragam Jemaah wanita. Berupa pakaian biasa. Menutup seluruh tubuh. Kecuali wajah dan dua tangan. Mulai pergelangan tangan sampai ujung jari. Dilarang memakai kaos tangan atau bercadar.
      Jemaah haji Indonesia. Gelombang pertama, pesawat udara mendarat di bandara Madinah. Berpakaian ihram di Bir Ali atau Zulhulaifah. Sejauh 486 km dari Mekah. Gelombang kedua, pesawat terbang mendarat di bandara King Abdul Aziz. Berjarak 107 km dari Mekah. Berihram di bandara. Diizinkan berihram sejak di Indonesia. Juga, boleh berihram di dalam pesawat ketika melintasi langit di atas mikat makani.
      Salat sunah ihram dua rakaat. Berniat umrah. Membaca talbiyah, selawat, dan berdoa. Lafal talbiyah. “Labbaika Allahumma labbaika. Labbaika la syarikalaka labbaika. Innalhamda. Wannikmata laka walmulku. Lasyarika laka.” Selawat ialah berdoa kepada Allah untuk Nabi Muhammad saw. beserta keluarga dan sahabatnya.
      Masuk kota Mekah. Masuk Masjidilharam melalui pintu mana saja.  Memandang kakbah. Semuanya sambil berdoa. Melintasi makam Ibrahim. Ketika akan melakukan tawaf.  Berjalan kaki mengelilingi kakbah. Sebanyak tujuh kali. Berlawanan arah dengan jarum jam. Kakbah selalu berada di sebelah kiri.
      Melaksanakan tawaf. Mencium hajar aswad. Apabila tidak bisa, cukup mengangkat tangan kanan ke arah hajar aswad dan menciumnya.
        Putaran pertama. Mengangkat tangan kanan ke arah hajar aswad. Menghadap sepenuh badan. Apabila tidak bisa, cukup menghadapkan sedikit badan ke arah hajar aswad.
       Putaran selanjutnya. Cukup menoleh ke arah hajar aswad. Mengangkat tangan kanan, lalu mengecupnya.  Setiap tiba di rukun yamani. Di pojok barat daya kakbah. Mengusap dengan tangan kanan. Apabila tidak bisa, cukup mengangkat tangan kanan. Tanpa mengecupnya.
     Jemaah yang sakit. Mengerjakan tawaf memakai kursi roda. Dibantu keluarganya. Melewati jalur khusus. Di lantai dua maupun tiga.
     Berdoa di multazam. Daerah antara hajar aswad dan pintu kakbah.  Salat sunat tawaf dua rakaat. Di belakang makam Ibrahim. Pahatan bekas telapak kaki Nabi Ibrahim ketika membangun kakbah. Berjarak 11 meter di sebelah  barat daya kakbah. Apabila tidak bisa, boleh di mana saja. Asalkan masih di dalam Masjidilharam.
      Melakukan salat sunat mutlak. Di antara kakbah dan hijir Ismail. Bangunan tembok berbentuk bulan sabit. Di sisi utara kakbah.
      Minum air zam-zam. Di lokasi yang sudah disiapkan. Berupa galon berkeran. Menggunakan gelas plastik sekali pakai.
     Melaksanakan sai. Yaitu berjalan dan berlari-lari kecil. Berangkat dan pulang sebanyak tujuh kali. Dari Safa ke Marwa, dan sebaliknya. Setiap arah dihitung sekali. Ketika sai, Jemaah tidak wajib dalam kondisi suci. Hadas besar maupun kecil. Tetapi,  disunahkan suci. Jemaah yang uzur. Karena  sakit, tua, atau lemah badan. Menggunakan kursi roda. Dibantu keluarganya.
       Melaksanakan sai.  Mendaki bukit Safa. Berdiri di bukit Safa. Berdoa menghadap kiblat. Berangkat dan pulang melalui jalan berbeda. Agar tidak saling bertubrukan.
      Melintasi dua pilar hijau. Lampu warna hijau. Jemaah pria disunahkan berlari-lari kecil. Jemaah wanita berjalan biasa. Mendaki bukit Safa dan Marwa. Selalu berdoa.
      Memangkas rambut. Jemaah pria, disunahkan mencukur habis. Memendekkan rambut kepala. Minimal memotong sebelah kanan, tengah, dan kiri. Rambut Jemaah wanita. Dihimpun menjadi satu. Dipangkas ujungnya. Minimal tiga helai rambut. Sepanjang jari tangan.
       Menggunting rambutnya sendiri. Boleh minta bantuan orang lain. Pria dan wanita boleh memangkas bergantian. Asalkan muhrimnya. Yang menggunting rambut jemaah lain. Harus sudah dipotong rambutnya. Oleh orang yang tidak berihram. Sudah halal dari larangan berihram.
      Melaksanakan dam. Menyembelih seekor kambing. Seukuran hewan kurban. Apabila tidak mampu, diganti berpuasa selama 10 hari. Selama 3 hari di Mekah. Sebelum wukuf di Arafah. Berpuasa 7 hari di tanah air.
      Berpuasa 3 hari tidak dapat dilakukan di Mekah.  Diganti berpuasa 10 hari di tanah air. Yaitu berpuasa 3 hari. Berhenti berpuasa minimal 4 hari. Berpuasa lagi 7 hari.
      Membayarkan dam. Membayar sendiri. Boleh lewat pihak yang dipercaya. Diizinkan membayar di Bank Al-Rajhi.  Mendapatkan bukti selembar sertifikat.  Bertahalul. Bercukur atau memanngkas beberapa helai rambut. Tanda bebas dari larangan umrah. Prosesi ibadah umrah selesai.
PROSESI IBADAH HAJI
      Bersuci, mandi, dan berwudu. Berpakaian ihram di pemondokan Mekah. Salat sunat ihram dua rakaat.  Berniat ibadah haji.
 TANGGAL 8 ZULHIJAH
      Hari tarwiyah. Hari Perbekalan. Jemaah seluruh dunia. Pagi hari, lebih dari tiga juta orang. Berjalan kaki serempak. Semuanya berpakaian ihram. Dari Mekah ke Mina. Berjarak 7 km. Seluruhnya berwarna putih. Melewati jalan pedestrian. Jalan khusus pejalan kaki. Menuju satu tujuan. Bermalam atau mabit di Mina. Sebelum menuju padang Arafah, esok harinya. Pemandangan yang mengagumkan.
      Jemaah haji Indonesia yang ingin ke Mina, pada hari tarwiyah agar memberi tahu petugas haji.
      Jemaah haji Indonesia. Berpakaian ihram. Jemaah naik bis. Langsung menuju Padang Arafah. Tanpa melewati Mina. Jarak Mekah ke Arafah 25 km. Sejak berangkat dan selama di perjalanan. Selalu  berdoa, membaca talbiyah, dan selawat.  
      Bis memasuki wilayah Padang Arafah. Jemaah turun dari bis. Memasuki tenda masing-masing. Menunggu waktu wukuf. Memperbanyak doa, berzikir, dan membaca Alquran.
TANGGAL 9 ZULHIJAH
      Hari Arafah. Puncak ibadah haji. Semua Jemaah haji. Berasal dari segala penjuru dunia. Lebih dari tiga juta orang. Bermukim di satu lokasi. Wukuf di Arafah. Bernaung di dalam ribuan tenda. Seluruhnya berwarna putih. Pemandangan yang amat elok.
      Wukuf ialah berdiam diri atau hadir di Arafah. Waktunya, sejak matahari bergeser dari tengah hari (Zuhur) 9 Zulhijah. Berakhir saat terbit fajar (pagi) 10 Zulhijah. Jemaah yang sakit. Diangkut mobil. Dibawa ke Arafah. Bermukim sebentar.  Kemudian balik ke rumah sakit.
      Selama wukuf tidak disyaratkan suci. Hadas besar maupun kecil. Hadas ialah keadaan tidak suci. Menyebabkan seorang muslim tidak boleh salat, tawaf, dan ibadah lainnya.  Hadas besar disebabkan bersetubuh, haid, dan semacamnya. Hadas kecil dikarenakan buang air, kentut, dan sebagainya. Menyebabkan batal wudu. 
      Masuk waktu Zuhur. Petugas mengumandangkan azan dan ikamah. Seruan salat berjamaah. Jemaah mendengarkan khotbah wukuf. Salat berjamaah Zuhur dan Asar. Jamak takdim qasar.
      Jamak takdim penggabungan dua salat wajib dalam satu waktu. Memajukan salat yang belum masuk waktu. Ke dalam  salat yang telah masuk waktunya. Qasar,  pemendekan jumlah rakaat salat wajib. Empat rakaat menjadi dua rakaat. Keringanan atau rukhsah musafir.
      Salat berjamaah Zuhur dan Asar selesai. Jemaah haji saling bersalaman. Berangkulan. Resmi menyandang titel “Haji”. Yang laki-laki dipanggil “Abah”. Yang wanita dipanggil “Umi”. Resmi mendapatkan gelar “Pak Haji” dan “Bu Haji”. Alhamdulllah. 
      Masuk waktu Magrib. Salat berjamaah Magrib dan Isya. Jamak takdim qasar. Jemaah haji meninggalkan Arafah. Naik bis menuju Muzdalifah.  Akhir waktunya, sebelum terbit fajar 10 Dzulhijah. Jarak Arafah ke Muzdalifah 9 km.
      Tanggal 9 Zulhijah malam. Bis tiba di Muzdalifah. Mabit atau bermalam di Muzdalifah. Jemaah boleh tetap di dalam bis. Mencari kerikil minimal tujuh buah untuk melontar jamrah.

TANGGAL 10 ZULHIJAH
      Hari raya Iduladha. Hari raya Haji. Hari penyembelihan hewan kurban. Jemaah pindah dari Muzdalifah menuju Mina. Jarak Muzdalifah ke Mina 5 km. Melontar jamrah aqabah. Jamrah yang ketiga. Sebanyak tujuh kerikil. Dilemparkan satu persatu. Langsung ke tugu nomor tiga. Melewati tugu nomor satu, jamrah ula. Juga, melalui tugu nomor dua, jamrah wusta.
      Jemaah mematuhi jadwal waktu melontar jamrah. Yang dibuat Pemerintah Indonesia dan Saudi Arabia. Agar lancar dan selamat. 
      Karena suatu hal. Jemaah, dari Muzdalifah tidak dapat pergi ke Mina. Tapi langsung ke Mekah. Melakukan tawaf ifadah dan sai dahulu. Terus pergi ke Mina. Melontar jamrah aqabah. Jarak Mina ke Mekah 7 km.
      Tawaf ifadah merupakan rukun haji. Dikerjakan lewat tengah malam. Mulai 10 Zulhijah. Sampai kapan saja. Dianjurkan hari tasyrik. Di bulan Zulhijah.
      Tahalul awal. Bercukur atau menggunting rambut.  Boleh berganti pakaian biasa. Tetapi belum boleh bersetubuh.
TANGGAL 11 ZULHIJAH
       Hari tasyrik. Jemaah bermalam di Mina. Melontar jamrah ula, wusta, dan aqabah. Jamrah tugu ke-1, ke-2, dan ke-3. Masing-masing sebanyak tujuh kali.      Jemaah mematuhi jadwal waktu melontar jamrah. Untuk keselamatan.
TANGGAL 12 ZULHIJAH
      Hari tasyrik. Bermalam di Mina. Melontar jamrah ula, wusta, dan aqabah. Jemaah menaati jadwal waktu melempar jamrah.
     Jemaah bernafar awal. Setelah melontar jamrah. Berangkat ke Mekah sebelum Maghrib.
TANGGAL 13 ZULHIJAH
      Hari tasyrik. Bermalam di Mina. Melontar jamrah ula, wusta, dan aqabah.      Jemaah mematuhi jadwal waktu melontar jamrah.
     Jemaah bernafar sani. Salat Zuhur dan Asar. Jamak takdim qasar. Berangkat ke Mekah. Tawaf ifadah dan sai. Untuk Jemaah yang belum melaksanakannya.  Pelaksanan ibadah haji selesai.
TAWAF WADA
      Tawaf pamitan. Tawaf yang dilakukan setelah selesai ibadah haji. Sebelum meninggalkan kota Mekah.


0 comments:

Post a Comment