Saturday, June 13, 2020

4657. HASIL SURVEI TERGANTUNG PENDANA


HASIL SURVEI TERGANTUNG PENDANA
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

1.    Hasil Survei Tergantung Siapa Pendananya
2.    Oleh Musni Umar
3.    Survei calon Presiden di Indonesia perlu dana besar karena luasnya wilayah dan besarnya populasi yang jadi sampel agar bisa mewakili seluruh Indonesia.
4.    Sehingga, lembaga survei perlu pendana besar untuk membiayai pelaksanaan survei.
5.    Dilema yang dihadapi, pendana siap mendanai survei kalau kepentingannya diakomodir.
6.    Karena yang mau disurvei adalah calon Presiden 2024, maka kepentingan politik pendana, tidak mungkin diabaikan.
7.    Apa kepentingan pendana?
8.    Kalau pengusaha yang mendanai survei, pasti kepentingan ekonomi, yaitu imperium bisnisnya ditopang presiden akan datang.
9.    Kalau yang mendanai survei adalah penguasa merangkap pengusaha, maka pasti punya kepentingan politik dan ekonomi.
10. Pendana survei bisa pengusaha besar yang tidak ingin kehilangan cantolan kepada penguasa akan datang.
11. Sehingga perlu mempromosikan calon presiden baru yang bisa menopang imperium bisnis dan membesarkan bisnis mereka.
12. Bisa juga yang mendanai survei, mereka yang ingin perubahan, dan punya calon presiden yang bisa memperbaiki Indonesia.
13. Dalam mengorbitkan calon presiden 2024, pendana siap membiayai pelaksanaan survei.
14. Dilema Para Ilmuwan.
15. Lembaga survei sudah menjadi industri, setiap survei harus menghasilkan keuntungan.
16. Dengan demikian, lembaga survei adalah entitas bisnis industri yang motifnya  mencari untung.
17. Jasa yang ditawarkan adalah kegiatan survei.
18. Mereka yang menggeluti bisnis survei adalah para ilmuan yang pada umumnya bergelar sarjana S-2 dan banyak menyandang gelar Ph.D (Philosophy of Doctor) luar negeri.
19. Sejatinya sebagai ilmuwan prinsipnya adalah mencari dan menemukan kebenaran.
20. Tetapi survei atau riset yang berkaitan dengan calon presiden, belum tentu mencari dan menemukan kebenaran.
21. Dalam realitas, hasil survei bisa bertentangan dengan persepsi dan opini publik.
22. Sebagai contoh, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, mayoritas masyarakat Indonesia dan Internasional memberi apresiasi atas keberhasilan Anies dalam menangani corona di Jakarta.
23. Sehingga 40 Gubernur dan Walikota di dunia mengundang Anies menjadi pembicara utama dalam membahas corona.
24. Tetapi, hasil survei yang dilakukan sebuah lembaga survei menyebut elektabilitas Anies turun karena Corona.
25. Patut diduga, kelompok kepentingan yang membiayai kegiatan survei tidak sejalan dengan kepentingan politiknya.
26. Sehingga harus mengorbitkan calon lain dengan elektabilitas tinggi melampaui Anies.
27. Kita berharap lembaga survei tidak dijadikan alat untuk mempromosikan calon presiden 2024.
28. Supaya kelihatan ilmiah, lembaga survei dibiayai untuk survei, hasilnya harus sesuai kepentingan pendana yang membiayai.
29. Survei Capres 2024 yang banyak dilakukan sejatinya untuk memotret aspirasi masyarakat.
30. Kita berharap hasil survei tidak direkayasa dalam rangka mempromosikan calon presiden 2024 yang sesuai kepentingan pendana.
31. Kita amat berharap rakyat sebagai pemegang kedaulatan rakya tidak dijadikan sebagai obyek dan sasaran operasi penggiringan opini publik untuk memuluskan rekayasa calon presiden melalui lembaga survei.
32. Semoga tulisan ini memberi sumbangsih dalam upaya menyadarkan seluruh rakyat Indonesia agar tidak tersesat dari penggiringan opini calon Presiden 2024.
33. Yang tujuannya melanggengkan kekuasaan politik dan ekonomi di Indonesia dengan mengabaikan aspirasi dan kepentingan mayoritas rakyat.
(Sumber: internet)

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment