Sunday, September 29, 2019

3348. PEMBERIAN UNTUK ISTRI YANG DICERAI


PEMBERIAN UNTUK ISTRI YANG DICERAI
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.


1.    Al-Quran surah Al-Baqarah (surah ke-2) ayat 236.

لَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِنْ طَلَّقْتُمُ النِّسَاءَ مَا لَمْ تَمَسُّوهُنَّ أَوْ تَفْرِضُوا لَهُنَّ فَرِيضَةً ۚ وَمَتِّعُوهُنَّ عَلَى الْمُوسِعِ قَدَرُهُ وَعَلَى الْمُقْتِرِ قَدَرُهُ مَتَاعًا بِالْمَعْرُوفِ ۖ حَقًّا عَلَى الْمُحْسِنِينَ

      Tidak ada dosa bagimu, jika kamu menceraikan istrimu yang belum kamu campuri atau belum kamu tentukan maharnya. Dan hendaklah kamu memberi  mut’ah (pemberian) kepada mereka. Bagi orang yang mampu menurut sesuai kemampuannya dan yang miskin sesuai kemampuannya, yaitu pemberian dengan cara yang patut, yang merupakan kewajiban bagi orang-orang yang berbuat kebaikan.



2.    Al-Quran surah Al-Baqarah (surah ke-2) ayat 241.

وَالَّذِينَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْكُمْ وَيَذَرُونَ أَزْوَاجًا وَصِيَّةً لِأَزْوَاجِهِمْ مَتَاعًا إِلَى الْحَوْلِ غَيْرَ إِخْرَاجٍ ۚ فَإِنْ خَرَجْنَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِي مَا فَعَلْنَ فِي أَنْفُسِهِنَّ مِنْ مَعْرُوفٍ ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

     Dan orang-orang yang akan mati di antaramu dan meninggalkan istri, hendaklah berwasiat untuk istri-istrinya, (yaitu) diberi nafkah sampai setahun lamanya dengan tidak disuruh pindah (dari rumahnya). Tetapi jika mereka pindah (sendiri), maka tidak ada dosa bagimu terhadap yang mereka lakukan untuk diri mereka terhadap hal-hal yang baik. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.


3.    Asbabun nuzul (penyebab turunnya) ayat 241.
1)    Jabir bin Zaid berkata,”Turun surah Al-Baqarah (surah ke-2) ayat  236.”
2)    Seorang pria berkata,”Jika aku ingin berbuat baik, maka aku akan melakukannya, tetapi jika aku tidak menghendaki, maka aku tidak melakukannya.”
3)    Kemudian turun ayat ini.

4.    Mut’ah adalah sesuatu yang diberikan oleh suami kepada istri yang diceraikannya sebagai penghibur, selain nafkah sesuai dengan kemampuannya.

Daftar Pustaka
1.      Hatta, DR. Ahmad. Tafsir Quran Per Kata, Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah. Penerbit Pustaka Maghfirah, Jakarta 2011.
2.      Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2.
3.      Tafsirq.com online.


0 comments:

Post a Comment