Monday, September 30, 2019

3364. PENDETA NASRANI MASUK ISLAM


PENDETA NASRANI MASUK ISLAM
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

1.    Al-Quran surah Ali Imran (surah ke-3) ayat 18.

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ ۚ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
     
      Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu juga menyatakan demikian. Tak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

2.    Al-Quran surah Ali Imran (surah ke-3) ayat 19.

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ ۗ وَمَنْ يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

      Sesungguhnya agama di sisi Allah adalah Islam. Orang-orang yang telah diberi Kitab tidak berselisih, kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara mereka. Barangsiapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.

3.    Al-Quran surah Ali Imran (surah ke-3) ayat 20.

فَإِنْ حَاجُّوكَ فَقُلْ أَسْلَمْتُ وَجْهِيَ لِلَّهِ وَمَنِ اتَّبَعَنِ ۗ وَقُلْ لِلَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ وَالْأُمِّيِّينَ أَأَسْلَمْتُمْ ۚ فَإِنْ أَسْلَمُوا فَقَدِ اهْتَدَوْا ۖ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّمَا عَلَيْكَ الْبَلَاغُ ۗ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِالْعِبَادِ
     
      Kemudian jika mereka membantahmu (Muhammad), maka katakan: "Aku berserah  diri kepada Allah dan demikian pula orang-orang yang mengikutiku". Dan katakan kepada orang-orang yang telah diberi Kitab dan orang-orang yang buta huruf: "Sudahkah kamu masuk Islam?" Jika mereka masuk Islam, berarti mereka telah mendapat petunjuk, tetapi jika mereka berpaling, maka kewajibanmu hanya menyampaikan. Dan Allah Maha Melihat hamba-hamba-Nya.


4.    Asbabun nuzul (penyebab turunnya) ayat 18, 19, dan 20.
1)    Al-Kalabi berkata ayat ini turun berkenaan dengan 2 pendeta Nasrari Najran yang datang ke Madinah menemui Nabi Muhammad yang dikatakan sebagai nabi terakhir.
2)    Mereka bertemu Rasulullah di Madinah dan menemukan kota Madinah dan sifat-sifat Nabi Muhammad sama persis dengan yang ada pada kitab mereka.
3)    Mereka bertanya kepada Rasulullah tentang syahadah yang paling agung dalam kitab Allah.
4)    Kemudian Allah menurunkan ayat ini sebagai jawabannya.
5)    Akhirnya, 2 pendeta Nasrani Najran itu masuk Islam.


Daftar Pustaka
1.    Hatta, DR. Ahmad. Tafsir Quran Per Kata, Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah. Penerbit Pustaka Maghfirah, Jakarta 2011.
2.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2.
3.    Tafsirq.com online.



0 comments:

Post a Comment