Monday, September 30, 2019

3352. AMALNYA LENYAP


AMALNYA LENYAP
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.


1.    Al-Quran surah Al-Baqarah (surah ke-2) ayat 266.

أَيَوَدُّ أَحَدُكُمْ أَنْ تَكُونَ لَهُ جَنَّةٌ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ لَهُ فِيهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ وَأَصَابَهُ الْكِبَرُ وَلَهُ ذُرِّيَّةٌ ضُعَفَاءُ فَأَصَابَهَا إِعْصَارٌ فِيهِ نَارٌ فَاحْتَرَقَتْ ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ

      Adakah salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; di dalam kebun itu dia mempunyai segala macam buah-buahan, kemudian datang masa tuanya, sedangkan dia masih mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Kemudian kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, sehingga terbakar. Demikian Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu memikirkannya.


2.    Asbabun nuzul (penyebab turunnya) ayat 266.
1)    Ubaidillah bin Umair bercerita bahwa Ibnu Abbas berkata,”Ada seorang pria kaya raya yang beramal dengan penuh ketaatan kepada Allah, kemudian Allah mengutus setan kepadanya, sehingga dia berbuat maksiat yang menyebabkan semua amal kebajikannya lenyap.
2)    Kemudian Allah menurunkan ayat ini.


Daftar Pustaka
1.      Hatta, DR. Ahmad. Tafsir Quran Per Kata, Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah. Penerbit Pustaka Maghfirah, Jakarta 2011.
2.      Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2.
3.      Tafsirq.com online.


0 comments:

Post a Comment