Monday, September 30, 2019

3363. YAHUDI SELALU MEMBANTAH


YAHUDI SELALU MEMBANTAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

1.    Al-Quran surah Ali Imran (surah ke-3) ayat 12.

قُلْ لِلَّذِينَ كَفَرُوا سَتُغْلَبُونَ وَتُحْشَرُونَ إِلَىٰ جَهَنَّمَ ۚ وَبِئْسَ الْمِهَادُ
     
      Katakan kepada orang-orang yang kafir: "Kamu pasti akan dikalahkan (di dunia ini) dan akan digiring ke dalam neraka Jahanam. Dan itulah tempat yang seburuk-buruknya".

2.    Al-Quran surah Ali Imran (surah ke-3) ayat 13.

قَدْ كَانَ لَكُمْ آيَةٌ فِي فِئَتَيْنِ الْتَقَتَا ۖ فِئَةٌ تُقَاتِلُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَأُخْرَىٰ كَافِرَةٌ يَرَوْنَهُمْ مِثْلَيْهِمْ رَأْيَ الْعَيْنِ ۚ وَاللَّهُ يُؤَيِّدُ بِنَصْرِهِ مَنْ يَشَاءُ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَعِبْرَةً لِأُولِي الْأَبْصَارِ
   
      Sesungguhnya telah ada tanda bagimu pada 2 golongan yang telah berhadapan. Segolongan berperang di jalan Allah dan golongan kafir yang melihat (seakan-akan) orang-orang muslimin 2 kali jumlahnya. Allah menguatkan dengan bantuan-Nya siapa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya yang demikian terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan (mata hati).

3.    Asbabun nuzul (penyebab turunnya) ayat 12 dan 13.
1)    Ibnu Abbas menjelaskan setelah umat Islam menang dalam Pearng Badar, Rasulullah mengumpulkan kaum Yahudi di pasar Qainuqa.
2)    Rasulullah bersabda,”Wahai orang-orang Yahudi, masuklah kalian ke dalam Islam sebelum Allah menimpakan kepada kalian, seperti yang terjadi pada kaum Quraisy.”
3)    Orang Yahudi menjawab,”Hai Muhammad, kamu jangan terlena dengan dirimu sendiri, kamu berhasil membunuh kaum Quraisy, karena mereka bodoh dan tidak tahu strategi perang.”
4)    “Jika kamu berperang dengan kami, maka kamu akan tahu bahwa kami ahli perang dan kamu tidak pernah bertemu dengan musuh seperti kami.”
5)    Kemudian turun ayat 12 dan 13 ini.

Daftar Pustaka
1.    Hatta, DR. Ahmad. Tafsir Quran Per Kata, Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah. Penerbit Pustaka Maghfirah, Jakarta 2011.
2.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2.
3.    Tafsirq.com online.



0 comments:

Post a Comment