Monday, September 30, 2019

3353. SEDEKAH KURMA YANG BAIK


SEDEKAH KURMA YANG BAIK
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.


1.    Al-Quran surah Al-Baqarah (surah ke-2) ayat 267.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ ۖ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ وَلَسْتُمْ بِآخِذِيهِ إِلَّا أَنْ تُغْمِضُوا فِيهِ ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ
    

       Hai orang-orang yang beriman, nafkahkan (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahui, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

2.    Asbabun nuzul (penyebab turunnya) ayat 267.
1)    Al-Barra berkata,”Ayat ini turun berkenaan dengan kaum Ansar yang memiliki kebun kurma.”
2)    Pada saat itu, mereka mengeluarkan sedekah hasil kebun kurma sesuai dengan hasil panennnya.
3)    Ada orang yang bersedekah dengan 1 atau 2 tandan kurma yang digantungkan di masjid.
4)    Para Ahli Shuffah yang tinggal di teras Masjid Nabawi yang lapar akan memukulkan tongkatnya untuk mengambil dan memakan kurma tersebut.
5)    Tetapi ada beberapa orang yang tidak suka dan enggan dengan perintah sedekah tersebut, sehingga dia bersedekah dengan kurma yang jelek dan bermutu rendah.
6)    Kemudian Allah menurunkan ayat ini.


Daftar Pustaka
1.    Hatta, DR. Ahmad. Tafsir Quran Per Kata, Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah. Penerbit Pustaka Maghfirah, Jakarta 2011.
2.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2.
3.    Tafsirq.com online.



0 comments:

Post a Comment