CARA KERJA KAPAL SELAM
AGAR BISA MENYELAM
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
CARA KERJA KAPAL SELAM
MEMAKAI HUKUM ARCHIMEDES
1.
TERAPUNG
2.
MELAYANG.
3.
TENGGELAM
KOMPONEN KAPAL SELAM
1.
Tangki ballast.
Untuk menyimpan air dan udara.
2.
Katup udara.
Untuk jalan masuk dan keluar udara di
tangki ballast.
3.
Katup air.
Untuk jalan masuk dan keluar air di tangki
ballast.
4.
Kompresor.
Untuk memompa air keluar dari tangki
balast diganti dengan udara.
PRINSIP KERJA KAPAL
SELAM
KAPAL MENYELAM
1.
Saat kapal akan
menyelam, katup air “kingstons” di bawah tangki balast dibuka.
2.
Air masuk ke dalam tangki ballast.
3.
Udara keluar dari tangki ballast lewat katup udara di atas tangki ballast.
4.
Tangki ballast berisi
air, maka kapal tenggelam.
KAPAL MENGAPUNG
1.
Saat kapal akan mengapung,
lubang-lubang katup angin ditutup.
2.
Udara dalam tangki balast
ditekan keluar dengan mesin kompresor.
3.
Air keluar dari tangki
balast lewat katup air “kingstons”.
4.
Bobotnya ringan,
sehingga kapal mengapung.
Menjaga penopang hidup manusia dalam kapal selam
1.
Udara bersih.
2.
Air bersih.
3.
Suhu dalam kapal.
CARA MENJAGA UDARA BERSIH.
1.
Oksigen harus diisi
ulang.
2.
Karbondioksida harus dihilangkan.
3.
Embun hasil pernapasan
harus dihilangkan.
CARA MENJAGA KEBUTUHAN AIR BERSIH
1. Alat menyuling air
laut menjadi air bersih.
2. Air bersih dipakai
awak kapal dan pendingin alat elektronik.
CARA MENJAGA SUHU
DALAM KAPAL SELAM
1.
Suhu air lautan di
luar kapal sekitar 4 derajat Celcius.
2.
Kapal selam harus
dipanaskan secara elektrik untuk menjaga suhu yang nyaman.
3.
Tenaga listrik untuk
pemanas bisa memakai reaktor nuklir, diesel, dan baterai cadangan.
SISTEM NAVIGASI KAPAL SELAM
1.
Cahaya tidak bisa menembus kedalaman
lautan.
2.
Kapal selam perlu alat navigasi canggih.
3. Misalnya GPS, radio, radar, satelit, sonar, dan pemandu inertial
untuk dalam laut.
(Sumber internet)
0 comments:
Post a Comment