SALAT SUBUH 4 MAZHAB
Oleh: Drs. H.M. Yusron Hadi, M.M.

A. Hukum salat Subuh.
1) Semua mazhab sepakat salat Subuh hukumnya
fardu ain (kewajiban perorangan).
B. Hukum salat Subuh berjamaah.
1) Mazhab Hambali, Maliki, dan Syafii.
a. Salat Subuh disunahkan berjamaah.
2) Mazhab Hambali.
a. Salat fardu 5 waktu wajib berjamaah.
b. Salat Subuh wajib berjamaah.
C. Niat salat Subuh.
1. Semua mazhab sepakat mengerjakan salat
tanpa berniat hukumnya tidah sah, salatnya batal, dan dia harus mengulang salat
lagi.
2. Niat terletak dalam hati seseorang.
3. Ucapan lidah bukanlah niat, tetapi ucapan
lidah dapat membantu mengingatkan hatinya.
4. Mazhab Hanafi dan Maliki:
1) Niat salat adalah di dalam hati dan tidak
perlu diucapkan dengan lidah.
2) Melafazkan niat dengan ucapan dalam salat
adalah perbuatan bid’ah.
3) Tetapi dianggap baik apabila orang yang
akan mengerjakan salat melafazkan niatnya dengan lidah bertujuan untuk
menghilangkan perasaan ragu-ragu.
4) Melafazkan niat dengan lidah tidak
disyariatkan dalam salat, kecuali apabila orang yang salat ragu-ragu.
5) Mazhab Hanafi, Maliki, dan Hambali
bersepakat bahwa sah hukumnya apabila berniat salat SEBELUM mengangkat tangan
takbiratul ihram.
5. Mazhab Syafii dan Hambali:
1) Niat terletak dalam hati seseorang.
2) Ucapan lidah bukanlah niat, tetapi ucapan
lidah dapat membantu mengingatkan hatinya.
3) Kekeliruan pada lidah tidak memudaratkan,
asalkan niat dalam hatinya benar.
4) Hukum niat ini disepakati oleh kalangan
mazhab Syafii dan Hambali.
5) Waktu niat salat menurut mazhab Syafii
adalah BERSAMAAN dengan takbiratul ihram.
6) Contoh niat salat Subuh.
اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا
ِللهِ تَعَالَى
Aku berniat salat fardu
Subuh 2 rakaat sebagai makmum karena Allah Taala.
D. Takbiratul ihram.
1. Semua mazhab sepakat: Jika salat
dilakukan tanpa takbiratul ihram, maka salatnya tidak sah.
2. Mazhab Maliki dan Hambali:
1) Takbiratul ihram adalah “Allahu Akbar”
(Allah Maha Besar).
2) Takbiratul ihram tidak boleh menggunakan
kata-kata lainnya.
3. Mazhab Syafi’i:
a. Boleh mengganti “Allahu Akbar” dengan
”Allahu Al-Akbar”.
b. Boleh menambah dengan “alif dan lam” pada
kata “Akbar”.
4. Mazhab Hanafi:
a. “Allahu Akbar” boleh diganti lain yang
sama artinya.
b. “Allahu Akbar” boleh diganti “Allah
Al-A’dzam” atau “Allahu Al-Ajall” (Allah Yang Maha Agung” atau “Allah Yang Maha
Mulia).
E. Takbiratul ihram dalam bahasa Arab.
1. Mazhab Hanafi:
a. Takbiratul ihram boleh memakai bahasa
lain, selain bahasa Arab.
b. Takbiratul ihram sah menggunakan bahasa
apa pun, meskipun orangnya bisa bahasa Arab.
2. Mazhab Maliki, Syafi’i, dan Hambali:
a. Takbiratul ihram wajib mengucapkannya
dalam bahasa Arab.
b. Jika tidak bisa mengucapkan takbiratul
ihram dalam bahasa Arab, maka orangnya wajib mempelajarinya.
F. Qunut Subuh:
1. Mazhab Hanafi:
1) Tidak ada qunut pada salat Subuh.
2) Qunut salat Subuh dikerjakan hanya ketika
terjadi musibah.
3) Ada qunut pada salat witir.
4) Qunut dikerjakan sebelum rukuk.
5) Tidak ada qunut pada orang yang salat
sendirian.
6) Jika imam membaca qunut pada salat subuh,
maka makmum dibolehkan untuk:
a. Makmum diam saja.
b. Makmum ikut mengamini imam.
2. Mazhab Maliki:
1. Ada qunut pada salat Subuh .
2. Tidak ada qunut pada salat witir dan
salat lainnya.
3. Qunut salat subuh dikerjakan sebelum
rukuk.
4. Qunut salat subuh boleh dikerjakan
setelah rukuk.
5. Ketika qunut boleh mengangkat kedua
tangan dan juga boleh tidak mengangkat kedua tangan.
3. Mazhab Syafii:
1) Ada qunut pada salat Subuh.
2) Tidak ada qunut pada salat lain, kecuali
terjadi bencana.
3) Qunut Subuh dikerjakan setelah rukuk pada
rakaat kedua.
4) Rasulullah tidak pernah meninggalkan
qunut Subuh.
5) Qunut salat Subuh boleh dikerjakan
berjamaah atau sendirian.
6) Qunut juga dikerjakan pada salat witir
pada separuh akhir bulan Ramadan.
7) Qunut Subuh adalah bagian dari salat
Subuh, jika terlupa maka diganti dengan sujud sahwi.
8) Mengangkat kedua tangan dan mengusap
wajah dalam qunut salat Subuh terbagi 3 kelompok.
a. Mengangkat kedua tangan, tanpa
mengusapkannya ke wajah.
b. Mengangkat kedua tangan dan
mengusapkannya ke wajah.
c. Tidak mengangkat kedua tangan dan tidak
mengusapkannya ke wajah.
9) Setelah membaca doa qunut pada salat
Subuh tidak perlu mengusapkan kedua tangan ke bagian tubuh selain wajah.
10) Hukumnya makruh, apabila setelah membaca
qunut Subuh mengusapkan kedua tangan ke bagian tubuh lainnya.
4. Mazhab Hambali:
1) Tidak ada qunut pada salat Subuh.
2) Tidak ada qunut pada salat lainnya.
3) Ada qunut pada salat witir.
4) Qunut dikerjakan setelah rukuk.
5) Qunut dikerjakan hanya jika terjadi
musibah.
G. Gerakan dari posisi tegak ke posisi sujud:
1. Mazhab Hanafi:
a. Mendahulukan kedua lutut turun ke lantai,
baru diikuti kedua telapak tangan turun ke lantai.
2. Mazhab Maliki:
a. Mendahulukan kedua lutut turun ke lantai,
baru diikuti kedua telapak tangan turun ke lantai
3. Mazhab Syafii:
a. Mendahulukan kedua lutut turun ke lantai,
baru diikuti kedua telapak tangan turun ke lantai.
4. Mazhab Hambali:
a. Mendahulukan kedua telapak tangan turun
ke lantai, baru diikuti kedua lutut turun ke lantai.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5
mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77
Tanya-Jawab Seputar Salat, 2017.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99
Tanya-Jawab Seputar Salat, 2017.
4. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37
Tanya-Jawab Masalah Populer, 2017.
5. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital
Qur’an Ver 3.2
6. Tafsirq.com online
0 comments:
Post a Comment