Friday, May 26, 2017

79. Bulan Ramadan

BULAN RAMADAN YANG ISTIMEWA
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.
Kepala SMP Negeri 1 Balongbendo, Sidoarjo

      Bulan Ramadan, bulan ke-9 dalam kalender Islam. Umat Islam diwajibkan berpuasa. Selama sebulan penuh. Sebanyak 29 atau 30 hari. Puasa Ramadan, rukun Islam ke-4. Rukun Islam merupakan tiang utama agama Islam. Mengikrarkan dua kalimat syahadat. Mendirikan salat. Berzakat. Berpuasa. Mengerjakan ibadah haji.
      Kalender Hijriah memuat 12 bulan. Muharam, Safar, Rabiulawal, Rabiulakhir, Jumadilawal, Jumadilakhir, Rajab, Syakban, Ramadan, Syawal, Zulkaidah, dan Zulhijjah.
      Kalender Hijriah. Kalender Islam. Dimulai sejak Nabi Muhammad hijrah. Dari Mekah ke Madinah. Bertepatan dengan tahun 622 Masehi. Perintah awal puasa Ramadan. Pada bulan Syakban. Sebulan sebelum bulan Ramadan. Tahun ke-2 Hijriah.
      Penentuan awal dan akhir sebuah hari. Termasuk penentuan sebuah tanggal. Kalender Masehi, berbeda dengan kalender Hijrah. Sistem kalender Masehi. Sebuah hari atau tanggal berakhir pukul 24.00, dan dimulai pukul 00.00 waktu setempat.  Pada sistem kalender Hijriah. Sebuah hari atau tanggal berakhir kala tenggelam matahari, dan diawali saat Magrib waktu setempat.
      Dasar hukum berpuasa Ramadan. Alquran surah Albaqarah. Bermakna sapi betina. Surah ke-2 ayat 183. “Hai orang-orang yang beriman. Diwajibkan atas kamu berpuasa. Sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu. Agar kamu bertakwa.”
      Alquran menjelaskan kewajiban berpuasa. Tidak menegaskan perintah tersebut berasal dari Allah. Redaksi yang digunakan berbentuk pasif. “Diwajibkan atas kamu berpuasa”. Agaknya redaksi tersebut memang dipilih. Mengisyaratkan bahwa kewajiban berpuasa tidak harus datang dari Allah. Tetapi manusia itu sendiri akan mewajibkan dirinya sendiri.  Ketika menyadari manfaat dan kebaikan berpuasa.
      Penentuan awal Ramadan. Awal bulan ditentukan saat terjadinya hilal. Munculnya bulan sabit. Bentuk bulan melengkung menyerupai sabit. Bulan yang terbit pada tanggal satu bulan Kamariah.
      Metode  rukyat. Melihat munculnya bulan sabit dengan mata telanjang. Tentu saja, dilengkapi dengan alat teropong. Di lokasi tertentu. Yang tidak terhalang bangunan dan pepohonan. Umumnya, di sepanjang pantai tertentu.
      Metode hisab. Menggunakan perhitungan astronomi. Ilmu falak. Biasanya, Kementerian Agama Republik Indonesia dan Nahdlatul Ulama (NU) menggunakan metode “rukyatul hilal”. Biasanya, Muhammadiyah menggunakan metode “hisab hakiki wujudul hilal”. Sedangkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Persatuan Islam (Persis) menggunakan kombinasi  rukyat dan hisab.
       Perbedaan metode dapat menghasilkan kesamaan. Juga, dapat memunculkan ketidaksamaan. Penentuan awal dan akhir bulan Ramadan bisa sama. Juga, bisa berlainan.
      Pengertian puasa. Menahan dari segala yang membatalkan. Selama satu hari. Sejak terbit fajar, sampai matahari terbenam. Dengan niat, dan beberapa syarat.
      Wajib berpuasa Ramadan. Wajib berarti harus dilakukan. Tidak boleh ditinggalkan. Orang yang Berakal. Memiliki daya pikir. Memahami sesuatu. Tidak gila. Tak sakit ingatan. Tak sakit jiwa. Akil Balig. Cukup umur. Bisa membedakan baik dan buruk.  Dewasa. Kuat berpuasa.
      Syarat sah puasa. Beragama Islam. Mumayiz. Dapat membedakan yang baik dan buruk. Suci dari haid. Keluar darah dari rahim wanita setiap bulan sebagai bagian siklus hidup biologisnya. Datang bulan. Menstruasi. Suci dari nifas. Darah yang keluar dari rahim wanita sesudah melahirkan. Bukan hari yang dilarang berpuasa. Misalnya, hari raya Idulfitri, hari raya Iduladha. Juga, hari tasyrik. Tanggal 11, 12, dan 13 bulan Zulhijah. Bulan Haji.
      Rukun berpuasa Ramadan. Berniat setiap malam. Sebelum berpuasa pagi harinya. Menahan dari segala hal yang membatalkan. Sejak terbit fajar, sampai terbenam matahari. Puasa sunah. Boleh berniat sebelum masuk salat Zuhur.
       Hal-hal yang membatalkan puasa. Sengaja makan atau minum. Sengaja muntah. Muntah tidak sengaja, tidak membatalkan puasa. Bersetubuh suami istri pada siang hari. Boleh hubungan suami isteri pada malam hari. Jika tertidur sampai masuk Subuh. Segera mandi junub. Mandi besar. Salat Subuh. Terus berpuasa Ramadan. Keluar  darah haid atau nifas, gila, atau keluar air mani karena terangsang lawan jenis pada siang hari. .
      Apabila keluar air mani karena bermimpi, tidak membatalkan puasa. Memasukkan sesuatu ke dalam rongga badan seperti hidung, telinga, dan lainnya. Ulama berbeda pendapat. Sebagian ulama menganggap puasanya batal. Dikiaskan dengan makan dan minum. Sebagian lain menganggap tidak membatalkan puasa. Termasuk memasukkkan obat tidak melalui mulut. Misalnya, suntik tidak membatalkan puasa.
       Diizinkan tidak berpuasa Ramadan. Orang yang sakit. Jika berpuasa dikawatirkan bertambah parah. Harus mengganti puasa pada hari lain. Berusia lanjut. Belum tua, tapi kondisinya lemah. Wajib membayar fidiah. Memberi makanan seorang miskin.  Wanita Hamil atau menyusui. Jika khawatir kesehatan bayinya. Wajib mengganti puasa pada hari lain. Juga, dianjurkan memberi makan seorang miskin. Musafir. Perjalanan melebihi 81 km. Boleh tak berpuasa. Mengganti pada hari lain.
      Sunah puasa Ramadan. Segera berbuka, ketika Magrib.  Berbuka dengan kurma, minum air, atau suatu yang manis. Berdoa, ketika berbuka. Makan sahur. Mengakhirkan waktu makan sahur. Memberi makanan kepada orang berpuasa. Memperbanyak sedekah. Memperbanyak membaca, dan belajar Alquran.
      Hikmah puasa Ramadan. Mensyukuri nikmat Allah yang tidak terbatas. Melatih disiplin. Empati. Memahami orang lapar. Gampang membantu orang miskin. Mudah membantu orang susah. Membuat tubuh sehat. Membuat sehat fisik dan mental. Sehat jasmani dan rohani.
PUASA RAMADAN YANG ISTIMEWA
      Awal turunnya Alquran. Pada bulan Ramadan. Malam lailatulkadar. Malam kemuliaan. Malam turunnya wahyu Allah pertama kali. Apabila seseorang beramal kebaikan pada malam itu, berpahala berlipat ganda. Setara beramal seribu bulan.
      Semua dosa tahun lalu diampuni. Nabi Bersabda, “Barangsiapa berpuasa Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah. Akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”
      Meningkatkan takwa. Kesalehan hidup. Terpeliharanya diri untuk tetap taat melaksanakan perintah Allah. Keinsafan diri yang diikuti dengan kepatuhan dan ketaatan melaksanakan perintah Allah. Menjauhi segala larangan-Nya.
      Ramadan disebut “Syahrus Syiyam”. Bulan berpuasa. Diwajibkan berpuasa sebulan penuh.  Ramadan juga disebut “Syahrul Qiyam”. Bulan Qiyamullail. Disunahkan menghidupkan salat tarawih. Memperbanyak membaca dan belajar Al-Quran. Zikir, dan  iktikaf di Masjid. Terutama sepuluh malam terakhir.
      Ramadan diberi gelar “Syahrul Quran”. Bulan Alquran. Alquran diturunkan pertama kali dalam bulan Ramadan. Nama lain Ramadan “Syahrul Infak”. Bulan infak. Pahala infak dan sedekah amat besar. Nabi Muhammad memberi contoh meningkatkan kedermawanannya pada bulan Ramadan. Ramadan juga disebut “Syahrut Tarbiyah”. Bulan pembelajaran. Nabi  Muhammad sering tadarus dengan Malaikat Jibril.    
      Ramadan dinamakan “Syahrul Jihad”. Bulan jihad. Banyak  peristiwa jihad terjadi dalam Ramadan. Antara lain,  Perang Badar terjadi ketika Nabi Muhammad berusia 55 tahun. Penaklukan Mekah ketika Rasulullah berusia 61 tahun. Bersama sekitar 10.000 pasukan muslim menguasai kota Mekah. Tanpa pertumpahan darah. Masih banyak peristiwa sejarah umat Islam yang terjadi pada bulan Ramadan.
       Termasuk kemerdekaan bangsa Indonesia 17 Agustus 1945 bertepatan dengan Jumat Legi pada bulan Ramadan. Bulan Ramadan memang istimewa.

0 comments:

Post a Comment