Monday, February 4, 2019

1861. MUSTATSNA KHOLA, ADA, HASYA
























MUSTATSNA KHOLA, ADA, HASYA
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang mustatsna dengan khola, ada, dan hasya dalam bahasa Arab?” Tim Badar Online menjelaskannya.
1.    Mustatsnaa,  اَلْمُسْتَثْنَى  adalah isim (kata benda) yang terletak di belakang “adat istitsna” (alat pengecuali) untuk membedakan hukum dengan kata yang terletak di depan “adat istitsna” (alat pengecuali).

2.    Kata yang terletak DI DEPAN “adat istista” (alat pengecuali) disebut “mus-tats-naa min-hu”,  اَلْمُسْتَثْنَى مِنْهُ
3.    Kata yang terletak DI BELAKANG “adat istitsna” (alat pengecuali) disebut “mus-tats-naa”,  اَلْمُسْتَثْنَى

4.    Adat istitsnaa,   أَدَاةُ الاِسْتِثْنَاء  (alat pengecuali) dibagi dalam 6 model.
a.    (il-la)  إِلاَّ   (kecuali)
b.    (ghai-ru)   غَيْرُ  (kecuali)
c.    (si-waa)  سِوَى  (kecuali)
d.    Kha-laa)   خَلاَ  (kecuali)
e.    (a-daa)   عَدَا   (kecuali)
f.     (haa-syaa)  حَاشَا  (kecuali)

5.    Hukum “muastatsna” اَلْمُسْتَثْنَى  dengan “illa”,  إِلاَّ  (kecuali).
a.    Jika kalimatnya POSITIF dan ditampakkan “mustatsna minhunya”, maka “mustatsnanya” HARUS manshub (nashob/fathah).
b.    Jika kalimatnya NEGATIF dan ditampilkan “mustatsna minhunya”, maka “mustatsnanya” BOLEH manshub (nashob/fathah).
c.    Jika kalimatnya NEGATIF dan TIDAK dimunculkan “mustatsna minhunya”, maka “mustatsnanya” berubah bentuknya (i’rabnya) sesuai dengan kedudukan dalam kalimatnya.

6.    Hukum “muastatsna” اَلْمُسْتَثْنَى  dengan “GHOIR”, غَيْر dan “SIWA”  سِوَى
a.    Mustatsna dengan “ghoir” غَيْر dan “siwa” سِوَى selalu berbentuk majrur (jer/kasrah).
b.    Hukum perubahan (i’rab) pada “ghoir” غَيْر mengikuti: Hukum mustatsna dengan “il-la” إِلاَّ
1)    Jika kalimatnya POSITIF dan ditampakkan “mustatsna minhunya”, maka “mustatsnanya” HARUS manshub (nashob/fathah), sehingga GHOIR mengikuti HARUS manshub (nashob/fathah) menjadi “GHOIRU”.
2)    Jika kalimatnya NEGATIF dan ditampilkan “mustatsna minhunya”, maka “mustatsnanya” BOLEH manshub (nashob/fathah), sehingga GHOIR mengikuti BOLEH manshub (nashob/fathah) menjadi “GHOIRU/GHOIRA”.
3)    Jika kalimatnya NEGATIF dan TIDAK dimunculkan “mustatsna minhunya”, maka “mustatsnanya” berubah bentuknya (i’rabnya) sesuai dengan kedudukan dalam kalimatnya, sehingga GHOlR berubah bentuknya (i’rabnya) sesuai dengan kedudukannya dalam kalimatnya.

7.     Hukum “mustatsna” اَلْمُسْتَثْنَى dengan “khola” خَلاَ , “ada”  عَدَا , dan  “hasya” حَاشَا .
a.    Boleh manshub (nashob/fathah).
b.    Boleh majrur (jer/kasrah).

8.    Contoh penggunaan  mustatsna dengan “khola” خَلاَ , “ada”  عَدَا , dan  “hasya” حَاشَا  dalam sebuah kalimat.
رَجَعَ الْحَاضِرُوْنَ خَلاَ مُحَمَّدًا / مُحَمَّدٍ  (ra-ja-‘a al-haa-dhi-ruu-na mu-ham-ma-DAN/mu-ham-ma-DIN) = (Para hadirin telah pulang, kecuali Muhamad).
1)    Mustatsna minhunya adalah “al-haa-di-ruu-na” الْحَاضِرُوْنَ (para hadirin), berbentuk marfuk (rofak/dammah).
2)    Alat pengecualinya (adat istitsna) adalah “kho-la”  خَلاَ  (kecuali).
3)    Mustatsnanya adalah “mu-ham-ma-DAN” مُحَمَّدًا (Muhammad), berbentuk manshub (nashob/fathah), juga boleh “mu-ham-ma-DIN”  مُحَمَّدٍ     (Muhammad),  berbentuk majruru (jer/kasrah).

9.    Contoh penggunaan  mustatsna dengan “khola” خَلاَ , “ada”  عَدَا , dan  “hasya” حَاشَا  dalam sebuah kalimat.

جَاءَ الرِّجَالُ عَدَا عَلِيًّا / عَلِيٍّ  (jaa-‘a al-ri-jaa-lu ‘a-daa ‘a-liy-YAN/’a-liy-YIN) = (Para pria telah datang, kecuali Ali).
1)    Mustatsna minhunya adalah “al-ri-jaa-lu” الرِّجَالُ (para pria), berbentuk marfuk (rofak/dammah).
2)    Alat pengecualinya (adat istitsna) adalah “a-daa”  عَدَا   (kecuali).
3)    Mustatsnanya adalah “a-liy-yan” عَلِيًّا (Ali), berbentuk manshub (nashob/fathah), juga boleh “a-liy-YIN”   عَلِيٍّ   (Ali),  berbentuk majrur (jer/kasrah).

10. Contoh penggunaan  mustatsna dengan “khola” خَلاَ , “ada”  عَدَا , dan  “hasya” حَاشَا  dalam sebuah kalimat.

نَامَ الأَوْلاَدُ حَاشَا حَسَنًا / حَسَنٍ  (naa-ma al-au-laa-du haa-syaa ha-sa-NAN / ha-sa-NIN) = (Para anak telah tidur, kecuali Hasan).
1)    Mustatsna minhunya adalah “al-au-laa-du” الأَوْلاَدُ    (para anak), berbentuk marfuk (rofak/dammah).
2)    Alat pengecualinya (adat istitsna) adalah “ha-syaa”  حَاشَا   (kecuali).
3)    Mustatsnanya adalah “ha-sa-NAN”  حَسَنًا (Hasan), berbentuk manshub (nashob/fathah), juga boleh “ha-sa-NIN” حَسَنٍ    (Hasani),  berbentuk majrur (jer/kasrah).


Daftar Pustaka.
1.    Tim Badar Online Wisma Misfallah Thalabul Ilmi (MTI), Pogung Kidul 8C, RT 01/RW 49, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, 55284
2.    E-mail: onlinebadar@yahoo.com






Related Posts:

0 comments:

Post a Comment