Monday, February 25, 2019

1938. ISLAM TAK DISIARKAN DG PEDANG


















ISLAM TIDAK DISEBARKAN DENGAN PEDANG
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

      Beberapa orang non-muslim bertanya,”Bagaimana Islam disebut agama perdamaian, jika Islam disebarkan dengan pedang? Bagaimana Islam bisa dikatakan agama damai, padahal Islam disiarkan dengan kekerasan? Dr. Zakir Naik  menjelaskannya.
1.    Memang beberapa orang non-Islam menganggap bahwa agama Islam tidak akan cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia seperti saat ini apabila agama Islam tidak disebarkan dengan kekerasan.
2.    Beberapa hal berikut akan menjelaskan bahwa agama Islam tidak disebarkan dengan pedang, Islam tidak disiarkan dengan kekerasan, tetapi agama Islam disebarkan dengan kebenaran, dengan alasan yang masuk akal, dan logika yang baik, yang menjadi media penyebaran Islam di seluruh penjuru dunia.

3.    Penjelasan ke-1.
a.    Islam artinya “perdamaian”. Islam berasal dari akar kata “salam”, yang berarti “selamat”. Kata tersebut juga bisa berarti “Mendoakan keselamatan dan kesejahteraan untuk yang mengucapkan salam maupun penerima salam”.
b.    Oleh sebab itu, Islam disebut sebagai “agama perdamaian” yang diperoleh dari pengharapan selamat dan sejahtera seseorang untuk diri sendiri dan orang lain kepada Allah Yang Maha Pencipta.

4.    Penjelasan ke-2.
a.    Kadang kala kekerasan perlu digunakan untuk mempertahankan kedamaian, karena tidak semua manusia yang hidup di bumi senang mempertahankan perdamaian dan kerukunan. Banyak di antara mereka yang mengacaukan kedamaian untuk kepentingan pribadi atau kelompok mereka.
b.    Terkadang kekerasan harus dilakukan guna mempertahankan perdamaian. Untuk alasan inilah, Islam mempunyai kebijakan dalam menggunakan kekerasan terhadap pelaku kriminal dan unsur anti sosial untuk mempertahankan perdamaian.
c.    Islam memiliki tujuan memajukan perdamaian dunia, dan pada waktu yang sama, Islam juga memperingatkan pengikutnya untuk melawan apabila terjadi penindasan.
d.    Dalam Islam, kekerasan hanya boleh digunakan untuk menjaga perdamaian, kebenaran, dan keadilan.

5.    Penjelasan ke-3.
a.    Sejarawan De Lacy O’Leary berpendapat yang netral terhadap kesalahpahaman yang menyatakan bahwa Islam disebarkan dengan kekerasan dalam bukunya “Islam at the Cross Road”.
b.    Pada halaman 8 dia menulis, “Sejarah telah menceritakan dengan gamblang bahwa cerita tentang umat Islam yang menyapu bersih seluruh dunia menggunakan kekerasan dan memaksa penduduk negara yang ditaklukkan untuk menganut Islam adalah mitos paling absurd yang pernah diulang-ulang oleh sejarawan.”
c.    Mitos ialah cerita karangan yang dibuat-buat secara berlebihan dan absurd adalah sesuatu hal yang tidak masuk akal, sesuatu yang mustahil.

6.    Penjelesan ke-4.
a.    Umat Islam menguasai Spanyol selama 800 tahun, dan selama umat Islam berkuasa di Spanyol sekitar 800 tahun tidak pernah memaksa orang non-Islam di Spanyol untuk menganut agama Islam dengan paksaan atau dengan kekerasan.
b.    Kemudian, tentara Salib Kriten datang ke Spanyol yang menyapu habis semua umat Islam.
c.    Pada saat itu, bahkan tidak ada seorang Islam pun di Spanyol yang dapat bebas mengumandangkan azan.
d.    Azan ialah seruan untuk beribadah salat bagi umat Islam.

7.    Penjelasan ke-5.
a.    Penduduk Jazirah Arab sekitar 14 juta jiwa masih beragama Kristen Koptik, padahal umat Islam menjadi penguasa Arab selama 1.400 tahun. Dalam beberapa tahun bangsa Inggris menguasai Arab, dan dalam beberapa tahun bangsa Perancis menguasai Arab.
b.    Secara keseluruhan, umat Islam menguasai jazirah Arab selama 1.400 tahun. Sampai hari ini, terdapat 14 juta orang Arab yang beragama Kristen Koptik, mereka menganut agama Kristen sejak beberapa generasi sebelumnya.
c.    Jika agama Islam disebarkan dengan pedang atau menggunakan kekerasan, maka tidak akan ada seorang pun bangsa Arab yang beragama Kristen.
d.    Kenyataanya sampai sekarang masih ada orang Arab yang beragama selain Islam, hal ini berarti menunjukkan bahwa tidak ada paksaan untuk memeluk agama Islam.

8.    Penjelasan ke-6.
a.    Lebih dari 80 persen penduduk India adalah non-Islam, padahal umat Islam  pernah menguasai India selama ribuan tahun. Jika umat Islam ingin memaksa, maka mereka dapat menggunakan kekuasaan untuk mengganti agama mereka, sehingga semua orang non-Islam di India sudah memeluk Islam.
b.    Saat ini lebih dari 80 persen populasi India adalah non-Islam. Semua penduduk non-Islam India menjadi saksi hingga saat ini bahwa agama Islam tidak disebarkan dengan  pedang, dan Islam tidak disebarkan dengan  kekerasan.

9.    Penjelasan ke-6.
a.    Indonesia dan Malaysia adalah dua negara yang memiliki jumlah umat Islam terbesar di dunia. Mayoritas penduduk Indonesia dan Malaysia adalah beragama Islam.
b.    Tentara Islam manakah yang pernah pergi ke Indonesia dan Malaysia untuk menyebarkan Islam dengan kekerasan dan paksaan?” jawabnya,”Tidak ada tentara mana pun, artinya tidak ada siapa pun yang menyebarkan Islam dengan kekerasan”.

10. Penjelasan ke-7.
a.    Agama Islam telah menyebar dengan cepat di Pantai Timur Afrika. Jika agama  Islam disebarkan dengan pedang, maka tentara Islam manakah yang pergi ke Pantai Timur Afrika?

11. Penjelasan ke-8.
a.    Al-Quran mengajarkan kepada umat Islam bahwa tidak ada paksaan dalam beragama.
b.    Allah berfirman dalam Al-Quran surah Al-Baqarah (surah ke-2) ayat 256.

لَا إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ ۖ قَدْ تَبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ ۚ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِنْ بِاللَّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَىٰ لَا انْفِصَامَ لَهَا ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

      “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam). Sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Barang siapa ingkar kepada “thaghut” dan beriman kepada Allah, Sesungguhnya dia telah berpegang kepada “tali” yang amat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

12. Penjelasan ke-9.
a.    Agama Islam disebarkan menggunakan “pedang Intelektual”, karena hanya “pedang intelektual” dan rasional logis dan sehat yang mampu menguasai hati dan pikiran manusia pada zaman sekarang ini.
b.    Al-Quran surah An-Nahl (surah ke16) ayat 125.

ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

      “Serulah manusia kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang tersesat dari jalan-Nya. Dia lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”

13. Penjelasan ke-10.
a.    Data pertumbuhan agama dunia dari tahun 1934-1984 menurut sebuah artikel dalam “Reader’s Digest Almanac”, buku tahunan pada tahun 1986 menunjukkan  statistik  pertumbuhan prosentase agama mayoritas di dunia dalam separuh abad mulai tahun 1934 sampai tahun 1984.
b.    Artikel ini juga muncul dalam majalah “The Plain Truth” yang menjelaskan bahwa puncak pertumbuhan agama tertinggi adalah Islam dengan pertumbuhan sebanyak 235%, dan Kristen hanya bertumbuh 47%.
c.    Perlu dipertanyakan, perang manakah yang terjadi dalam satu abad yang mampu “mengubah agama” jutaan orang non-Islam menjadi Islam?

14. Penjelasan ke-11.
a.    Islam adalah agama dengan pertumbuhan tercepat di Amerika dan Eropa. Sekarang ini, agama dengan pertumbuhan tercepat di Amerika adalah Islam. Agama yang berkembang pesat di Eropa adalah Islam.
b.     “Pedang” manakah yang memaksa masyarakat Amerika dan Eropa untuk menerima Islam dalam jumlah yang sangat besar?
c.    Siapakah yang mampu melakukan “kekerasan” terhadap mereka?
d.    Siapakah yang “memaksa” mereka,  sehingga mereka memeluk agama Islam?

15.  Kesimpulannya.
a.    Terbukti bahwa agama Islam tidak disebarkan dengan pedang.
b.    Agama Islam tidak dissiarkan dengan kekerasan.
c.    Sejarah membuktikan  bahwa agama Islam tidak disiarkan ke seluruh penjuru dunia dengan paksaan.
d.    Tetapi, Islam disebarkan dengan kebenaran, dengan alasan yang masuk akal, dan logika yang benar, itulah yang menjadi media penyebaran Islam ke seluruh penjuru dunia.

Daftar Pustaka.
1.    Naik, Zakir Abdul Karim. “Answer to non-muslim common question about Islam”. Jawaban Berbagai Pertanyaan Mengenai Islam.
2.    Shihab, M.Quraish. Lentera Hati. Kisah dan Hikmah Kehidupan. Penerbit Mizan, 1994.  
3.    Shihab, M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Quran. Tafsir Maudhui atas Perbagai Persoalan Umat. Penerbit Mizan, 2009.
4.    Shihab, M.Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.
5.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
6.    Tafsirq.com online.     



0 comments:

Post a Comment