SALAT JUMAT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H.M. Yusron Hadi, M.M.

Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang tata cara salat Jumat
menurut empat mazhab?” M. Jawad Mughniyah menjelaskannya
1. Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran
dan sunah (hadis Nabi), serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya ilmu
fikih (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
2. Dunia Islam mengenal empat mazhab
terbesar.
a. Mazhab Hanafi.
b. Mazhab Maliki.
c. Mazhab Syafii.
d. Mazhab Hambali.
3. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai
hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam.
4. Masing-masing mazhab mempunyai karakter/keistimewaan
tersendiri.
a. Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin
Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu
fikih di Irak.
b. Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik
bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin
Anas berasal dari Madinah.
c. Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin
Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris
berasal dari Gaza, Palestina.
d. Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin
Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal
berasal dari Baghdad, Irak.
5. Dasar hukum salat Jumat.
a. Semua mazhab sepakat dasar hukum salat
Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah (surah ke-62) ayat 9.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ
لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا
الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Hai orang-orang yang beriman, apabila
diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat
Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu
mengetahui.
6. Lokasi/tempat salat Jumat.
a. Imam Hanafi, Syafii, Hambali berpendapat lokasi/tempat
melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid dan boleh dilaksanakan di
tempat lain, selain masjid.
b. Imam Malik berpendapat salat Jumat harus
dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
7. Jumlah minimal Jamaah salat Jumat.
a. Imam Hanafi berpendapat jumlah jamaah
salat Jumat minimal 5 orang termasuk imam.
b. Imam Maliki berpendapat jumlah jamaah
salat Jumat minimal 13 orang termasuk imam.
c. Imam Hambali dan Syafii berpendapat jumlah
jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.
8. Posisi khatib ketika sedang berkhotbah.
a. Imam Maliki dan Syafii berpendapat khatib
wajib berdiri ketika sedang berkhotbah Jumat.
b. Imam Hanafi dan Hambali berpendapat khatib
tidak wajib berdiri sewaktu sedang berkhotbah Jumat.
9. Materi minimal yang disampaikan seorang
khatib ketika berkhotbah Jumat.
1) Imam Hanafi berpendapat seorang khatib
ketika berkhotbah salat Jumat minimal membacakan hamdalah dan istighfar.
2) Imam Maliki berpendapat seorang khatib
ketika berkhotbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
3) Imam Syafii berpendapat seorang khatib
ketika berkhotbah salat Jumat.
a. Pada khutbah pertama minimal menyampaikan
hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
b. Pada khutbah kedua minimal mengucapkan hamdalah,
selawat Nabi, pesan takwa, dan berdoa untuk semua umat Islam.
4) Imam Hambali berpendapat seorang khatib
ketika berkhotbah salat Jumat minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan
takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
10. Posisi khatib ketika duduk di antara dua khotbah
Jumat.
a. Imam Maliki, dan Hanafi berpendapat khatib
saat Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah.
b. Imam Syafii berpendapat khatib salat
Jumat wajib duduk sebentar di antara dua khutbah.
c. Imam Hambali berpendapat khatib boleh
duduk dan boleh tidak duduk di antara dua khutbah.
11. Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhotbah
Jumat.
a. Imam Maliki berpendapat khatib wajib menggunakan
bahasa Arab ketika berkhotbah dalam salat Jumat.
b. Imam Hanafi, Syafii, dan Hambali
berpendapat khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhotbah salat Jumat.
12. Bacaan surah Al-Quran setelah membaca
surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
a. Imam Maliki berpendapat:
1) Pada
rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Pada rakaat kedua, imam harus membaca
surah Al-Ghosiyah (surah ke-88), setelah
membaca surah Al-Fatihah.
b. Imam Syafii berpendapat:
1) Pada rakaat pertama, imam salat Jumat
harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Pada rakaat kedua, imam harus membaca
surah Al-Munafikun (surah ke-63), setelah membaca surah Al-Fatihah.
c. Imam Hanafi berpendapat:
1) Hukumnya makruh, jika imam salat Jumat, ditentukan
bacaan surahnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
13. Hukum Islam.
1) Wajib adalah perbuatan yang harus
dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan.
2) Sunah adalah perbuatan yang dianjurkan, apabila
dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
3) Mubah adalah pilihan bebas, yaitu perbuatan
yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan.
4) Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan
untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan.
5) Haram adalah perbuatan yang terlarang
untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab,
Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat
Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013.
3. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital
Qur’an Ver 3.2
4. Tafsirq.com online.
0 comments:
Post a Comment