Sunday, March 10, 2019

1987. SALAT JUMAT 4 MAZHAB










SALAT JUMAT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H.M. Yusron Hadi, M.M.

      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang tata cara salat Jumat menurut empat mazhab?” M. Jawad Mughniyah menjelaskannya
1.    Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran dan sunah (hadis Nabi), serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya ilmu fikih (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
2.    Dunia Islam mengenal empat mazhab terbesar.
a.    Mazhab Hanafi.
b.    Mazhab Maliki.
c.    Mazhab Syafii.
d.    Mazhab Hambali.
3.    Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam.
4.    Masing-masing mazhab mempunyai karakter/keistimewaan tersendiri.
a.    Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah).  Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu fikih di Irak.
b.    Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin Anas berasal dari Madinah.
c.    Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris berasal dari Gaza, Palestina.
d.    Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal berasal dari Baghdad, Irak.

5.    Dasar hukum salat Jumat.
a.    Semua mazhab sepakat dasar hukum salat Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah (surah ke-62) ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

       Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.

6.    Lokasi/tempat salat Jumat.
a.    Imam Hanafi, Syafii, Hambali berpendapat lokasi/tempat melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid dan boleh dilaksanakan di tempat lain, selain masjid.
b.    Imam Malik berpendapat salat Jumat harus dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.

7.    Jumlah minimal Jamaah salat Jumat.
a.    Imam Hanafi berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 5 orang termasuk imam.
b.    Imam Maliki berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 13 orang termasuk imam.
c.    Imam Hambali dan Syafii berpendapat jumlah jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.

8.    Posisi khatib ketika sedang berkhotbah.
a.    Imam Maliki dan Syafii berpendapat khatib wajib berdiri ketika sedang berkhotbah Jumat.
b.    Imam Hanafi dan Hambali berpendapat khatib tidak wajib berdiri sewaktu sedang berkhotbah Jumat.

9.    Materi minimal yang disampaikan seorang khatib ketika berkhotbah Jumat.
1)    Imam Hanafi berpendapat seorang khatib ketika berkhotbah salat Jumat minimal membacakan hamdalah dan istighfar.
2)    Imam Maliki berpendapat seorang khatib ketika berkhotbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
3)    Imam Syafii berpendapat seorang khatib ketika berkhotbah salat Jumat.
a.    Pada khutbah pertama minimal menyampaikan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
b.    Pada khutbah kedua minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan berdoa untuk semua umat Islam.
4)    Imam Hambali berpendapat seorang khatib ketika berkhotbah salat Jumat minimal mengucapkan hamdalah, selawat Nabi, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.

10.  Posisi khatib ketika duduk di antara dua khotbah Jumat.
a.    Imam Maliki, dan Hanafi berpendapat khatib saat Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah.
b.    Imam Syafii berpendapat khatib salat Jumat wajib duduk sebentar di antara dua khutbah.
c.    Imam Hambali berpendapat khatib boleh duduk dan boleh tidak duduk di antara dua khutbah.

11. Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhotbah Jumat.
a.    Imam Maliki berpendapat khatib wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhotbah dalam salat Jumat.
b.    Imam Hanafi, Syafii, dan Hambali berpendapat khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhotbah  salat Jumat.

12. Bacaan surah Al-Quran setelah membaca surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
a.    Imam Maliki berpendapat:
1)     Pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2)    Pada rakaat kedua, imam harus membaca surah  Al-Ghosiyah (surah ke-88), setelah membaca surah Al-Fatihah.
b.    Imam Syafii berpendapat:
1)    Pada rakaat pertama, imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2)    Pada rakaat kedua, imam harus membaca surah Al-Munafikun (surah ke-63), setelah membaca surah Al-Fatihah.
c.    Imam Hanafi berpendapat:
1)    Hukumnya makruh, jika imam salat Jumat, ditentukan bacaan surahnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.

13. Hukum Islam.
1)    Wajib adalah perbuatan yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan.
2)    Sunah adalah perbuatan yang dianjurkan, apabila dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
3)    Mubah adalah pilihan bebas, yaitu perbuatan yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan.
4)    Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan.
5)    Haram adalah perbuatan yang terlarang untuk dikerjakan.

Daftar Pustaka.
1.    Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2.    Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013. 
3.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
4.    Tafsirq.com online.



Related Posts:

0 comments:

Post a Comment