SALAT JUMAT EMPAT MAZHAB
Oleh: Drs. H.M. Yusron Hadi, M.M.

Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang tata cara salat Jumat
menurut empat mazhab?” Berikut ini penjelasannya
1. Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran
dan sunah (hadis Nabi), serta memiliki beberapa cabang ilmu, salah satunya “ilmu
fikih” (ilmu yang mempelajari tentang hukum Islam).
2. Dunia Islam mengenal empat mazhab
terbesar, yaitu Mazhab Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali.
3. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai
hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam.
4. Masing-masing mazhab mempunyai “karakter/keistimewaan”
tersendiri.
5. Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin
Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu
fikih di Irak.
6. Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik
bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin
Anas berasal dari Madinah.
7. Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin
Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris
berasal dari Gaza, Palestina.
8. Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin
Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal
berasal dari Baghdad, Irak.
9. Dasar hukum salat Jumat.
a. Semua mazhab sepakat dasar hukum salat
Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah (surah ke-62) ayat 9.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ
لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا
الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Hai orang-orang yang beriman, apabila
diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat
Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.
10. Lokasi/tempat salat Jumat.
a. Menurut Imam Hanafi, Syafii, Hambali lokasi/tempat
melakukan salat Jumat boleh dikerjakan di masjid dan boleh dilaksanakan di
tempat lain, selain masjid.
b. Menurut Imam Malik salat Jumat harus
dilaksanakan di masjid dan dilarang dilakukan di tempat selain masjid.
11. Jumlah minimal Jamaah salat Jumat.
a. Menurut Imam Hanafi jumlah jamaah salat
Jumat minimal 5 orang termasuk imam.
b. Menurut Imam Maliki jumlah jamaah salat
Jumat minimal 13 orang termasuk imam.
c. Menurut Imam Hambali dan Syafii jumlah
jamaah salat Jumat minimal 41 orang termasuk imam.
12. Posisi khatib ketika sedang berkhutbah.
a. Menurut Imam Maliki dan Syafii ketika khatib sedang berkhutbah Jumat,
maka seorang khatib wajib berdiri.
b. Menurut Imam Hanafi dan Hambali ketika
khatib sedang berkhutbah Jumat, maka seorang khatib tidak wajib berdiri.
13. Materi minimal yang disampaikan seorang
khatib ketika berkhutbah Jumat.
a. Menurut Imam Hanafi seorang khatib ketika
berkhutbah salat Jumat minimal membacakan “hamdalah” dan “istighfar”.
b. Menurut Imam Maliki seorang khatib ketika
berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
c. Menurut Imam Syafii seorang khatib ketika
berkhutbah salat Jumat, pada khutbah pertama minimal menyampaikan “hamdalah”, “selawat
Nabi”, pesan takwa, dan membacakan ayat Al-Quran. Pada khutbah kedua minimal mengucapkan
“hamdalah”, selawat Nabi, pesan takwa, dan berdoa untuk semua umat Islam.
d. Menurut Imam Hambali seorang khatib
ketika berkhutbah salat Jumat minimal mengucapkan “hamdalah”, selawat Nabi, pesan
takwa, dan membacakan ayat Al-Quran.
14. Posisi khatib ketika duduk di antara dua
khutbah Jumat.
a. Menurut Imam Maliki, dan Hanafi, khatib saat
Jumat tidak wajib duduk di antara dua khutbah.
b. Menurut Imam Syafii, khatib salat Jumat wajib
duduk sebentar di antara dua khutbah.
c. Imam Hambali menyatakan khatib boleh
duduk atau tidak duduk di antara dua khutbah.
15. Bahasa yang digunakan khatib ketika berkhutbah
Jumat.
a. Menurut Imam Maliki, ketika khatib berkhutbah
Jumat, maka khatib wajib menggunakan bahasa Arab.
b. Menurut Imam Hanafi, Syafii, dan Hambali,
khatib tidak wajib menggunakan bahasa Arab ketika berkhutbah.
16. Bacaan surah Al-Quran setelah membaca
surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
a. Menurut Imam Maliki pada rakaat pertama,
imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), sedangkan pada
rakaat kedua, imam harus membaca surah Al-Ghosiyah (surah ke-88), setelah membaca
surah Al-Fatihah.
b. Menurut Imam Syafii pada rakaat pertama,
imam salat Jumat harus membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62), sedangkan pada
rakaat kedua, imam harus membaca surah Al-Munafikun (surah ke-63), setelah
membaca surah Al-Fatihah.
c. Menurut Imam Hanafi, hukumnya makruh, jika
imam salat Jumat, ditentukan bacaan surahnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
17. Hukum Islam.
a. Wajib adalah perbuatan yang harus
dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan.
b. Sunah adalah perbuatan yang dianjurkan, apabila
dilakukan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.
c. Mubah adalah pilihan bebas, yaitu perbuatan
yang boleh dilakukan dan boleh tidak dikerjakan.
d. Makruh adalah perbuatan yang dianjurkan
untuk ditinggalkan, tetapi tidak berdosa apabila dikerjakan.
e. Haram adalah perbuatan yang terlarang
untuk dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5
mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Asy-Syinawi, Abdul Aziz. Biografi Empat
Mazhab. Penerbit Beirut Publishing. Ummul Qura. Jakarta, 2013.
3. Daftar Pustaka
4. Shihab, M.Quraish. Lentera Hati. Kisah
dan Hikmah Kehidupan. Penerbit Mizan, 1994.
5. Shihab, M. Quraish Shihab. Wawasan
Al-Quran. Tafsir Maudhui atas Perbagai Persoalan Umat. Penerbit Mizan, 2009.
6. Shihab, M.Quraish. E-book Membumikan
Al-Quran.
7. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital
Qur’an Ver 3.2
8. Tafsirq.com online.
0 comments:
Post a Comment