RELA MENERIMA KHILAFIAH
Oleh:
Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M

A. Khilafiah.
1. Khilafiah adalah
perbedaan pendapat di antara para ulama ahli hukum dalam menentukan hukum.
2. Para ulama sepakat
dalam menghadapi khilafiah
1) Menerima, mengakui,
dan toleran adanya perbedaan pendapat yang terjadi.
2) Berusaha memilih pendapat
secara bertanggung jawab.
3) Tidak bersifat mutlak
terhadap pilihan yang lain.
4) Mengutamakan masalah
pokok dibanding masalah khilafiah.
5) Tiap pribadi berhak
memilih dan mengikuti pendapat terbaik yang diyakininya.
6) Menghormati akibat
adanya perbedaan pilihan.
7) Mengakui konsekuensi
logis dari hasil ijtihad.
3. Pendapat orang atau kelompok,
betapapun diyakini kebenarannya masih mungkin terjadi kesalahan.
4. Pendapat orang lain
atau kelompok lain, meskipun dinilai salah masih mungkin terdapat unsur
kebenarannya.
5. Artinya boleh berbeda
pendapat, tetapi dalam dada tidak ada perselisihan.
Contoh terjadinya khilafiah.
B.
Perang Bani Quraizhah.
1. Rasulullah bersabda,”Kalian
jangan salat Asar sebelum sampai di perkampungan Bani Quraizhah”.
2. Perjalanan pasukan ke
Bani Quraizhah perlu waktu lama, hingga jadwal waktu salat Asar hampir habis.
3. Sebagian kelompok
pasukan Islam melakukan salat Asar, sebelum tiba di perkampungan Bani
Quraizhah.
4. Tetapi sebagian
kelompok lagi berpegang pada bunyi teks dan tetap bersikukuh melaksanakan salat
Asar di perkampungan Bani Quraizhah, meskipun waktu Asar sudah berlalu.
5. Perbedaan ini
dilaporkan kepada Rasulullah.
6. Rasulullah membenarkan
kedua kelompok dan tidak menyalahkan siapa pun, meskipun berbeda.
C.
Qunut Subuh.
1.
Mazhab Hanafi.
1)
TIDAK ADA qunut pada salat Subuh.
2.
Mazhab Maliki.
1)
ADA qunut Subuh.
2)
Qunut Subuh dilakukan pada rakaat ke-2 sebelum rukuk.
3.
Mazhab Syafii.
1)
ADA qunut Subuh.
2)
Qunut Subuh dilakukan pada rakaat ke-2 setelah rukuk.
4.
Mazhab Hambali.
1)
TIDAK ADA qunut pada salat Subuh.
D.
Jumlah jemaah salat Jumat.
1.
Mazhab Hanafi.
1)
Minimal 5 orang (termasuk imam).
2.
Mazhab Maliki.
1)
Minimal 13 orang (termasuk imam).
3.
Mazhab Syafii.
1)
Minimal 41 orang (termasuk imam).
4.
Mazhab Hambali.
1)
Minimal 41 orang (termasuk imam).
E.
Tempat salat Jumat.
1.
Mazhab Hanafi.
1)
Boleh di tempat selain masjid.
2.
Mazhab Maliki.
1)
Salat Jumat WAJIB di masjid.
3.
Mazhab Syafii.
1)
Boleh di tempat selain masjid.
4.
Mazhab Hambali.
1)
Boleh di tempat selain masjid.
F.
Posisi khatib sedang khotbah Jumat.
1.
Mazhab Hanafi.
1)
Khatib TIDAK WAJIB berdiri.
2.
Mazhab Maliki.
1)
Khatib berkhotbah Jumat WAJIB berdiri.
3.
Mazhab Syafii.
1)
Khatib berkhotbah Jumat WAJIB berdiri.
4.
Mazhab Hambali.
1)
Khatib TIDAK WAJIB berdiri.
G.
Khatib duduk di antara 2 khotbah Jumat.
1.
Mazhab Hanafi.
1)
Khatib TIDAK WAJIB duduk sebentar.
2.
Mazhab Maliki.
1)
Khatib WAJIB duduk sebentar.
3.
Mazhab Syafii.
1)
Khatib WAJIB duduk sebentar.
4.
Mazhab Hambali.
1)
Khatib TIDAK WAJIB duduk sebentar.
H.
Bahasa khatib ketika khotbah Jumat.
1.
Mazhab Hanafi.
1)
TIDAK WAJIB dengan bahasa Arab.
2.
Mazhab Maliki.
1)
Khotbah Jumat WAJIB dengan bahasa Arab.
3.
Mazhab Syafii.
1)
TIDAK WAJIB dengan bahasa Arab.
4.
Mazhab Hambali.
1)
TIDAK WAJIB dengan bahasa Arab.
I.
Materi minimal khotbah Jumat.
1.
Mazhab Hanafi.
1)
Membaca hamdalah dan istigfar.
2.
Mazhab Maliki.
1)
Menyampaikan pesan takwa.
3.
Mazhab Syafii.
1) Khotbah ke-1:
a. Hamdalah.
b. Selawat
Nabi.
c. Pesan
takwa.
d. Membaca
ayat Al-Quran.
2) Khotbah
ke-2:
a. Hamdalah.
b. Selawat
Nabi.
c. Pesan
takwa.
d. Berdoa
untuk semua umat Islam.
4.
Mazhab Hambali.
1) Mengucapkan
hamdalah.
2) Selawat
Nabi.
3) Pesan
takwa.
4) Membaca
ayat Al-Quran.
J.
Bacaan imam salat Jumat setelah Fatihah.
1.
Mazhab Hanafi.
1)
Hukumnya makruh, jika ditentukan bacaannya.
2.
Mazhab Maliki.
1) Pada
rakaat ke-1, membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Pada
rakaat ke-2, membaca surah Al-Ghosiyah
(surah ke-88).
3. Mazhab
Syafii.
1) Pada
rakaat ke-1, imam surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Pada
rakaat ke-2, imam membaca surah Al-Munafikun (surah ke-63).
4. Mazhab
Hambali.
1) –
K.
Bahasa khatib sewaktu khotbah Jumat.
1.
Mazhab Hanafi.
1)
TIDAK WAJIB dengan bahasa Arab.
2.
Mazhab Maliki.
1)
Khotbah Jumat WAJIB dengan bahasa Arab.
3.
Mazhab Syafii.
1)
TIDAK WAJIB dengan bahasa Arab.
4.
Mazhab Hambali.
1)
TIDAK WAJIB dengan bahasa Arab.
L.
Hukum najis anjing.
- Mazhab Hanafi.
1) Jilatan anjing adalah
najis.
2) Harus dibasuh 7 kali,
yang 1 kali dengan tanah.
- Mazhab Maliki.
1) Jilatan anjing TIDAK najis.
2) Harus dibersihkan 7
kali, yang 1 kali dengan tanah, karena ibadah.
3) Terdapat riwayat zaman
Rasulullah ada anjing keluar masuk masjid dan bekasnya tidak dibasuh.
4) Dibolehkan makan hewan
hasil buruan anjing dan tidak disuruh mencucinya terlebih dahulu.
5) Rasulullah
bersabda,”Cara mencuci bejana yang dijilat anjing adalah dengan dibasuh 7 kali,
yang salah satunya dicampur dengan tanah.”
6) Bejana dijilat kucing,
sapi, atau kambing juga harus dicuci, bukan hanya dijilat anjing.
- Mazhab Syafii.
1) Jilatan anjing adalah
najis.
2) Harus dibasuh 7 kali,
yang 1 kali dengan tanah.
- Mazhab Hambali.
1) Jilatan anjing adalah
najis.
2) Harus dibasuh 7 kali,
yang 1 kali dengan tanah.
M.
Penjelasan.
1. Dalam bahasa agama,
hal seperti ini disebut “tannawu’ al-ibadah” (keragaman cara beribadah).
2. Dalam ilmu ushul
sebagian ulama menganut prinsip, “Belum ada keketapan hukum Allah, sebelum ada
ijtihad dari seorang mujtahid”.
3. Mujtahid ialah orang
yang memiliki otoritas menentukan sebuah hukum.
4. Hukum Allah sesuai
dengan keputusan pemilik otoritas hukum.
5. Meskipun keputusannya
berbeda.
6. Semuanya diperbolehkan
dan direstui oleh Allah, meskipun hasilnya tidak sama.
7. Keputusan adalah hak
pemilik otoritas.
8. Meskipun dia mengambil
keputusan terbukti salah, masih tetap direstui Allah.
9. Bahkan dia mendapat 1
pahala, kerena kesungguhannya dalam mencari kebenaran.
10. Umat Islam harus ikhlas
menerima perbedaan khilafiah.
Daftar Pustaka
1. Mughniyah,
Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad JawadMughniyah. PenerbitLentera
Jakarta, 2007)
2.
Shihab, M.Quraish. Lentera Hati. Kisah dan Hikmah Kehidupan.
Penerbit Mizan, 1994.
3.
Shihab, M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Quran. Tafsir Maudhui atas
Perbagai Persoalan Umat. Penerbit Mizan, 2009.
4.
Shihab, M.Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.
5.
Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
6.
Tafsirq.com online.
0 comments:
Post a Comment