Sunday, March 29, 2020

4000. MUALAF PENEMU ALAT CORONA


MUALAF PENEMU ALAT CORONA
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

1.    Mengenal Ilmuwan Muslim Penemu Alat Deteksi Corona
2.    Seorang ilmuwan Muslim Singapura untuk pertama kalinya meraih penghargaan profesional tertinggi untuk para akademisi penemu.
3.    Profesor Jackie Y. Ying, Direktur Eksekutif Institut Bioteknologi dan Nanoteknologi (IBN), telah dinobatkan sebagai Rekan Akademi Penemu Nasional Amerika Serikat (NAI).
4.    Menurut NAI, status diberikan kepada akademisi penemu yang telah menunjukkan semangat inovasi dalam menciptakan atau memfasilitasi penemuan luar biasa yang telah berkontribusi pada masyarakat.
5.    Prof Ying, 51, lahir di Taiwan tetapi warga negara Amerika yang dibesarkan di Singapura dan New York, adalah salah satu dari 155 penemu dari seluruh dunia yang menerima kehormatan tahun ini.
6.    NAI adalah organisasi anggota nirlaba yang didirikan pada 2010 untuk mencari para penemu dengan paten yang dikeluarkan dari Kantor Paten dan Merek Dagang AS.
7.    Berbasis di Florida, AS, tujuan NAI adalah untuk membuat teknologi dan inovasi akademik lebih terlihat dan menerjemahkan penemuan anggotanya untuk bermanfaat bagi masyarakat.
8.    “Merupakan kehormatan besar untuk dinobatkan sebagai anggota Akademi Penemu Nasional AS,” kata Prof Ying dalam pernyataan yang dirilis pada hari Selasa (12 Desember) oleh Badan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Penelitian, atau A * Star, yang mana IBN berada di bawahnya.
9.    Prof Ying, seorang insinyur kimia dengan pelatihan khusus, bergabung dengan tim terpilih lebih dari 900 peneliti di seluruh dunia yang telah diberi status Fellow NAI.
10. Ia termasuk Siswa 2017 memegang hampir 6.000 paten AS yang dikeluarkan, menjadikan jumlah paten yang dimiliki oleh semua Siswa lebih dari 32.000.
11. Kelompok ini mencakup 29 Penerima Nobel seperti ilmuwan bahan-bahan Amerika kelahiran Jepang Shuji Nakamura dan ahli biokimia Amerika Paul Modrich, dan lebih dari 100 presiden dan pemimpin senior universitas riset dan lembaga penelitian nirlaba.
12. “Setelah kuliah di Thomas Edison, saya selalu terinspirasi untuk menjadi penemu.
13. Untuk dapat membuat dampak sosial melalui terobosan teknologi dan inovasi adalah aspek penelitian yang paling menarik,” kata Prof Ying, yang lulus pada 1987 dari Union Cooper New York, sebuah perguruan tinggi yang menganggap Edison sebagai alumnus.
14. Prof Ying melanjutkan untuk bergabung dengan fakultas teknik kimia di Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1992, dan menjadi profesor penuh termuda pada usia 35 pada tahun 2001.
15. Dia memiliki lebih dari 180 paten utama dan aplikasi paten.
16. Tiga puluh dua patennya telah dilisensikan ke perusahaan multinasional dan start-up untuk berbagai aplikasi dalam pengobatan nano, pengiriman obat, rekayasa sel dan jaringan, implan medis, biosensor dan perangkat medis, misalnya.
17. Penemuannya juga mengarah pada pendirian 11 spin-off, salah satunya – SmartCells Inc – telah mengembangkan teknologi yang mampu mengatur secara autoregulasi pelepasan insulin, tergantung pada kadar glukosa darah untuk pengobatan diabetes.
18. Perusahaan ini diakuisisi oleh raksasa farmasi Merck pada 2010, dengan pembayaran agregat berbasis tonggak lebih dari US $ 500 juta (S $ 676 juta) untuk lebih mengembangkan obat nano ini untuk uji klinis.
19. Profesor Kenneth Smith, ketua Dewan Penasihat Ilmiah IBN, mengatakan: “Prof Ying telah mengumpulkan catatan luar biasa dari kontribusi ilmiah bahwa ia telah beralih ke penemuan penting dan kemudian ke usaha komersial baru yang signifikan.”
20. Dia mengatakan bakatnya telah “benar-benar berkembang” sejak datang ke Singapura.
21. Prof Smith, juga Edwin R. Gilliland, Profesor Teknik Kimia (Emeritus) di MIT, menambahkan: “Ketika dia tiba, ekonomi Singapura tidak terlalu berjiwa wirausaha, tetapi 13 perusahaan pemula baru sejak itu telah berhasil dipisahkan dari IBN, dan pencapaian ini sekarang berfungsi sebagai model peran untuk lembaga penelitian lain dan untuk penemu calon lainnya. ”
22. Prof Ying, yang memiliki anak perempuan berusia 16 tahun, mengatakan langkah selanjutnya adalah mendirikan inkubator untuk membantu spin off perusahaan di sektor medtech dan biotek.
23. “Sangat memuaskan untuk menciptakan budaya inovatif di IBN,” katanya, seraya menambahkan bahwa ini mempromosikan kolaborasi internal dan eksternal dan mendorong siswa dalam Program Penelitian Pemuda IBN untuk mengejar karir penelitian.
24. Prof Ying telah memenangkan serangkaian penghargaan internasional untuk penemuannya.

25. Misalnya, ia dinobatkan sebagai salah satu dari “100 Insinyur Era Modern” oleh Institut Insinyur Kimia Amerika pada 2008.
26. Prof Ying, yang masuk Islam pada usia 30-an, juga merupakan pemenang perdana US $ 500.000 (S $ 676.000) Mustafa Prize Award Top Scientific Achievement Award pada 2015 untuk inovasinya dalam teknologi bionanoteknologi.
27. Hadiah ini diberikan oleh pemerintah Iran kepada para peneliti Muslim terkemuka.

(Sumber: internet)
http://img.mysharing.co/htttp:/mysharing.co/wp-content/uploads/2020/03/ying2-770x403.jpg

0 comments:

Post a Comment