Wednesday, August 11, 2021

10859. MENGENAL GUA HIRA (GHAR HIRA )DI MEKAH

 









MENGENAL GUA HIRA  (GHAR HIRA) DI MEKAH

Oleh: Drs. H. M.  Yusron Hadi, M.M.

 

 

Gua Hira berada di puncak  Gunung Nur (Jabal Nur).

 

Jabal Nur terletak di sebelah timur laut Masjidil Haram.

Sekitar 7 km dari Mekah.

 

Untuk mendaki Jabal Nur sampai puncaknya perlu waktu sekitar 1 jam tanpa berhenti.

 

Di Gua Hira ini Nabi Muhammad  sering menyendiri dan beribadah.

 

Sebelum diangkat menjadi utusan Allah.

 

Posisi dan Ukuran Gua Hira

1.      Posisi Gua Hira dari permukaan tanah sekitar 281 meter.

2.      Tinggi dari permukaan air laut sekitar 621 meter.

 

3.      Lubang mulut Gua Hira tak terlalu besar.

4.      Pintu Gua Hira menghadap ke utara.

5.      Panjangnya gua sekitar 3 meter.

6.      Lebarnya gua tak menentu, yang paling besar 1,3 meter.

 

7.      Tingginya gua sekitar 2 meter.

 

8.      Jika ingin masuk ke dalam gua, harus melewati celah di antara 2 batu, yang lebarnya sekitar 60 cm.

 

9.      Ruangan gua cukup dipakai salat 2 orang saja.

 

10.               Di bagian kanan gua ada teras dari batu yang cukup dipakai 1 orang duduk.

 

Gua Hira adalah tempat nabi Muhammad menerima wahyu awal.

Yaitu surah Al-Alaq.

 

Al-Quran surah Al-Alaq (surah ke-96) ayat 1-5.

 

اقْرَØ£ْ بِاسْÙ…ِ رَبِّÙƒَ الَّØ°ِÙŠ Ø®َÙ„َÙ‚َ

 

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.

 

Ø®َÙ„َÙ‚َ الْØ¥ِÙ†ْسَانَ Ù…ِÙ†ْ عَÙ„َÙ‚ٍ

 

Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

 

 

اقْرَØ£ْ ÙˆَرَبُّÙƒَ الْØ£َÙƒْرَÙ…ُ

 

Bacalah, dan Tuhanmu Yang Maha Pemurah.

 

الَّØ°ِÙŠ عَÙ„َّÙ…َ بِالْÙ‚َÙ„َÙ…ِ

 

Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam.

 

عَÙ„َّÙ…َ الْØ¥ِÙ†ْسَانَ Ù…َا Ù„َÙ…ْ ÙŠَعْÙ„َÙ…ْ

 

Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

 

Rasulullah melihat malaikat Jibril di dekat Gua Hira.

 

Dalam suatu riwayat.

Jabal Nur berseru kepada Rasulullah,

“Tinggallah di Hira sini….”.

 

Pada tahun 2018.

Pemerintah Arab Saudi memasang papan pengumuman.

 

Dalam berbagai bahasa di kaki Jabal Nur.

Yang isinya Rasulullah tidak mensyariatkan untuk ziarah ke Gua Hira.

 

Pemerintah Arab Saudi tak memperbaiki jalan untuk mendaki ke Gua Hira.

 

Tapi, beberapa orang dengan inisiatif sendiri membuat jalan setapak ke Gua Hira.

 

Mungkin mereka yang punya toko tempat berjualan.

 

Di sepanjang jalan setapak yang dilewati untuk naik dan turun.

 

Disiapkan tenda tempat berteduh untuk istirahat sejenak.

 

Juga tempat menjual makanan dan minuman ringan.

 

Pemerintah Arab Saudi tak menganjurkan, tapi juga tak melarang ziarah ke Gua Hira.

 

Tiap tahun jemaah yang mendaki ke Gua Hira selalu berjubel.

 

Karena ingin mengenang sejarah Rasulullah.

 

 

Daftar Pustaka

1.      Ghani, Muhammad Ilyas Abdul. Sejarah Masjid Nabawi. Madinah 2017.

2.      Ghani, Muhammad Ilyas Abdul. Sejarah Mekah. Mekah 2017.

3.      Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2

4.      Tafsirq.com online

 

0 comments:

Post a Comment