Tuesday, January 29, 2019

1844. DOBEL MAF'UUL BIH




















DOBEL MAF’UUL BIH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
      Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang dobel maf’uul bih dalam struktur kalimat bahasa Arab?” Tim Badar Online menjelaskannya
1.    Man-shuu-baa-tul as-maa, مَنْصُوْبَاتُ الأَسْمَاءِ   adalah keadaan dinashobkannya isim (kata benda) atau isim (kata benda) menjadi berbentuk nashob (fathah).
2.    Manshubaatul asmaa,   مَنْصُوْبَاتُ الأَسْمَاءِ  dibagi dalam 12 kelompok.
1)    Maf’uul bih,   اَلْمَفْعُوْلُ بِهِ
2)    Maf’uul fiih,    اَلْمَفْعُوْلُ فِيْهِ
3)    Maf’uul liajlih,    اَلْمَفْعُوْلُ ِلأَجْلِهِ
4)    Maf’uul muthlaq,  اَلْمَفْعُوْلُ الْمُطْلَقُ
5)    Ma’fuul ma’ah,  لْمَفْعُوْلَُُ مَعَهُ
6)    Haal,   اَلْحَالُ
7)    Tamyiiz,   اَلتَّمْيِِِِِيْزُ 
8)    Mustatsnaa,    اَلْمُسْتَثْنَى
9)    Khobar kaana,   خَبَرُ كَانَ
10) Isim inna,    اِسْمُ إِنَّ
11) Munaadaa,    لْمُنَادَى
12) Tawaabik,     اَلتَّوَابِعُ


3.    Maf’uul bih,     اَلْمَفْعُوْلُ بِهِ     adalah isim (kata benda) yang menjadi objek dari pelaku.
4.    Maf’uul bih (objek) dalam sebuah kalimat selalu berbentuk manshub (nashob/fathah).

5.    Objek (menurut KBBI V) dapat diartikan “hal, perkara, atau orang yang menjadi pokok pembicaraan”, atau “benda, hal, dan sebagainya yang dijadikan sasaran untuk diteliti, diperhatikan, dan sebagainya.

6.    Contoh penggunaan lebih dari satu maf’ul bih (objek) dalam sebuah kalimat.
a.    أَعْطَى الْمُدَرِّسُ مُحَمَّدًا جَائِزَةً    (a’-thaa al-mu-dar-ri-su mu-ham-ma-dan jaa-i-za-tan) = (Pengajar itu memberi Muhammad hadiah)
1)    Fi’ilnya (kata kerjanya) adalah “a’-thaa”   أَعْطَى (memberi)
2)    Fa’ilnya (pelakunya) adalah “al-mu-dar-ri-su” الْمُدَرِّسُ   (pengajar)
3)    Maf’uul bihnya (objeknya) yang ke-1 adalah “mu-ham-ma-dan”   مُحَمَّدًا    (Muhammad)
4)    Maf’uul bihnya (objeknya) yang ke-2 adalah “jaa-i-za-tan”   جَائِزَةً    (hadiah)


b.    عَلَّمَ الأُسْتَاذُ الطُّلاَّبَ عِلْمَ النَّحْوِ    (‘a-lla-ma al-us-taa-du ath-thal-li-ba ‘il-ma an-nah-wi) = (Guru itu mengajarkan para murid ilmu nahwu)
1)    Fi’ilnya (kata kerjanya) adalah “al-la-ma”         عَلَّمَ  (mengajarkan)
2)    Fa’ilnya (pelakunya) adalah “al-us-taa-dzu”   الأُسْتَاذُ    (guru itu)
3)    Maf’ul bihnya (objeknya) yang ke-1 adalah “ath-thaal-li-ba”   الطُّلاَّبَ        (murid)
4)    Maf’ul bihnya (objeknya) yang ke-2  adalah “il-ma”  عِلْمَ   (ilmu)
5)    Mudhaf ilaihnya  adalah “an-nah-wi” النَّحْوِ  (nahwu)


c.    ظَنَنْتُ عَلِيًّا مَرِيْضًا    (Aku menyangka Ali sakit)
1)    Fi’ilnya (kata kerjanya) adalah “dha-nan”      ظَنَنْتُ   (menyangka) yang tersembunyi dalam “dha-nan-tu”  ظَنَنْتُ   (aku menyangka).
2)    Fa’ilnya (pelakunya) adalah “a-naa” (aku) yang tersembunyi dalam “dha-nan-tu”  ظَنَنْتُ   (aku menyangka).
3)    Maf’ul bihnya (objeknya) yang ke-1 adalah “a-liy-yan”           عَلِيًّا (Ali).
4)    Maf’ul bihnya (objeknya) yang ke-2 adalah “ma-rii-dhan”      مَرِيْضًا   (sakit).


7.    Kalimat yang mempunyai lebih dari satu maf’ull bih (objek) biasanya memuat kata berikut ini.
a.    “a’-thaa”         أَعْطَى   (memberi).
1)    Maf’ul bih (objek) yang ke-1 adalah “orang yang diberi”.
2)    Maf’ul bih (objek) yang ke-2 adalah “sesuatu yang diberikan”.

b.    “al-la-ma”       عَلَّمَ   (mengajar).
1)    Maf’ul bih (objek) yang ke-1 adalah “orang yang diajari”.
2)    Maf’ul bih (objek) yang ke-2 adalah “pelajaran yang diajarkan”.

c.    “dha-nan”      ظَنَنْتُ  (menyangka).
1)    Maf’ul bih (objek) yang ke-1 adalah “orang yang disangka”.
2)    Maf’ul bih (objek) yang ke-2 adalah “sesuatu yang disangkakan”.



Daftar Pustaka.
1.    Tim Badar Online Wisma Misfallah Thalabul Ilmi (MTI), Pogung Kidul 8C, RT 01/RW 49, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, 55284
2.    E-mail: onlinebadar@yahoo.com

0 comments:

Post a Comment