Monday, March 9, 2020

3811. AKHLAK MAKRUF


AKHLAK MAKRUF
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

1.    Kata “akhlak” (menurut KBBI V) dapat diartikan “budi pekerti”, “kelakuan”, “tingkah laku”, “perangai”, “tabiat”, dan “watak”.
2.    Para ulama menjelaskan bahwa kata “akhlak” meskipun terambil dari bahasa  Arab yang  biasanya diartikan “tabiat”, “perangai”, “kebiasaan”, dan “agama”, tetapi  kata “akhlak” tidak ditemukan dalam Al-Quran.
3.    Yang ditemukan hanya bentuk tunggal dari “akhlak” yaitu “khuluq”.
4.    Yang  tercantum  dalam Al-Quran surah Al-Qalam (surah ke-68) ayat 4.
5.    Ayat ini dinilai sebagai “konsiderans” Nabi Muhammad sebagai Rasul.
6.    Konsiderans adalah petimbangan yang menjadi dasar pengangkatan.


7.    Al-Quran surah Al-Qalam (surah ke-68) ayat 4.

  وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ
    
      Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.

8.    Kata “akhlak” banyak ditemukan dalam hadis Nabi Muhammad.
9.    Hadis paling populer adalah, “Aku hanya diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia”.

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ

      Sesungguhnya, aku hanya diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.

10. Para ulama menjelaskan bahwa “akhlak” (kelakuan manusia) sangat beragam dalam kebaikan dan keburukan serta aneka macam objeknya.
11. Al-Quran surah Al-Lail (surah ke-92) ayat 4.
إِنَّ سَعْيَكُمْ لَشَتَّىٰ

            Sesungguhnya usahamu memang berbeda-beda.
12. Para  ahli sering membahas tentang sikap dan perilaku yang baik dan buruk, serta tentang penyebab munculnya sikap dan perilaku tersebut.
13. Apakah kelakuan itu hasil pilihan manusia sendiri, atau berada di luar kemampuan manusia? 
14. Manusia memiliki potensi menjadi orang baik, atau sebaliknya menjadi orang  jelek.

15. Al-Quran surah Al-Balad (surah ke-90) ayat 10.
وَهَدَيْنَاهُ النَّجْدَيْنِ

            Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan.

16. Al-Quran surah Asy-Syams (surah ke-91) ayat 7-8.  

وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا

       Dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya.

17.  Manusia mempunyai potensi baik dan buruk tertanam dalam dirinya.
18. Dalam Al-Quran bahwa kebajikan terlebih dahulu menghiasi manusia daripada kejahatan.
19. Artinya manusia pada dasarnya cenderung kepada kebajikan.

20. Al-Quran surah Thaha (surah ke-20) ayat 121.

فَأَكَلَا مِنْهَا فَبَدَتْ لَهُمَا سَوْآتُهُمَا وَطَفِقَا يَخْصِفَانِ عَلَيْهِمَا مِنْ وَرَقِ الْجَنَّةِ ۚ وَعَصَىٰ آدَمُ رَبَّهُ فَغَوَىٰ
  
      Maka keduanya (Adam dan Hawa) memakan dari buah pohon itu, lalu nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun (yang ada di) surga, dan durhakalah Adam kepada Tuhan dan sesatlah dia.

21. Sebelum Nabi Adam dan Hawa digoda iblis dan menjadi durhaka, keduanya orang yang baik, karena tidak pernah mengerjakan hal yang buruk.
22. Akibat tergoda setan, maka keduanya menjadi tersesat.
23. Nabi Adam dan Hawa kemudian bertobat kepada Allah, sehingga keduanya kembali kepada kesuciannya. 
24. Semua manusia cenderung kepada kebaikan.
25. Hal ini terbukti dalam persamaan konsep  pokok  moral  pada  setiap peradaban dan zaman.
1)    Misalnya, semua manusia pada zaman kapan pun dan di mana pun pasti menganggap dan menilai bahwa kebohongan, penipuan, dan keangkuhan adalah jelek.
2)    Dan menilai penghormatan  kepada  kedua  orang tua  adalah baik.
26. Cara dan bentuk penghormatan kepada orang tua dapat berbeda antara  generasi dan masyarakat berbeda zaman.
27. Selama perbedaan yang terjadi masih dinilai baik dan wajar dalam masyarakat umum, maka hal itu tetap bernilai “makruf” (baik).

Daftar Pustaka
1.    Shihab, M.Quraish. Lentera Hati. Kisah dan Hikmah Kehidupan. Penerbit Mizan, 1994.   
2.    Shihab, M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Quran. Tafsir Maudhui atas Perbagai Persoalan Umat. Penerbit Mizan, 2009.
3.    Shihab, M.Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.
4.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5.    Tafsirq.com online.      



Related Posts:

0 comments:

Post a Comment