Wednesday, May 17, 2023

18908. KHILAFIAH SALAT JUMAT 4 MAZHAB

 



KHILAFIAH SALAT JUMAT 4 MAZHAB

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M

 

 

 

Khilafiah.

Yaitu beda pendapat.

Para ulama ahli hukum.

Dalam tentukan hukum.

 

  Cara hadapi khilafiah.

 

1)           Menerima dan toleran beda pendapat.

 

2)           Pilih pendapat bertanggung jawab.

 

 

3)    Tak bersifat mutlak terhadap pilihan lain.

 

4)    Mengutamakan masalah pokok dibanding masalah khilafiah.

 

5)    Tiap pribadi berhak memilih dan ikut pendapat terbaik yang diyakininya.

 

6)    Menghormati beda pilihan.

 

 

Konsekuensi logis hasil ijtihad.

 

1)           Pendapat orang atau kelompok.

Betapapun diyakini benar.

Masih mungkin salah.

 

2)           Pendapat orang lain atau kelompok lain.

Meskipun dinilai salah.

Masih mungkin ada unsur benar.

 

Boleh beda pendapat.

Tapi dalam dada tak ada sengketa.

 

 

Khilafiah cara salat Jumat.

 

1.         Jumlah jemaah.

 

1)        Mazhab Hanafi.

Minimal 5 orang (termasuk imam).

 

2)        Mazhab Maliki.

Minimal 13 orang (termasuk imam).

 

3)        Mazhab Syafii.

Minimal 41 orang (termasuk imam).

 

4)        Mazhab Hambali.

Minimal 41 orang (termasuk imam).

 

2.        Tempat salat.

 

1)        Mazhab Hanafi.

Boleh di tempat selain masjid.

 

2)        Mazhab Maliki.

Salat Jumat WAJIB di masjid.

 

3)        Mazhab Syafii.

Boleh di tempat selain masjid.

 

4)        Mazhab Hambali.

Boleh di tempat selain masjid.

 

3.        Posisi khatib saat khotbah.

 

1)      Mazhab Hanafi.

Khatib TAK WAJIB berdiri.

 

2)        Mazhab Maliki.

Khatib WAJIB berdiri.

 

3)        Mazhab Syafii.

Khatib WAJIB berdiri.

 

4)        Mazhab Hambali.

Khatib TAK WAJIB berdiri.

 

4.        Khatib duduk di antara 2 khotbah.

 

1)        Mazhab Hanafi.

Khatib TAK WAJIB duduk sebentar.

 

2)        Mazhab Maliki.

Khatib WAJIB duduk sebentar.

 

3)        Mazhab Syafii.

Khatib WAJIB duduk sebentar.

 

4)        Mazhab Hambali.

Khatib TAK WAJIB duduk sebentar.

 

5. Bahasa khatib saat khotbah.

1)        Mazhab Hanafi.

TAK WAJIB pakai bahasa Arab.

 

2)        Mazhab Maliki.

WAJIB pakai bahasa Arab.

 

3)        Mazhab Syafii.

TAK WAJIB dengan bahasa Arab.

 

4)        Mazhab Hambali.

TAK WAJIB dengan bahasa Arab.

 

 

5.        Materi minimal khotbah.

 

Mazhab Hanafi.

Membaca hamdalah dan istigfar.

 

Mazhab Maliki.

Menyampaikan pesan takwa.

 

Mazhab Syafii.

 

1)           Khotbah ke-1:

 

a.      Hamdalah.

b.      Selawat Nabi.

c.      Pesan takwa.

d.      Membaca ayat Al-Quran.

 

2)           Khotbah ke-2:

 

a.        Hamdalah.

b.        Selawat Nabi.

c.        Pesan takwa.

d.        Berdoa bagi semua umat Islam.

 

Mazhab Hambali.

 

1)    Mengucapkan hamdalah.

2)    Selawat Nabi.

3)    Pesan takwa.

4)    Membaca ayat Al-Quran.

 

6.        Bacaan imam.

Setelah Fatihah.

 

Mazhab Hanafi.

 

Hukumnya makruh.

Jika ditentukan bacaannya.

 

Mazhab Maliki.

 

Pada rakaat ke-1.

Baca surah  Al-Jumuah

(surah ke-62).

 

Pada rakaat ke-2.

Baca surah  Al-Ghosiyah

(surah ke-88).

 

Mazhab Syafii.

 

Rakaat ke-1.

Baca surah Al-Jumuah.

 (surah ke-62).

 

Rakaat ke-2.

Baca surah Al-Munafikun

(surah ke-63).

 

Mazhab Hambali.

 –

 

Daftar Pustaka

1.    Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. PenerbitLentera Jakarta, 2007)

2.    Shihab, M.Quraish. Lentera Hati. Kisah dan Hikmah Kehidupan. Penerbit Mizan, 1994.  

3.    Shihab, M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Quran. Tafsir Maudhui atas Perbagai Persoalan Umat. Penerbit Mizan, 2009.

4.    Shihab, M.Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.

5.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2

6.    Tafsirq.com online.     

 

 

0 comments:

Post a Comment