Wednesday, August 12, 2020

5125. FUNGSI HADIS TERHADAP AL-QURAN


FUNGSI HADIS TERHADAP ALQURAN
Oleh: Drs. H. Yusron Hadi, M.M.

1.    Al-Quran menekankan bahwa Nabi Muhammad berfungsi menjelaskan maksud firman Allah.
2.    Al-Quran surah An-Nahl (surah ke-16) ayat 44.

     بِٱلْبَيِّنَٰتِ وَٱلزُّبُرِ ۗ وَأَنزَلْنَآ إِلَيْكَ ٱلذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ

      Keterangan-keterangan (mukjizat) dan kitab-kitab. Dan Kami turunkan kepadamu Al-Quran, agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan.
3.    Penjelasan dalam pandangan ulama beraneka ragam bentuk, sifat, dan fungsinya.
4.    Para ulama menjelaskan 2 fungsi utama hadis, yaitu:
1)    Bayan Ta’kid.
2)    Bayan Tafsir.
5.    Bayan Ta’kid adalah sekadar menguatkan masalah yang terdapat dalam Al-Quran.
6.    Bayan Tafsir adalah memperjelas, memerinci, dan  membatasi pengertian lahir ayat Al-Quran.
7.    Para ulama berbeda pendapat tentang, “Apakah Hadis dapat berfungsi menetapkan hukum baru yang belum ditetapkan dalam Al-Quran?”
8.    Pendapat ke-1: Hadis dapat berfungsi menetapkan hukum baru yang belum terdapat dalam Al-Quran.
1)    Mereka beralasan Rasulullah adalah “maksum.’
2)    Maksum artinya Rasulullah terjaga dari berbuat dosa dan kesalahan, terutama dalam bidang syariat.
3)    Apalagi banyak ayat Al-Quran menunjukkan wewenang Rasulullah untuk dipatuhi.
9.    Pendapat ke-2: Hadis tidak dapat berfungsi menetapkan hukum baru yang belum terdapat dalam Al-Quran.
1)    Kelompok ini berpendapat sumber hukum hanya Allah.
2)    Sehingga Nabi pun harus merujuk kepada ayat Allah, ketika hendak menetapkan suatu hukum.

10. Misalnya, Rasulullah pernah melarang seorang suami memadu istrinya.
11. Ketika suami itu akan menikah lagi dengan bibi dari pihak ibu atau bapaknya istri.
12. Yang pada zahirnya berbeda dengan surah An-Nisa (surah ke-4) ayat 24.
13. Pada hakikatnya Rasulullah memberi penjelasan firman Allah.
14. Al-Quran surah An-Nisa (surah ke-4) ayat 24.

۞ وَٱلْمُحْصَنَٰتُ مِنَ ٱلنِّسَآءِ إِلَّا مَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۖ كِتَٰبَ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ ۚ وَأُحِلَّ لَكُم مَّا وَرَآءَ ذَٰلِكُمْ أَن تَبْتَغُوا۟ بِأَمْوَٰلِكُم مُّحْصِنِينَ غَيْرَ مُسَٰفِحِينَ ۚ فَمَا ٱسْتَمْتَعْتُم بِهِۦ مِنْهُنَّ فَـَٔاتُوهُنَّ أُجُورَهُنَّ فَرِيضَةً ۚ وَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيمَا تَرَٰضَيْتُم بِهِۦ مِنۢ بَعْدِ ٱلْفَرِيضَةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا

      Dan (diharamkan juga kamu mengawini) wanita yang bersuami, kecuali budak-budak yang kamu miliki (Allah telah menetapkan hukum itu) sebagai ketetapan-Nya atas kamu. Dan dihalalkan bagi kamu selain yang demikian (yaitu) mencari istri-istri dengan hartamu untuk dikawini bukan untuk berzina. Maka istri-istri yang telah kamu nikmati (campuri) di antara mereka, berikan kepada mereka maharnya (dengan sempurna), sebagai suatu kewajiban; dan tidak mengapa bagi kamu terhadap sesuatu yang kamu telah saling merelakannya, sesudah menentukan mahar itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

15. Para ulama berpendapat jika menemukan riwayat atau hadis sejalan dengan Al-Quran, maka mereka menerimanya.
16. Tetapi, jika terdapat hadis tidak sejalan dengan Al-Quran, maka mereka menolaknya, karena Al-Quran lebih utama untuk diikuti.
17. Para ulama berpendapat penolakan suatu satu hadis sanadnya sahih, tidak boleh dilakukan oleh ulama, kecuali setelah menganalisis secara mendalam dalam segala seginya.
18. Jika masih terdapat pertentangan antara Hadis dengan Al-Quran, maka harus  mempertahankan wahyu yang diterima secara meyakinkan.
19. Yaitu harus menerima Al-Quran.
20. Dan terpaksa mengabaikan hadis atau sunah yang tidak meyakinkan. 

Daftar Pustaka.
1.    Shihab, M.Quraish. Lentera Hati. Kisah dan Hikmah Kehidupan. Penerbit Mizan, 1994.
2.    Shihab, M.Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.
3.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.
4.    Tafsirq.com online

0 comments:

Post a Comment