HUKUMNYA MENGKRITIK PEMERINTAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.
Pemerintah yang baik.
Jika sistem pengawasan berjalan dengan baik.
Salah satu yang berfungsi sebagai pengawas.
Yaitu rakyat.
Salah satu bentuk pengawasan rakyat.
Yaitu memberi kritik.
Jika keliru atau membuat kebijakan.
Yang tak berpihak pada rakyat.
Umat lslam perlu aktif.
Dalam hidup berbangsa dan bernegara.
Tidak boleh apatis (masa bodoh).
Dalam kehidupan politik.
Lewat berbagai saluran secara positif.
Sebagai wujud muamalah.
Seperti dalam bidang kehidupan lainnya.
Dengan prinsip etika dan akhlak Islam yang baik.
Tujuannya ikut membangun masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
Ada tuntunan dasar.
Seperti taat kepada pemimpin.
Asalkan sejalan dengan perintah Allah dan Rasulullah.
Menjalankan amar makruf dan nahi mungkar.
Menjaga hubungan baik antara pemimpin, warga, dan lainnya.
Warga perlu mengkritik pemerintah.
Jika dibutuhkan.
Pada dasarnya.
Umat Islam diperintah taat.
Kepada pemerintah atau pemimpin.
Al-Quran surah An-Nisa (surah ke-4) ayat 59.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ
آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ ۖ
فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ
كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ
تَأْوِيلًا
Hai orang-orang beriman, taati Allah dan taati Rasul (Nya), dan
ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang
sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Quran) dan Rasul (sunah), jika
kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian lebih
utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.
Quraish Shihab dalam tafsirnya “Al-Misbah” menyebutkan.
Bahwa “Ulî (أولي)” adalah bentuk jamak
dari “wali (ولى)” .
Yang berarti pemilik atau yang mengurus dan menguasai.
Bentuk jamak menunjukkan.
Bahwa mereka itu banyak.
Kata al-amr (الأمر) adalah perintah atau
urusan.
Ulil amri.
Yaitu orang yang berwewenang.
Mengatur urusan umat lslam.
Yaitu orang yang menangani masalah masyarakat.
Ada 3 macam ulil amri, yaitu:
1. Umarâ’
dan hukâm dalam arti luas.
Yaitu legislatif, eksekutif dan yudikatif dengan perangkat dan
wewenangnya.
2. Semua
pemimpin masyarakat dalam bidangnya masing-masing.
3. Para
ulama secara pribadi atau lembaga.
KESIMPULAN
1.
Dalam konteks bernegara.
Yang menjadi ulil amri.
Yaitu Pemerintah.
Maka rakyat wajib menaati pemerintah.
Asalkan tidak menyalahi syariat Allah.
Jika kebijakan yang dibuat pemerintah.
Untuk maksiat dan melanggar syariat Allah.
Maka kebijakan itu tidak boleh ditaati.
Rasulullah bersabda,
“Tidak boleh taat dalam kemaksiatan.
Ketaatan hanya dalam hal yang makruf.”
Rasulullah bersabda,
“Mendengar dan taat adalah wajib bagi tiap muslim.
Baik yang dia sukai maupun tidak dia sukai.
Asalkan tidak diperintah melakukan maksiat.
Jika diperintah melakukan maksiat.
Maka tidak ada hak mendengar dan menaati.”
Tapi, jika pemerintah membuat kebijakan atau aturan.
Yang tak berpihak pada rakyat.
Atau bahkan merugikan dan menzalimi rakyat.
Maka mengingatkan atau mengkritik pemerintah.
Perlu dilakukan.
Karena amar makruf dan nahi mungkar harus ditegakkan.
Ada 3 cara mengkritik pemerintah.
1. Nasihat.
2. Amar
makruf nahi mungkar.
3. Jihad.
SALING MEMBERI NASIHAT
Al-Quran surah Al-Asri (surah ke-103) ayat 1-3.
وَالْعَصْرِ
Demi masa.
إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي
خُسْرٍ
Sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian.
إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا
وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
Kecuali orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling
menasihati agar menaati kebenaran dan saling menasihati agar menetapi
kesabaran.
Rasulullah bersabda,
“Agama adalah nasihat.”
AMAR MAKRUF NAHI MUNGKAR
Yaitu mengajak pada kebajikan dan mencegah kemungkaran.
Al-Quran surah AlI Imran (surah ke-3) ayat 104.
وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ
أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ
عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru
kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar;
mereka orang-orang yang beruntung.
Rasulullah bersabda,
“Siapa saja yang melihat kemungkaran, hendaknya dia
mengubahnya dengan tangannya.
Jika tidak mampu, maka ubahlah dengan lisannya.
Jika tidak mampu, maka (ubahlah) dengan hatinya.
Dan yang demikian itu selemah-lemahnya iman.”
JIHAD
Jihad dalam konteks ini bukan jihad berperang.
Tetapi menyampaikan kebenaran, meskipun pada pemimpin yang zalim.
Rasulullah bersabda,
“Jihad paling utama adalah menyampaikan kebenaran kepada penguasa
atau pemimpin yang zalim.”
Cara menyampaikan kritik harus dengan cara baik dan sopan.
Dilarang menghina, merendahkan, mencaci maki.
Dan dilarang memfitnah.
Rasulullah bersabda,
“Siapa yang menghinakan pemimpin Allah di muka bumi, maka Allah
akan menghinakannya.”
Mengkritik pemerintah dibolehkan demi kebaikan bersama.
Rakyat boleh menyalurkan aspirasinya dan memberi saran pada
pemerintah.
Jika kritik dilakukan di muka umum.
Seperti demonstrasi, maka harus tetap menjaga ketertiban umum.
Tidak merugikan dan dilakukan dengan izin pihak berwenang.
Rasulullah bersabda,
“Tidak boleh berbuat madarat (merugikan) dan tidak boleh saling
berbuat madharat.”
Saran dan kritik yang disampaikan lewat media massa atau lainnya.
Tetap harus memperhatikan aturan, nilai, dan norma yang berlaku.
Saran dan kritik hendaklah bersifat membangun disertai solusinya.
(Sumber suara muhammadiyah)
0 comments:
Post a Comment