Monday, February 6, 2023

16568. KISAH ROHANI REKTOR ITS

 

KISAH ROHANI REKTOR ITS

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

 

Sering saya ditanya.

Mengapa ITS sekarang.

 

Utamakan kehidupan  spiritual.

Kepada mahasiswa.

 

Saya menjawab.

Hal itu terapan.

Sila pertama Pancasila.

 

Wajar saya fasilitasi penuh.

Giat agama seluruh mahasiswa.

 

 Yang muslim Muslim yang baik.

Yang Nasrani jadi Kristen yang baik.

Juga Hindu dan Buddha.

 

Hal ini penting.

Hidup kita lebih bermakna.

Jika kita paham.

 

Prestasi dunia ini.

Hanya sebagian kecil.

 

Dari perjalanan panjang.

Hidup lebih abadi.

 

 

Dulu aku selalu dapat peringkat 1.

Di SD, SMP, SMA.

 

Semua merasa senang.

Ayah dan  ibu memelukku.

Dengan bangga.

 

Keluarga sangat senang.

Melihat anaknya pintar & berprestasi.

 

Aku masuk perguruan tinggi ternama.

Tanpa tes.

Orang tua dan teman.

Merasa bangga padauk.

 

Aku kuliah.

 IPK selalu 4.

Lulus cum laude.

 

Semua Bahagia.

Rektor menyalamiku.

 

Bangga punya mahasiswa.

Seperi aku.

 

Orang tuaku paling bangga.

Bangga lihat anaknya.

Lulus predikat cum laude.

 

 

Semua teman gembira.

Semua wajah pancarkan bahagia.

 

Lulus perguruan tinggi.

Aku bekerja di perusahan bonafit.

Karirku melejit .

Gajiku besar.

 

Semua bangga.

Rekan bisnisku.

Hormat &  hargaiku.

 

Teman2 lama.

Sebut namaku.

Sebagai orang sukses.

 

Tapi ada sesuatu.

Yag hilang dlm hidupku.

 

Hatiku kosong & risau.

Perasaan sepi menghantuiku.

 

Aku terlalu mengejar dunia.

Dan abai akhirat.

 

Aku sedih...

 

Ketika aku berikrar.

Berjuang bersama pembela Rasulullah.

Dan  kubuang title dunia.

 

Kutinggalkan duniaku.

Utk kejar akhirat & rida-Nya.

 

 

Seketika itu.

Dunia terasa berbalik.

 

Dunia berbalik.

Aku merantau.

 

Belajr ilmu Al-Quran & hadis.

Kuhafalkan Al-Qur'an 30 juz.

 

Semua mencemooh.

Dan memakiku.

 

 

 Tak ada pujian.

Tiada senyum kebanggaan.

Tak ada peluk hangat.

Hanya ada  cacian.

"Buat apa sekolah tinggi.

Jika akhirnya masuk pesantren.

 

Dia itu bodoh..!

Punya pekerjaan enak.

Tapi ditinggal.

 

Berbagai caci maki.

Tertuju pdku.

 

Bahkan dr  klrg.

Membuatku sedih....

 

"Apa ada lulusan perguruan tinggi terkenal.

Masuk pondok tahfiz..?

 

Apa tak eman.

Sudah kerja enak.

Ditinggal.

 

Mau makan apa & dr mana lg..?

Pertanyaan itu menyerang.

Sudutkan diriku.

 

Hingga suatu ketika.

 

Kuajak ibu salat jamaah di masjid.

Tmpt aku biasa jadi imam.

 

Yaitu salat Subuh.

Selalu kukenang

 

 Kuangkat tangan.

Ucapkan takbir.

" Allaaahuu akbaar".

 

Kuagungkan Allah dg seagung2nya.

 

Kubaca doa iftitah dlm hati.

Berdesir hati ini rasanya.

 

Kulanjutkan baca Al-Fatihah,

Bismillah hirrahmaanir rahiiim.

 

Hatiku begetar.

Kebut namaNya.

Maha Pengasih & Maha Penyayang..

 

Alhamdulillahi rabbil alamiin.

 

Kupanjatkan puji2an utk Rabb semesta alam..

 

Kulanjutkan bacaan lamat2.

Kuhayati surah Fatihah.

Seindah2nya tadabur.

 

Tak terasa.

Air mata jatuh membasahi wajahku..

 

Berat lidah ku.

Utk lanjutkan ayat.

 

Arrahmaanir rahiim.

 

Kulanjutkan ayat.

Dg nada bergetar....

 

Maliki yaumiddin.

Aku tak kuasa menahan tangis.

 

Iyyaka na'budu wa iyyaka nastaiin.

 

,"Ya Allah hanya kpdMu kami menyembah.

Hanya kpdMu kami minta pertolongan."

 

 

Hatiku terasa tercabik2.

Aku  sering tuntut kpd Allah.

 

Penuhi kebutuhanku.

Tapi  aku lalai kewajibanku kpd-Mu.

 

Akhir surah Al-Fatihah.

Kuseka air mata.

Kutenangkan sejenak diriku.

 

Selanjutnya aku baca surah Abasa'.

 

Kuhanyut dlm bacaan.

Terasa syahdu.

 

Sesekali terdengar.

Isak tangis jemaah.

 

Bacaan trs mengalun.

Hingga ayat 34.

 

Tangisku pecah sejadi2nya.

 

Yauma yafirrul mar'u min akhii, wa ummihii wa abiih, wa shaahibatihi wa baniih, likullimriim minhum yauma idzin sya'nuy yughniih...

 

Tangisku memecah.

Tak mampu lanjutkan ayat.

Tubuhku terasa lemas....

 

Salat Subuh selesai.

Dlm perjlnan plg.

 

Ibu bertanya,

"Mengapa kamu menangis.

 

Saat membaca ayat tadi.

Apa artinya..?"

 

Aku hentikan langkahku.

Aku jelaskan pd ibu.

 

 

Kutatap wajahnya dlm2.

Aku berkata :

 

"Wahai ibu..

Ayat itu jelaskan.

 

Huru hara padang mahsyar.

Saat kiamat nanti.

 

Semua akan lari meninggalkan sudaranya...

 

 Ibunya...

Bapaknya..

Istri & anak2nya..

 

 

Semua sibuk urusan masing2.

Kita kaya.

Dipuji berjaya.

 

Tapi ketika kiamat.

Apa arti sgl puji2 manusia

 

 

Semua akan meninggalkan kita.

Bahkan ibu.

Juga akan meninggalkan aku..

 

Ibu teteskan air mata.

Kuseka air matanya...

 

Kulanjutkan,

"Aku takut bu.

 

Jika  di mahsyar.

Cuma bawa bekal sedikit.."

 

Pujian org.

Slm bertahun2.

Kini tak berguna.

 

Knp org ingin pujian.

Takut dpt celaan.

 

Apa mrk tak .

Hidup akhirat kelak...?

 

Ibu kembali memelukku &  tersenyum.

 

Ibu mengatakan,

"Betapa bahagianya.

Punya anak spt dirimu...".

 

Baru kali ini .

Aku merasa Bahagia.

Krn ibuku bangga thd diriku.

 

Brbagai pencapaian dulu.

Ibu memelukku.

 

Tapi kali ini.

Pelukan itu membekas.

Dlm jiwaku.

 

 

Wahai manusia.

Apa yg kalian kejar..?

 

Dan apa pula yg mngejar kalian..?

 

Bukankah maut.

Makin hari makin dekat...?

 

Dunia menipu.

Jgn lupa akhirat kelak...

 

Wahai saudaraku.

 

Apakah kalian sadar.

Nafas hanya bbrp saat lagi..?

 

Apa yg aku & kalian banggakan.

Di depa Allah &  Rasul-Nya kelak...?

 

 Wallahua'lam...

 

 

(Sumber: Prof. Ir. Joni Hermana, MSc)

 

 

 

0 comments:

Post a Comment