WANITA SALAT BERJAMAAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang wanita dalam salat berjamaah?” Ustad Abdul Somad menjelaskannya.
Abdullah bin Umar berkata Rasulullah bersabda,”Salat perempuan di dalam “bait” lebih baik daripada salatnya di dalam “Hujr”, dan salat perempuan di dalam “makhda” lebih baik daripada salatnya di dalam “bait.” (HR. Abu Daud).
Hadis ini menunjukkan bahwa para perempuan lebih baik salat di tempat yang sepi, dan terpisah jauh dari keramaian.
Abdullah bin Umar berkata Rasulullah bersabda,”Janganlah kamu melarang hamba Allah yang perempuan ke rumah-rumah Allah (masjid).” (HR. Bukhari dan Muslim).
Pendapat Imam Nawawi,” Jika wanita tidak menimbulkan fitnah, dan tidak memakai wangi-wangian yang membangkitkan nafsu, wanita boleh salat di masjid, karena Rasulullah bersabda,’Janganlah kamu melarang hamba Allah yang perempuan ke rumah-rumah Allah (masjid)’.”
Hadit ini dan hadis lain yang semakna menjelaskan bahwa para wanita tidak dilarang keluar rumah dan salat ke masjid dengan syarat para wanita tidak memakai wangi-wangian yang membangkitkan nafsu, tidak berhias berlebihan, tidak memakai gelang kaki yang diperdengarkan suaranya, tidak memakai pakaian terlalu mewah, dan terpisah dengan jamaah laki-laki.
Pendapat Syekh Yusuf Qardhawi bahwa kehidupan moderen telah membuka banyak pintu bagi para perempuan, karena para wanita dapat keluar rumah untuk pergi ke sekolah, kampus, pasar dan tempat lainnya.
Akan tetapi tetap dilarang untuk pergi ke tempat yang paling baik dan paling utama yaitu masjid, maka saya menyerukan tanpa rasa sungkan, “Berikan kesempatan kepada para perempuan hadir di masjid, agar para wanita dapat menyaksikan kebaikan, mendengarkan nasihat, dan memperdalam agama Islam.”
Para ulama berpendapat bahwa para wanita hendaknya diberikan kesempatan untuk keluar rumah, asalkan para wanita dapat menjaga kehormatan dirinya, tidak menimbulkan fitnah, dan bukan dalam perbuatan maksiat.
Daftar Pustaka
1. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online
Organisasi Profesi Guru
Presiden Jokowi memberi hormat kepada Guru-Guru se Indonesia.
Tema Gambar Slide 2
Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.
Tema Gambar Slide 3
Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.
Wednesday, December 27, 2017
590. WANITA
590. WANITA
WANITA SALAT BERJAMAAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang wanita dalam salat berjamaah?” Ustad Abdul Somad menjelaskannya.
Abdullah bin Umar berkata Rasulullah bersabda,”Salat perempuan di dalam “bait” lebih baik daripada salatnya di dalam “Hujr”, dan salat perempuan di dalam “makhda” lebih baik daripada salatnya di dalam “bait.” (HR. Abu Daud).
Hadis ini menunjukkan bahwa para perempuan lebih baik salat di tempat yang sepi, dan terpisah jauh dari keramaian.
Abdullah bin Umar berkata Rasulullah bersabda,”Janganlah kamu melarang hamba Allah yang perempuan ke rumah-rumah Allah (masjid).” (HR. Bukhari dan Muslim).
Pendapat Imam Nawawi,” Jika wanita tidak menimbulkan fitnah, dan tidak memakai wangi-wangian yang membangkitkan nafsu, wanita boleh salat di masjid, karena Rasulullah bersabda,’Janganlah kamu melarang hamba Allah yang perempuan ke rumah-rumah Allah (masjid)’.”
Hadit ini dan hadis lain yang semakna menjelaskan bahwa para wanita tidak dilarang keluar rumah dan salat ke masjid dengan syarat para wanita tidak memakai wangi-wangian yang membangkitkan nafsu, tidak berhias berlebihan, tidak memakai gelang kaki yang diperdengarkan suaranya, tidak memakai pakaian terlalu mewah, dan terpisah dengan jamaah laki-laki.
Pendapat Syekh Yusuf Qardhawi bahwa kehidupan moderen telah membuka banyak pintu bagi para perempuan, karena para wanita dapat keluar rumah untuk pergi ke sekolah, kampus, pasar dan tempat lainnya.
Akan tetapi tetap dilarang untuk pergi ke tempat yang paling baik dan paling utama yaitu masjid, maka saya menyerukan tanpa rasa sungkan, “Berikan kesempatan kepada para perempuan hadir di masjid, agar para wanita dapat menyaksikan kebaikan, mendengarkan nasihat, dan memperdalam agama Islam.”
Para ulama berpendapat bahwa para wanita hendaknya diberikan kesempatan untuk keluar rumah, asalkan para wanita dapat menjaga kehormatan dirinya, tidak menimbulkan fitnah, dan bukan dalam perbuatan maksiat.
Daftar Pustaka
1. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online
590. WANITA
WANITA SALAT BERJAMAAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang wanita dalam salat berjamaah?” Ustad Abdul Somad menjelaskannya.
Abdullah bin Umar berkata Rasulullah bersabda,”Salat perempuan di dalam “bait” lebih baik daripada salatnya di dalam “Hujr”, dan salat perempuan di dalam “makhda” lebih baik daripada salatnya di dalam “bait.” (HR. Abu Daud).
Hadis ini menunjukkan bahwa para perempuan lebih baik salat di tempat yang sepi, dan terpisah jauh dari keramaian.
Abdullah bin Umar berkata Rasulullah bersabda,”Janganlah kamu melarang hamba Allah yang perempuan ke rumah-rumah Allah (masjid).” (HR. Bukhari dan Muslim).
Pendapat Imam Nawawi,” Jika wanita tidak menimbulkan fitnah, dan tidak memakai wangi-wangian yang membangkitkan nafsu, wanita boleh salat di masjid, karena Rasulullah bersabda,’Janganlah kamu melarang hamba Allah yang perempuan ke rumah-rumah Allah (masjid)’.”
Hadit ini dan hadis lain yang semakna menjelaskan bahwa para wanita tidak dilarang keluar rumah dan salat ke masjid dengan syarat para wanita tidak memakai wangi-wangian yang membangkitkan nafsu, tidak berhias berlebihan, tidak memakai gelang kaki yang diperdengarkan suaranya, tidak memakai pakaian terlalu mewah, dan terpisah dengan jamaah laki-laki.
Pendapat Syekh Yusuf Qardhawi bahwa kehidupan moderen telah membuka banyak pintu bagi para perempuan, karena para wanita dapat keluar rumah untuk pergi ke sekolah, kampus, pasar dan tempat lainnya.
Akan tetapi tetap dilarang untuk pergi ke tempat yang paling baik dan paling utama yaitu masjid, maka saya menyerukan tanpa rasa sungkan, “Berikan kesempatan kepada para perempuan hadir di masjid, agar para wanita dapat menyaksikan kebaikan, mendengarkan nasihat, dan memperdalam agama Islam.”
Para ulama berpendapat bahwa para wanita hendaknya diberikan kesempatan untuk keluar rumah, asalkan para wanita dapat menjaga kehormatan dirinya, tidak menimbulkan fitnah, dan bukan dalam perbuatan maksiat.
Daftar Pustaka
1. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online
590. WANITA
WANITA SALAT BERJAMAAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang wanita dalam salat berjamaah?” Ustad Abdul Somad menjelaskannya.
Abdullah bin Umar berkata Rasulullah bersabda,”Salat perempuan di dalam “bait” lebih baik daripada salatnya di dalam “Hujr”, dan salat perempuan di dalam “makhda” lebih baik daripada salatnya di dalam “bait.” (HR. Abu Daud).
Hadis ini menunjukkan bahwa para perempuan lebih baik salat di tempat yang sepi, dan terpisah jauh dari keramaian.
Abdullah bin Umar berkata Rasulullah bersabda,”Janganlah kamu melarang hamba Allah yang perempuan ke rumah-rumah Allah (masjid).” (HR. Bukhari dan Muslim).
Pendapat Imam Nawawi,” Jika wanita tidak menimbulkan fitnah, dan tidak memakai wangi-wangian yang membangkitkan nafsu, wanita boleh salat di masjid, karena Rasulullah bersabda,’Janganlah kamu melarang hamba Allah yang perempuan ke rumah-rumah Allah (masjid)’.”
Hadit ini dan hadis lain yang semakna menjelaskan bahwa para wanita tidak dilarang keluar rumah dan salat ke masjid dengan syarat para wanita tidak memakai wangi-wangian yang membangkitkan nafsu, tidak berhias berlebihan, tidak memakai gelang kaki yang diperdengarkan suaranya, tidak memakai pakaian terlalu mewah, dan terpisah dengan jamaah laki-laki.
Pendapat Syekh Yusuf Qardhawi bahwa kehidupan moderen telah membuka banyak pintu bagi para perempuan, karena para wanita dapat keluar rumah untuk pergi ke sekolah, kampus, pasar dan tempat lainnya.
Akan tetapi tetap dilarang untuk pergi ke tempat yang paling baik dan paling utama yaitu masjid, maka saya menyerukan tanpa rasa sungkan, “Berikan kesempatan kepada para perempuan hadir di masjid, agar para wanita dapat menyaksikan kebaikan, mendengarkan nasihat, dan memperdalam agama Islam.”
Para ulama berpendapat bahwa para wanita hendaknya diberikan kesempatan untuk keluar rumah, asalkan para wanita dapat menjaga kehormatan dirinya, tidak menimbulkan fitnah, dan bukan dalam perbuatan maksiat.
Daftar Pustaka
1. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online
590. WANITA
WANITA SALAT BERJAMAAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang wanita dalam salat berjamaah?” Ustad Abdul Somad menjelaskannya.
Abdullah bin Umar berkata Rasulullah bersabda,”Salat perempuan di dalam “bait” lebih baik daripada salatnya di dalam “Hujr”, dan salat perempuan di dalam “makhda” lebih baik daripada salatnya di dalam “bait.” (HR. Abu Daud).
Hadis ini menunjukkan bahwa para perempuan lebih baik salat di tempat yang sepi, dan terpisah jauh dari keramaian.
Abdullah bin Umar berkata Rasulullah bersabda,”Janganlah kamu melarang hamba Allah yang perempuan ke rumah-rumah Allah (masjid).” (HR. Bukhari dan Muslim).
Pendapat Imam Nawawi,” Jika wanita tidak menimbulkan fitnah, dan tidak memakai wangi-wangian yang membangkitkan nafsu, wanita boleh salat di masjid, karena Rasulullah bersabda,’Janganlah kamu melarang hamba Allah yang perempuan ke rumah-rumah Allah (masjid)’.”
Hadit ini dan hadis lain yang semakna menjelaskan bahwa para wanita tidak dilarang keluar rumah dan salat ke masjid dengan syarat para wanita tidak memakai wangi-wangian yang membangkitkan nafsu, tidak berhias berlebihan, tidak memakai gelang kaki yang diperdengarkan suaranya, tidak memakai pakaian terlalu mewah, dan terpisah dengan jamaah laki-laki.
Pendapat Syekh Yusuf Qardhawi bahwa kehidupan moderen telah membuka banyak pintu bagi para perempuan, karena para wanita dapat keluar rumah untuk pergi ke sekolah, kampus, pasar dan tempat lainnya.
Akan tetapi tetap dilarang untuk pergi ke tempat yang paling baik dan paling utama yaitu masjid, maka saya menyerukan tanpa rasa sungkan, “Berikan kesempatan kepada para perempuan hadir di masjid, agar para wanita dapat menyaksikan kebaikan, mendengarkan nasihat, dan memperdalam agama Islam.”
Para ulama berpendapat bahwa para wanita hendaknya diberikan kesempatan untuk keluar rumah, asalkan para wanita dapat menjaga kehormatan dirinya, tidak menimbulkan fitnah, dan bukan dalam perbuatan maksiat.
Daftar Pustaka
1. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online
590. WANITA
WANITA SALAT BERJAMAAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang wanita dalam salat berjamaah?” Ustad Abdul Somad menjelaskannya.
Abdullah bin Umar berkata Rasulullah bersabda,”Salat perempuan di dalam “bait” lebih baik daripada salatnya di dalam “Hujr”, dan salat perempuan di dalam “makhda” lebih baik daripada salatnya di dalam “bait.” (HR. Abu Daud).
Hadis ini menunjukkan bahwa para perempuan lebih baik salat di tempat yang sepi, dan terpisah jauh dari keramaian.
Abdullah bin Umar berkata Rasulullah bersabda,”Janganlah kamu melarang hamba Allah yang perempuan ke rumah-rumah Allah (masjid).” (HR. Bukhari dan Muslim).
Pendapat Imam Nawawi,” Jika wanita tidak menimbulkan fitnah, dan tidak memakai wangi-wangian yang membangkitkan nafsu, wanita boleh salat di masjid, karena Rasulullah bersabda,’Janganlah kamu melarang hamba Allah yang perempuan ke rumah-rumah Allah (masjid)’.”
Hadit ini dan hadis lain yang semakna menjelaskan bahwa para wanita tidak dilarang keluar rumah dan salat ke masjid dengan syarat para wanita tidak memakai wangi-wangian yang membangkitkan nafsu, tidak berhias berlebihan, tidak memakai gelang kaki yang diperdengarkan suaranya, tidak memakai pakaian terlalu mewah, dan terpisah dengan jamaah laki-laki.
Pendapat Syekh Yusuf Qardhawi bahwa kehidupan moderen telah membuka banyak pintu bagi para perempuan, karena para wanita dapat keluar rumah untuk pergi ke sekolah, kampus, pasar dan tempat lainnya.
Akan tetapi tetap dilarang untuk pergi ke tempat yang paling baik dan paling utama yaitu masjid, maka saya menyerukan tanpa rasa sungkan, “Berikan kesempatan kepada para perempuan hadir di masjid, agar para wanita dapat menyaksikan kebaikan, mendengarkan nasihat, dan memperdalam agama Islam.”
Para ulama berpendapat bahwa para wanita hendaknya diberikan kesempatan untuk keluar rumah, asalkan para wanita dapat menjaga kehormatan dirinya, tidak menimbulkan fitnah, dan bukan dalam perbuatan maksiat.
Daftar Pustaka
1. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online
590. WANITA
WANITA SALAT BERJAMAAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang wanita dalam salat berjamaah?” Ustad Abdul Somad menjelaskannya.
Abdullah bin Umar berkata Rasulullah bersabda,”Salat perempuan di dalam “bait” lebih baik daripada salatnya di dalam “Hujr”, dan salat perempuan di dalam “makhda” lebih baik daripada salatnya di dalam “bait.” (HR. Abu Daud).
Hadis ini menunjukkan bahwa para perempuan lebih baik salat di tempat yang sepi, dan terpisah jauh dari keramaian.
Abdullah bin Umar berkata Rasulullah bersabda,”Janganlah kamu melarang hamba Allah yang perempuan ke rumah-rumah Allah (masjid).” (HR. Bukhari dan Muslim).
Pendapat Imam Nawawi,” Jika wanita tidak menimbulkan fitnah, dan tidak memakai wangi-wangian yang membangkitkan nafsu, wanita boleh salat di masjid, karena Rasulullah bersabda,’Janganlah kamu melarang hamba Allah yang perempuan ke rumah-rumah Allah (masjid)’.”
Hadit ini dan hadis lain yang semakna menjelaskan bahwa para wanita tidak dilarang keluar rumah dan salat ke masjid dengan syarat para wanita tidak memakai wangi-wangian yang membangkitkan nafsu, tidak berhias berlebihan, tidak memakai gelang kaki yang diperdengarkan suaranya, tidak memakai pakaian terlalu mewah, dan terpisah dengan jamaah laki-laki.
Pendapat Syekh Yusuf Qardhawi bahwa kehidupan moderen telah membuka banyak pintu bagi para perempuan, karena para wanita dapat keluar rumah untuk pergi ke sekolah, kampus, pasar dan tempat lainnya.
Akan tetapi tetap dilarang untuk pergi ke tempat yang paling baik dan paling utama yaitu masjid, maka saya menyerukan tanpa rasa sungkan, “Berikan kesempatan kepada para perempuan hadir di masjid, agar para wanita dapat menyaksikan kebaikan, mendengarkan nasihat, dan memperdalam agama Islam.”
Para ulama berpendapat bahwa para wanita hendaknya diberikan kesempatan untuk keluar rumah, asalkan para wanita dapat menjaga kehormatan dirinya, tidak menimbulkan fitnah, dan bukan dalam perbuatan maksiat.
Daftar Pustaka
1. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online
589. HIKMAH
KEUTAMAAN SALAT BERJAMAAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang keutamaan salat berjamaah?” Ustad Abdul Somad menjelaskannya
Menurut hadis Nabi banyak keutamaan yang diperoleh orang-orang yang mengerjakan salat berjamaah.
Pertama, pahala salat berjamaah berlipat ganda, karena Ibnu Umar berkata,” Sesungguhnya Rasulullah bersabda,’Salat berjamaah lebih baik daripada salat sendirian sebanyak 27 tingkatan’.” (HR.Muslim).
Kedua, Allah menjaga orang yang melaksanakan salat berjamaah dari setan, karena Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya setan terhadap manusia seperti serigala terhadap kambing, yaitu serigala akan menangkap kambing yang menyendiri dan memisahkan diri dari gerombolannya, maka janganlah kamu memisahkan diri dari jamaah, hendaklah kamu berjamaah bersama banyak orang dan senantiasa memakmurkan masjid.” (HR. Ahmad bin Hanbal).
Abu Darda’ menyebutkan Rasul bersabda,”Apabila terdapat tiga orang yang berada di suatu kampung atau perkampungan badui, dan tidak dilaksanakan salat berjamaah, maka sungguh setan telah menguasai mereka, maka laksanakan salat berjamaah, karena sesungguhnya serigala hanya memakan kambing yang memisahkan diri dari jamaah.” (HR. Abu Daud).
Ketiga, keutamaan salat berjamaah semakin bertambah dengan banyaknya jumlah orang yang ikut salat berjamaah, karena Ubai bin Kaab berkata Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya salat berjamaah dengan satu orang lebih utama daripada salat sendirian, dan salat berjamaah bersama dua orang lebih utama daripada salat bersama satu orang, serta salat berjamaah bersama lebih banyak orang, maka lebih dicintai Allah.” (HR. Abu Daud).
Keempat, orang yang melaksanakan salat berjamaah selama 40 hari tanpa ketinggalan “takbiratul ihram” bersama imam akan dijauhkan dari azab neraka dan dari dijauhkan sifat munafik.
Anas bin Malik berkata Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat 40 hari berjamaah karena Allah dengan mendapatkan takbiratul ihram, maka mereka dijauhkan dari dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan.” (HR. Tirmidzi).
Hadis ini menjelaskan keutamaan salat dengan ikhlas, karena Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat karena Allah dengan hati tulus ikhlas hanya karena Allah semata, maka ia dijauhkan dari kemunafikan, artinya selama hidup di dunia ia diberikan jaminan tidak melakukan perbuatan orang munafik dan selalu diberikan taufik oleh Allah untuk selalu berbuat ikhlas karena Allah.”
Sedangkan di akhirat kelak ia dijauhkan dari azab yang menimpa orang munafik, dan Rasulullah akan memberikan kesaksian bahwa ia bukan orang munafik, karena orang munafik merasa berat ketika melaksanakan salat.
Kelima, orang yang melaksanakan salat Subuh berjamaah akan berada dalam lindungan Allah sejak Subuh sampai hingga petang hari, berdasarkan hadis riwayat Jundub bin Abdillah, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, maka ia berada dalam lindungan Allah.” (HR. Muslim).
Keenam, mendapatkan balasan pahala seperti ibadah haji dan umrah, berdasarkan hadis riwayat Anas bin Malik, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, lalu ia duduk berzikir hingga terbit matahari, kemudian ia melaksanakan salat dua rakaat, maka ia mendapatkan balasan pahala seperti haji dan umrah”. Kemudian Rasulullah bersabda,”Sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. At-Tirmidzi).
Ketujuh, balasan salat Isya’ dan salat Subuh berjamaah seperti salat malam , berdasarkan hadis riwayat Utsman bin ‘Affan, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Isya’ berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan “qiyamullail” setengah malam, dan siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan “qiyamullail” sepanjang malam.” (HR. Muslim).
Kedelapan, para malaikat berkumpul pada salat Subuh dan salat Asar, berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Malaikat malam dan malaikat siang saling bergantian berkumpul pada salat Subuh dan salat ‘Asar. Kemudian malaikat yang bertugas di waktu malam naik, lalu Allah Yang Maha mengetahui bertanya kepada mereka, “Bagaimana kamu meninggalkan hamba -hamba-Ku?”. Mereka menjawab, “Kami tinggalkan mereka ketika mereka sedang melaksanakan salat dan kami datang kepada mereka ketika mereka sedang melaksanakan salat.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Kesembilan, Allah mengagumi orang-orang yang mengerjakan salat berjamaah karena Nabi bersabda,”Sesungguhnya Allah mengagumi salat yang dilaksanakan secara berjamaah.” (HR. Ahmad bin Hanbal).
Kesepuluh, menanti salat berjamaah dosanya diampuni dan diberikan rahmat, menurut hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Seorang hamba yang melaksanakan salat, kemudian ia tetap berada di tempat salatnya menantikan pelaksanaan salat, maka malaikat berkata,”Ya Allah, ampunilah ia, curahkanlah rahmat-Mu kepadanya”, sampai ia beranjak atau berhadas. (HR. Muslim).
Kesebelas, keutamaan salat di saf pertama, berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Seandainya manusia mengetahui apa yang ada dalam seruan azan dan saf pertama, niscaya mereka akan merebutnya dengan melakukan undian.” (HR. Al-Bukhari).
Kedua belas, ampunan dosa dan cinta Allah bagi orang yang mengucapkan “amin” yang diucapkan bersamaan dengan ucapan “amin” para malaikat, berdasarkan hadis Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Apabila imam mengucapkan ‘amin’, maka ucapkanlah ‘amin’. Sesungguhnya siapa yang ucapannya sesuai dengan ucapan ‘amin’ yang diucapkan para malaikat, maka Allah mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Ketiga belas, seandainya manusia mengetahui manfaat salat berjamaah, pastilah mereka akan datang meskipun dengan merangkak, Abu Hurairah berkata Rasulullah bersabda,”Seandainya manusia mengetahui hikmah yang ada dalam seruan azan dan saf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya melainkan dengan cara diundi, mereka pasti akan melakukan undian. Seandainya mereka mengetahui manfaat yang ada di dalam takbiratul-Ihram, pastilah mereka akan berlomba untuk mendapatkannya. Seandainya mereka mengetahui manfaat yang ada dalam salat Isya’ dan salat Subuh pastilah mereka akan datang meskipun dengan cara merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Daftar Pustaka
1. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online
589. HIKMAH
KEUTAMAAN SALAT BERJAMAAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang keutamaan salat berjamaah?” Ustad Abdul Somad menjelaskannya
Menurut hadis Nabi banyak keutamaan yang diperoleh orang-orang yang mengerjakan salat berjamaah.
Pertama, pahala salat berjamaah berlipat ganda, karena Ibnu Umar berkata,” Sesungguhnya Rasulullah bersabda,’Salat berjamaah lebih baik daripada salat sendirian sebanyak 27 tingkatan’.” (HR.Muslim).
Kedua, Allah menjaga orang yang melaksanakan salat berjamaah dari setan, karena Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya setan terhadap manusia seperti serigala terhadap kambing, yaitu serigala akan menangkap kambing yang menyendiri dan memisahkan diri dari gerombolannya, maka janganlah kamu memisahkan diri dari jamaah, hendaklah kamu berjamaah bersama banyak orang dan senantiasa memakmurkan masjid.” (HR. Ahmad bin Hanbal).
Abu Darda’ menyebutkan Rasul bersabda,”Apabila terdapat tiga orang yang berada di suatu kampung atau perkampungan badui, dan tidak dilaksanakan salat berjamaah, maka sungguh setan telah menguasai mereka, maka laksanakan salat berjamaah, karena sesungguhnya serigala hanya memakan kambing yang memisahkan diri dari jamaah.” (HR. Abu Daud).
Ketiga, keutamaan salat berjamaah semakin bertambah dengan banyaknya jumlah orang yang ikut salat berjamaah, karena Ubai bin Kaab berkata Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya salat berjamaah dengan satu orang lebih utama daripada salat sendirian, dan salat berjamaah bersama dua orang lebih utama daripada salat bersama satu orang, serta salat berjamaah bersama lebih banyak orang, maka lebih dicintai Allah.” (HR. Abu Daud).
Keempat, orang yang melaksanakan salat berjamaah selama 40 hari tanpa ketinggalan “takbiratul ihram” bersama imam akan dijauhkan dari azab neraka dan dari dijauhkan sifat munafik.
Anas bin Malik berkata Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat 40 hari berjamaah karena Allah dengan mendapatkan takbiratul ihram, maka mereka dijauhkan dari dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan.” (HR. Tirmidzi).
Hadis ini menjelaskan keutamaan salat dengan ikhlas, karena Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat karena Allah dengan hati tulus ikhlas hanya karena Allah semata, maka ia dijauhkan dari kemunafikan, artinya selama hidup di dunia ia diberikan jaminan tidak melakukan perbuatan orang munafik dan selalu diberikan taufik oleh Allah untuk selalu berbuat ikhlas karena Allah.”
Sedangkan di akhirat kelak ia dijauhkan dari azab yang menimpa orang munafik, dan Rasulullah akan memberikan kesaksian bahwa ia bukan orang munafik, karena orang munafik merasa berat ketika melaksanakan salat.
Kelima, orang yang melaksanakan salat Subuh berjamaah akan berada dalam lindungan Allah sejak Subuh sampai hingga petang hari, berdasarkan hadis riwayat Jundub bin Abdillah, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, maka ia berada dalam lindungan Allah.” (HR. Muslim).
Keenam, mendapatkan balasan pahala seperti ibadah haji dan umrah, berdasarkan hadis riwayat Anas bin Malik, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, lalu ia duduk berzikir hingga terbit matahari, kemudian ia melaksanakan salat dua rakaat, maka ia mendapatkan balasan pahala seperti haji dan umrah”. Kemudian Rasulullah bersabda,”Sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. At-Tirmidzi).
Ketujuh, balasan salat Isya’ dan salat Subuh berjamaah seperti salat malam , berdasarkan hadis riwayat Utsman bin ‘Affan, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Isya’ berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan “qiyamullail” setengah malam, dan siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan “qiyamullail” sepanjang malam.” (HR. Muslim).
Kedelapan, para malaikat berkumpul pada salat Subuh dan salat Asar, berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Malaikat malam dan malaikat siang saling bergantian berkumpul pada salat Subuh dan salat ‘Asar. Kemudian malaikat yang bertugas di waktu malam naik, lalu Allah Yang Maha mengetahui bertanya kepada mereka, “Bagaimana kamu meninggalkan hamba -hamba-Ku?”. Mereka menjawab, “Kami tinggalkan mereka ketika mereka sedang melaksanakan salat dan kami datang kepada mereka ketika mereka sedang melaksanakan salat.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Kesembilan, Allah mengagumi orang-orang yang mengerjakan salat berjamaah karena Nabi bersabda,”Sesungguhnya Allah mengagumi salat yang dilaksanakan secara berjamaah.” (HR. Ahmad bin Hanbal).
Kesepuluh, menanti salat berjamaah dosanya diampuni dan diberikan rahmat, menurut hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Seorang hamba yang melaksanakan salat, kemudian ia tetap berada di tempat salatnya menantikan pelaksanaan salat, maka malaikat berkata,”Ya Allah, ampunilah ia, curahkanlah rahmat-Mu kepadanya”, sampai ia beranjak atau berhadas. (HR. Muslim).
Kesebelas, keutamaan salat di saf pertama, berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Seandainya manusia mengetahui apa yang ada dalam seruan azan dan saf pertama, niscaya mereka akan merebutnya dengan melakukan undian.” (HR. Al-Bukhari).
Kedua belas, ampunan dosa dan cinta Allah bagi orang yang mengucapkan “amin” yang diucapkan bersamaan dengan ucapan “amin” para malaikat, berdasarkan hadis Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Apabila imam mengucapkan ‘amin’, maka ucapkanlah ‘amin’. Sesungguhnya siapa yang ucapannya sesuai dengan ucapan ‘amin’ yang diucapkan para malaikat, maka Allah mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Ketiga belas, seandainya manusia mengetahui manfaat salat berjamaah, pastilah mereka akan datang meskipun dengan merangkak, Abu Hurairah berkata Rasulullah bersabda,”Seandainya manusia mengetahui hikmah yang ada dalam seruan azan dan saf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya melainkan dengan cara diundi, mereka pasti akan melakukan undian. Seandainya mereka mengetahui manfaat yang ada di dalam takbiratul-Ihram, pastilah mereka akan berlomba untuk mendapatkannya. Seandainya mereka mengetahui manfaat yang ada dalam salat Isya’ dan salat Subuh pastilah mereka akan datang meskipun dengan cara merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Daftar Pustaka
1. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online
589. HIKMAH
KEUTAMAAN SALAT BERJAMAAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang keutamaan salat berjamaah?” Ustad Abdul Somad menjelaskannya
Menurut hadis Nabi banyak keutamaan yang diperoleh orang-orang yang mengerjakan salat berjamaah.
Pertama, pahala salat berjamaah berlipat ganda, karena Ibnu Umar berkata,” Sesungguhnya Rasulullah bersabda,’Salat berjamaah lebih baik daripada salat sendirian sebanyak 27 tingkatan’.” (HR.Muslim).
Kedua, Allah menjaga orang yang melaksanakan salat berjamaah dari setan, karena Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya setan terhadap manusia seperti serigala terhadap kambing, yaitu serigala akan menangkap kambing yang menyendiri dan memisahkan diri dari gerombolannya, maka janganlah kamu memisahkan diri dari jamaah, hendaklah kamu berjamaah bersama banyak orang dan senantiasa memakmurkan masjid.” (HR. Ahmad bin Hanbal).
Abu Darda’ menyebutkan Rasul bersabda,”Apabila terdapat tiga orang yang berada di suatu kampung atau perkampungan badui, dan tidak dilaksanakan salat berjamaah, maka sungguh setan telah menguasai mereka, maka laksanakan salat berjamaah, karena sesungguhnya serigala hanya memakan kambing yang memisahkan diri dari jamaah.” (HR. Abu Daud).
Ketiga, keutamaan salat berjamaah semakin bertambah dengan banyaknya jumlah orang yang ikut salat berjamaah, karena Ubai bin Kaab berkata Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya salat berjamaah dengan satu orang lebih utama daripada salat sendirian, dan salat berjamaah bersama dua orang lebih utama daripada salat bersama satu orang, serta salat berjamaah bersama lebih banyak orang, maka lebih dicintai Allah.” (HR. Abu Daud).
Keempat, orang yang melaksanakan salat berjamaah selama 40 hari tanpa ketinggalan “takbiratul ihram” bersama imam akan dijauhkan dari azab neraka dan dari dijauhkan sifat munafik.
Anas bin Malik berkata Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat 40 hari berjamaah karena Allah dengan mendapatkan takbiratul ihram, maka mereka dijauhkan dari dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan.” (HR. Tirmidzi).
Hadis ini menjelaskan keutamaan salat dengan ikhlas, karena Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat karena Allah dengan hati tulus ikhlas hanya karena Allah semata, maka ia dijauhkan dari kemunafikan, artinya selama hidup di dunia ia diberikan jaminan tidak melakukan perbuatan orang munafik dan selalu diberikan taufik oleh Allah untuk selalu berbuat ikhlas karena Allah.”
Sedangkan di akhirat kelak ia dijauhkan dari azab yang menimpa orang munafik, dan Rasulullah akan memberikan kesaksian bahwa ia bukan orang munafik, karena orang munafik merasa berat ketika melaksanakan salat.
Kelima, orang yang melaksanakan salat Subuh berjamaah akan berada dalam lindungan Allah sejak Subuh sampai hingga petang hari, berdasarkan hadis riwayat Jundub bin Abdillah, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, maka ia berada dalam lindungan Allah.” (HR. Muslim).
Keenam, mendapatkan balasan pahala seperti ibadah haji dan umrah, berdasarkan hadis riwayat Anas bin Malik, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, lalu ia duduk berzikir hingga terbit matahari, kemudian ia melaksanakan salat dua rakaat, maka ia mendapatkan balasan pahala seperti haji dan umrah”. Kemudian Rasulullah bersabda,”Sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. At-Tirmidzi).
Ketujuh, balasan salat Isya’ dan salat Subuh berjamaah seperti salat malam , berdasarkan hadis riwayat Utsman bin ‘Affan, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Isya’ berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan “qiyamullail” setengah malam, dan siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan “qiyamullail” sepanjang malam.” (HR. Muslim).
Kedelapan, para malaikat berkumpul pada salat Subuh dan salat Asar, berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Malaikat malam dan malaikat siang saling bergantian berkumpul pada salat Subuh dan salat ‘Asar. Kemudian malaikat yang bertugas di waktu malam naik, lalu Allah Yang Maha mengetahui bertanya kepada mereka, “Bagaimana kamu meninggalkan hamba -hamba-Ku?”. Mereka menjawab, “Kami tinggalkan mereka ketika mereka sedang melaksanakan salat dan kami datang kepada mereka ketika mereka sedang melaksanakan salat.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Kesembilan, Allah mengagumi orang-orang yang mengerjakan salat berjamaah karena Nabi bersabda,”Sesungguhnya Allah mengagumi salat yang dilaksanakan secara berjamaah.” (HR. Ahmad bin Hanbal).
Kesepuluh, menanti salat berjamaah dosanya diampuni dan diberikan rahmat, menurut hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Seorang hamba yang melaksanakan salat, kemudian ia tetap berada di tempat salatnya menantikan pelaksanaan salat, maka malaikat berkata,”Ya Allah, ampunilah ia, curahkanlah rahmat-Mu kepadanya”, sampai ia beranjak atau berhadas. (HR. Muslim).
Kesebelas, keutamaan salat di saf pertama, berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Seandainya manusia mengetahui apa yang ada dalam seruan azan dan saf pertama, niscaya mereka akan merebutnya dengan melakukan undian.” (HR. Al-Bukhari).
Kedua belas, ampunan dosa dan cinta Allah bagi orang yang mengucapkan “amin” yang diucapkan bersamaan dengan ucapan “amin” para malaikat, berdasarkan hadis Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Apabila imam mengucapkan ‘amin’, maka ucapkanlah ‘amin’. Sesungguhnya siapa yang ucapannya sesuai dengan ucapan ‘amin’ yang diucapkan para malaikat, maka Allah mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Ketiga belas, seandainya manusia mengetahui manfaat salat berjamaah, pastilah mereka akan datang meskipun dengan merangkak, Abu Hurairah berkata Rasulullah bersabda,”Seandainya manusia mengetahui hikmah yang ada dalam seruan azan dan saf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya melainkan dengan cara diundi, mereka pasti akan melakukan undian. Seandainya mereka mengetahui manfaat yang ada di dalam takbiratul-Ihram, pastilah mereka akan berlomba untuk mendapatkannya. Seandainya mereka mengetahui manfaat yang ada dalam salat Isya’ dan salat Subuh pastilah mereka akan datang meskipun dengan cara merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Daftar Pustaka
1. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online
589. HIKMAH
KEUTAMAAN SALAT BERJAMAAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang keutamaan salat berjamaah?” Ustad Abdul Somad menjelaskannya
Menurut hadis Nabi banyak keutamaan yang diperoleh orang-orang yang mengerjakan salat berjamaah.
Pertama, pahala salat berjamaah berlipat ganda, karena Ibnu Umar berkata,” Sesungguhnya Rasulullah bersabda,’Salat berjamaah lebih baik daripada salat sendirian sebanyak 27 tingkatan’.” (HR.Muslim).
Kedua, Allah menjaga orang yang melaksanakan salat berjamaah dari setan, karena Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya setan terhadap manusia seperti serigala terhadap kambing, yaitu serigala akan menangkap kambing yang menyendiri dan memisahkan diri dari gerombolannya, maka janganlah kamu memisahkan diri dari jamaah, hendaklah kamu berjamaah bersama banyak orang dan senantiasa memakmurkan masjid.” (HR. Ahmad bin Hanbal).
Abu Darda’ menyebutkan Rasul bersabda,”Apabila terdapat tiga orang yang berada di suatu kampung atau perkampungan badui, dan tidak dilaksanakan salat berjamaah, maka sungguh setan telah menguasai mereka, maka laksanakan salat berjamaah, karena sesungguhnya serigala hanya memakan kambing yang memisahkan diri dari jamaah.” (HR. Abu Daud).
Ketiga, keutamaan salat berjamaah semakin bertambah dengan banyaknya jumlah orang yang ikut salat berjamaah, karena Ubai bin Kaab berkata Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya salat berjamaah dengan satu orang lebih utama daripada salat sendirian, dan salat berjamaah bersama dua orang lebih utama daripada salat bersama satu orang, serta salat berjamaah bersama lebih banyak orang, maka lebih dicintai Allah.” (HR. Abu Daud).
Keempat, orang yang melaksanakan salat berjamaah selama 40 hari tanpa ketinggalan “takbiratul ihram” bersama imam akan dijauhkan dari azab neraka dan dari dijauhkan sifat munafik.
Anas bin Malik berkata Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat 40 hari berjamaah karena Allah dengan mendapatkan takbiratul ihram, maka mereka dijauhkan dari dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan.” (HR. Tirmidzi).
Hadis ini menjelaskan keutamaan salat dengan ikhlas, karena Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat karena Allah dengan hati tulus ikhlas hanya karena Allah semata, maka ia dijauhkan dari kemunafikan, artinya selama hidup di dunia ia diberikan jaminan tidak melakukan perbuatan orang munafik dan selalu diberikan taufik oleh Allah untuk selalu berbuat ikhlas karena Allah.”
Sedangkan di akhirat kelak ia dijauhkan dari azab yang menimpa orang munafik, dan Rasulullah akan memberikan kesaksian bahwa ia bukan orang munafik, karena orang munafik merasa berat ketika melaksanakan salat.
Kelima, orang yang melaksanakan salat Subuh berjamaah akan berada dalam lindungan Allah sejak Subuh sampai hingga petang hari, berdasarkan hadis riwayat Jundub bin Abdillah, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, maka ia berada dalam lindungan Allah.” (HR. Muslim).
Keenam, mendapatkan balasan pahala seperti ibadah haji dan umrah, berdasarkan hadis riwayat Anas bin Malik, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, lalu ia duduk berzikir hingga terbit matahari, kemudian ia melaksanakan salat dua rakaat, maka ia mendapatkan balasan pahala seperti haji dan umrah”. Kemudian Rasulullah bersabda,”Sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. At-Tirmidzi).
Ketujuh, balasan salat Isya’ dan salat Subuh berjamaah seperti salat malam , berdasarkan hadis riwayat Utsman bin ‘Affan, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Isya’ berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan “qiyamullail” setengah malam, dan siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan “qiyamullail” sepanjang malam.” (HR. Muslim).
Kedelapan, para malaikat berkumpul pada salat Subuh dan salat Asar, berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Malaikat malam dan malaikat siang saling bergantian berkumpul pada salat Subuh dan salat ‘Asar. Kemudian malaikat yang bertugas di waktu malam naik, lalu Allah Yang Maha mengetahui bertanya kepada mereka, “Bagaimana kamu meninggalkan hamba -hamba-Ku?”. Mereka menjawab, “Kami tinggalkan mereka ketika mereka sedang melaksanakan salat dan kami datang kepada mereka ketika mereka sedang melaksanakan salat.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Kesembilan, Allah mengagumi orang-orang yang mengerjakan salat berjamaah karena Nabi bersabda,”Sesungguhnya Allah mengagumi salat yang dilaksanakan secara berjamaah.” (HR. Ahmad bin Hanbal).
Kesepuluh, menanti salat berjamaah dosanya diampuni dan diberikan rahmat, menurut hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Seorang hamba yang melaksanakan salat, kemudian ia tetap berada di tempat salatnya menantikan pelaksanaan salat, maka malaikat berkata,”Ya Allah, ampunilah ia, curahkanlah rahmat-Mu kepadanya”, sampai ia beranjak atau berhadas. (HR. Muslim).
Kesebelas, keutamaan salat di saf pertama, berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Seandainya manusia mengetahui apa yang ada dalam seruan azan dan saf pertama, niscaya mereka akan merebutnya dengan melakukan undian.” (HR. Al-Bukhari).
Kedua belas, ampunan dosa dan cinta Allah bagi orang yang mengucapkan “amin” yang diucapkan bersamaan dengan ucapan “amin” para malaikat, berdasarkan hadis Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Apabila imam mengucapkan ‘amin’, maka ucapkanlah ‘amin’. Sesungguhnya siapa yang ucapannya sesuai dengan ucapan ‘amin’ yang diucapkan para malaikat, maka Allah mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Ketiga belas, seandainya manusia mengetahui manfaat salat berjamaah, pastilah mereka akan datang meskipun dengan merangkak, Abu Hurairah berkata Rasulullah bersabda,”Seandainya manusia mengetahui hikmah yang ada dalam seruan azan dan saf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya melainkan dengan cara diundi, mereka pasti akan melakukan undian. Seandainya mereka mengetahui manfaat yang ada di dalam takbiratul-Ihram, pastilah mereka akan berlomba untuk mendapatkannya. Seandainya mereka mengetahui manfaat yang ada dalam salat Isya’ dan salat Subuh pastilah mereka akan datang meskipun dengan cara merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Daftar Pustaka
1. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online
589. HIKMAH
KEUTAMAAN SALAT BERJAMAAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang keutamaan salat berjamaah?” Ustad Abdul Somad menjelaskannya
Menurut hadis Nabi banyak keutamaan yang diperoleh orang-orang yang mengerjakan salat berjamaah.
Pertama, pahala salat berjamaah berlipat ganda, karena Ibnu Umar berkata,” Sesungguhnya Rasulullah bersabda,’Salat berjamaah lebih baik daripada salat sendirian sebanyak 27 tingkatan’.” (HR.Muslim).
Kedua, Allah menjaga orang yang melaksanakan salat berjamaah dari setan, karena Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya setan terhadap manusia seperti serigala terhadap kambing, yaitu serigala akan menangkap kambing yang menyendiri dan memisahkan diri dari gerombolannya, maka janganlah kamu memisahkan diri dari jamaah, hendaklah kamu berjamaah bersama banyak orang dan senantiasa memakmurkan masjid.” (HR. Ahmad bin Hanbal).
Abu Darda’ menyebutkan Rasul bersabda,”Apabila terdapat tiga orang yang berada di suatu kampung atau perkampungan badui, dan tidak dilaksanakan salat berjamaah, maka sungguh setan telah menguasai mereka, maka laksanakan salat berjamaah, karena sesungguhnya serigala hanya memakan kambing yang memisahkan diri dari jamaah.” (HR. Abu Daud).
Ketiga, keutamaan salat berjamaah semakin bertambah dengan banyaknya jumlah orang yang ikut salat berjamaah, karena Ubai bin Kaab berkata Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya salat berjamaah dengan satu orang lebih utama daripada salat sendirian, dan salat berjamaah bersama dua orang lebih utama daripada salat bersama satu orang, serta salat berjamaah bersama lebih banyak orang, maka lebih dicintai Allah.” (HR. Abu Daud).
Keempat, orang yang melaksanakan salat berjamaah selama 40 hari tanpa ketinggalan “takbiratul ihram” bersama imam akan dijauhkan dari azab neraka dan dari dijauhkan sifat munafik.
Anas bin Malik berkata Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat 40 hari berjamaah karena Allah dengan mendapatkan takbiratul ihram, maka mereka dijauhkan dari dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan.” (HR. Tirmidzi).
Hadis ini menjelaskan keutamaan salat dengan ikhlas, karena Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat karena Allah dengan hati tulus ikhlas hanya karena Allah semata, maka ia dijauhkan dari kemunafikan, artinya selama hidup di dunia ia diberikan jaminan tidak melakukan perbuatan orang munafik dan selalu diberikan taufik oleh Allah untuk selalu berbuat ikhlas karena Allah.”
Sedangkan di akhirat kelak ia dijauhkan dari azab yang menimpa orang munafik, dan Rasulullah akan memberikan kesaksian bahwa ia bukan orang munafik, karena orang munafik merasa berat ketika melaksanakan salat.
Kelima, orang yang melaksanakan salat Subuh berjamaah akan berada dalam lindungan Allah sejak Subuh sampai hingga petang hari, berdasarkan hadis riwayat Jundub bin Abdillah, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, maka ia berada dalam lindungan Allah.” (HR. Muslim).
Keenam, mendapatkan balasan pahala seperti ibadah haji dan umrah, berdasarkan hadis riwayat Anas bin Malik, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, lalu ia duduk berzikir hingga terbit matahari, kemudian ia melaksanakan salat dua rakaat, maka ia mendapatkan balasan pahala seperti haji dan umrah”. Kemudian Rasulullah bersabda,”Sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. At-Tirmidzi).
Ketujuh, balasan salat Isya’ dan salat Subuh berjamaah seperti salat malam , berdasarkan hadis riwayat Utsman bin ‘Affan, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Isya’ berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan “qiyamullail” setengah malam, dan siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan “qiyamullail” sepanjang malam.” (HR. Muslim).
Kedelapan, para malaikat berkumpul pada salat Subuh dan salat Asar, berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Malaikat malam dan malaikat siang saling bergantian berkumpul pada salat Subuh dan salat ‘Asar. Kemudian malaikat yang bertugas di waktu malam naik, lalu Allah Yang Maha mengetahui bertanya kepada mereka, “Bagaimana kamu meninggalkan hamba -hamba-Ku?”. Mereka menjawab, “Kami tinggalkan mereka ketika mereka sedang melaksanakan salat dan kami datang kepada mereka ketika mereka sedang melaksanakan salat.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Kesembilan, Allah mengagumi orang-orang yang mengerjakan salat berjamaah karena Nabi bersabda,”Sesungguhnya Allah mengagumi salat yang dilaksanakan secara berjamaah.” (HR. Ahmad bin Hanbal).
Kesepuluh, menanti salat berjamaah dosanya diampuni dan diberikan rahmat, menurut hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Seorang hamba yang melaksanakan salat, kemudian ia tetap berada di tempat salatnya menantikan pelaksanaan salat, maka malaikat berkata,”Ya Allah, ampunilah ia, curahkanlah rahmat-Mu kepadanya”, sampai ia beranjak atau berhadas. (HR. Muslim).
Kesebelas, keutamaan salat di saf pertama, berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Seandainya manusia mengetahui apa yang ada dalam seruan azan dan saf pertama, niscaya mereka akan merebutnya dengan melakukan undian.” (HR. Al-Bukhari).
Kedua belas, ampunan dosa dan cinta Allah bagi orang yang mengucapkan “amin” yang diucapkan bersamaan dengan ucapan “amin” para malaikat, berdasarkan hadis Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Apabila imam mengucapkan ‘amin’, maka ucapkanlah ‘amin’. Sesungguhnya siapa yang ucapannya sesuai dengan ucapan ‘amin’ yang diucapkan para malaikat, maka Allah mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Ketiga belas, seandainya manusia mengetahui manfaat salat berjamaah, pastilah mereka akan datang meskipun dengan merangkak, Abu Hurairah berkata Rasulullah bersabda,”Seandainya manusia mengetahui hikmah yang ada dalam seruan azan dan saf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya melainkan dengan cara diundi, mereka pasti akan melakukan undian. Seandainya mereka mengetahui manfaat yang ada di dalam takbiratul-Ihram, pastilah mereka akan berlomba untuk mendapatkannya. Seandainya mereka mengetahui manfaat yang ada dalam salat Isya’ dan salat Subuh pastilah mereka akan datang meskipun dengan cara merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Daftar Pustaka
1. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online
589. HIKMAH
KEUTAMAAN SALAT BERJAMAAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang keutamaan salat berjamaah?” Ustad Abdul Somad menjelaskannya
Menurut hadis Nabi banyak keutamaan yang diperoleh orang-orang yang mengerjakan salat berjamaah.
Pertama, pahala salat berjamaah berlipat ganda, karena Ibnu Umar berkata,” Sesungguhnya Rasulullah bersabda,’Salat berjamaah lebih baik daripada salat sendirian sebanyak 27 tingkatan’.” (HR.Muslim).
Kedua, Allah menjaga orang yang melaksanakan salat berjamaah dari setan, karena Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya setan terhadap manusia seperti serigala terhadap kambing, yaitu serigala akan menangkap kambing yang menyendiri dan memisahkan diri dari gerombolannya, maka janganlah kamu memisahkan diri dari jamaah, hendaklah kamu berjamaah bersama banyak orang dan senantiasa memakmurkan masjid.” (HR. Ahmad bin Hanbal).
Abu Darda’ menyebutkan Rasul bersabda,”Apabila terdapat tiga orang yang berada di suatu kampung atau perkampungan badui, dan tidak dilaksanakan salat berjamaah, maka sungguh setan telah menguasai mereka, maka laksanakan salat berjamaah, karena sesungguhnya serigala hanya memakan kambing yang memisahkan diri dari jamaah.” (HR. Abu Daud).
Ketiga, keutamaan salat berjamaah semakin bertambah dengan banyaknya jumlah orang yang ikut salat berjamaah, karena Ubai bin Kaab berkata Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya salat berjamaah dengan satu orang lebih utama daripada salat sendirian, dan salat berjamaah bersama dua orang lebih utama daripada salat bersama satu orang, serta salat berjamaah bersama lebih banyak orang, maka lebih dicintai Allah.” (HR. Abu Daud).
Keempat, orang yang melaksanakan salat berjamaah selama 40 hari tanpa ketinggalan “takbiratul ihram” bersama imam akan dijauhkan dari azab neraka dan dari dijauhkan sifat munafik.
Anas bin Malik berkata Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat 40 hari berjamaah karena Allah dengan mendapatkan takbiratul ihram, maka mereka dijauhkan dari dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan.” (HR. Tirmidzi).
Hadis ini menjelaskan keutamaan salat dengan ikhlas, karena Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat karena Allah dengan hati tulus ikhlas hanya karena Allah semata, maka ia dijauhkan dari kemunafikan, artinya selama hidup di dunia ia diberikan jaminan tidak melakukan perbuatan orang munafik dan selalu diberikan taufik oleh Allah untuk selalu berbuat ikhlas karena Allah.”
Sedangkan di akhirat kelak ia dijauhkan dari azab yang menimpa orang munafik, dan Rasulullah akan memberikan kesaksian bahwa ia bukan orang munafik, karena orang munafik merasa berat ketika melaksanakan salat.
Kelima, orang yang melaksanakan salat Subuh berjamaah akan berada dalam lindungan Allah sejak Subuh sampai hingga petang hari, berdasarkan hadis riwayat Jundub bin Abdillah, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, maka ia berada dalam lindungan Allah.” (HR. Muslim).
Keenam, mendapatkan balasan pahala seperti ibadah haji dan umrah, berdasarkan hadis riwayat Anas bin Malik, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, lalu ia duduk berzikir hingga terbit matahari, kemudian ia melaksanakan salat dua rakaat, maka ia mendapatkan balasan pahala seperti haji dan umrah”. Kemudian Rasulullah bersabda,”Sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. At-Tirmidzi).
Ketujuh, balasan salat Isya’ dan salat Subuh berjamaah seperti salat malam , berdasarkan hadis riwayat Utsman bin ‘Affan, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Isya’ berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan “qiyamullail” setengah malam, dan siapa yang melaksanakan salat Subuh berjamaah, maka seakan-akan ia telah melaksanakan “qiyamullail” sepanjang malam.” (HR. Muslim).
Kedelapan, para malaikat berkumpul pada salat Subuh dan salat Asar, berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Malaikat malam dan malaikat siang saling bergantian berkumpul pada salat Subuh dan salat ‘Asar. Kemudian malaikat yang bertugas di waktu malam naik, lalu Allah Yang Maha mengetahui bertanya kepada mereka, “Bagaimana kamu meninggalkan hamba -hamba-Ku?”. Mereka menjawab, “Kami tinggalkan mereka ketika mereka sedang melaksanakan salat dan kami datang kepada mereka ketika mereka sedang melaksanakan salat.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Kesembilan, Allah mengagumi orang-orang yang mengerjakan salat berjamaah karena Nabi bersabda,”Sesungguhnya Allah mengagumi salat yang dilaksanakan secara berjamaah.” (HR. Ahmad bin Hanbal).
Kesepuluh, menanti salat berjamaah dosanya diampuni dan diberikan rahmat, menurut hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Seorang hamba yang melaksanakan salat, kemudian ia tetap berada di tempat salatnya menantikan pelaksanaan salat, maka malaikat berkata,”Ya Allah, ampunilah ia, curahkanlah rahmat-Mu kepadanya”, sampai ia beranjak atau berhadas. (HR. Muslim).
Kesebelas, keutamaan salat di saf pertama, berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Seandainya manusia mengetahui apa yang ada dalam seruan azan dan saf pertama, niscaya mereka akan merebutnya dengan melakukan undian.” (HR. Al-Bukhari).
Kedua belas, ampunan dosa dan cinta Allah bagi orang yang mengucapkan “amin” yang diucapkan bersamaan dengan ucapan “amin” para malaikat, berdasarkan hadis Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Apabila imam mengucapkan ‘amin’, maka ucapkanlah ‘amin’. Sesungguhnya siapa yang ucapannya sesuai dengan ucapan ‘amin’ yang diucapkan para malaikat, maka Allah mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Ketiga belas, seandainya manusia mengetahui manfaat salat berjamaah, pastilah mereka akan datang meskipun dengan merangkak, Abu Hurairah berkata Rasulullah bersabda,”Seandainya manusia mengetahui hikmah yang ada dalam seruan azan dan saf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya melainkan dengan cara diundi, mereka pasti akan melakukan undian. Seandainya mereka mengetahui manfaat yang ada di dalam takbiratul-Ihram, pastilah mereka akan berlomba untuk mendapatkannya. Seandainya mereka mengetahui manfaat yang ada dalam salat Isya’ dan salat Subuh pastilah mereka akan datang meskipun dengan cara merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Daftar Pustaka
1. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3. Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online


