Organisasi Profesi Guru

Presiden Jokowi memberi hormat kepada Guru-Guru se Indonesia.

Tema Gambar Slide 2

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Tema Gambar Slide 3

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Sunday, July 2, 2023

18842. MASJID HARAM KE MASJID AQSA JARAK 767 AYAT DAN 767 MIL

 


 

MASJID HARAM KE MASJID AQSA  JARAK 767 AYAT DAN 767 MIL

Oleh : Drs. HM Yusron Hadi, MM

 

 

Masjidil Haram di Mekah.

Masjid Aqsa di Palestina.

 

Menurut Google Earth.

Jaraknya 767 mil.

 

Dalam Al-Quran.

Ayat isi Masjidil Haram ke Masdjidil Aqsa.

Jaraknya 767 ayat.

 

Masjidl haram

Surah At-Taubah (surah ke-9) ayat 28.

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْمُشْرِكُونَ نَجَسٌ فَلَا يَقْرَبُوا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ بَعْدَ عَامِهِمْ هَٰذَا ۚ وَإِنْ خِفْتُمْ عَيْلَةً فَسَوْفَ يُغْنِيكُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ إِنْ شَاءَ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

 

Hai orang-orang beriman, Sesungguhnya orang musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidil Haram sesudah tahun ini. Dan jika kamu khawatir menjadi miskin, maka Allah nanti akan memberimu kekayaan kepadamu dari karunia-Nya, jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

 

 

Surah Al-lsra (surah ke-17) ayat 1.

 

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

 

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

 

Ada 2 tempat suci.

Bagi umat lslam.

1)        Masjidil Haram Mekah.

2)        Masjid Aqsa Palestina.

 

Karena 2 lakasi itu.

Jadi tempat singgah Nabi Muhammad.

Saat peristiwa Isra Miraj.



Masjidil Haram di Mekah.

Tempat paling suci .

Dan Kiblat bagi umat Islam.

Di seluruh dunia.

 

Di dalamnya.

Ada Kakbah sangat dimuliakan.

 

Masjid Aqsa di Palestina.

 

Tempat bersejarah bagi umat Islam.

Jadi kiblat pertama.

Bagi umat Muslim.

Sebelum ganti ke Kakbah di Mekah.


Jarak lokasi Masjidil Haram.

Di Mekah Arab Saudi.

Dengan  Masjid Aqsa di Palestina.

Cukup jauh.

 

Tapi fakta menarik di dalamnya.

 

Jarak lokasi Masjidil Haram dan Masjidil Aqsa.

Ternyata sesuai dengan Al-Qur’an.


lnstagram @ridzuanongpodcast.

Menunjukan salah satu keajaiban Al-Quran.

Dalam Al-Qur’an.

Kata “Masjidil Aqsa”.

Disebut pada surah Al-Isra (surah ke-17) ayat 1.

 

Kata “Masjidil Haram”.

Juga disebut dalam ayat itu.


Tapi sebelum disebut dalam Surat Al Isra.

Kata “Masjidil haram”.

Terakhir disebut dalam surah At-Taubah (surah ke-9) ayat 28.

 

Surah At-Taubah (surah ke-9) ayat 28.

Ke surat Al-Isra (surah ke-17)  ayat 1.

Jaraknya 767 ayat.



Fakta menariknya.

Jarak ayat itu.

 

Ternyata persis sama.

Dengan jarak lokasi .

Dari Masjidil Haram ke Masjid Aqsa.

 

Lewat Google Earth.



Melalui Google Earth.

Dilakukan pencarian.

 

Jarak Masjidil Haram ke Masjid Aqsa.

Ditemukan 767 mil.

 

Angka itu persis sama.

Dengan jarak 767 ayat.

 

(Sumber sindo)

18841. GURU WAJIB DAN HARAM DI SEKOLAH KITA

 


GURU WAJIB DAN GURU HARAM

DI SEKOLAH KITA

Oleh : Drs. HM Yusron Hadi, MM

 

 

Dimuat majalah Media.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Provinsi Jawa Timur

Edisi Februari 2003

 

PENDAHULUAN

 

Penggolongan guru di sekolah.

Didekati dengan istilah hukum.

Dalam agama Islam.

 

Pendekatan ini.

Bukan untuk mencampur aduk.

Atau merendahkan nilai.

Istilah hukum itu.

 

Tapi sekadar memudahkan pemahaman.

Karena istilah hukum itu.

Sangat akrab bagi kita.

 

Abdullah Gymnastiar (2002).

Katakan:

Tanpa diawali berani menilai.

Dengan jujur diri sendiri.

Maka tak akan ada perubahan dan perbaikan.

 

Orang yang tidak berani.

Melihat kekurangan dirinya.

Berarti sudah menipu diri sendiri.”

 

 

GURU WAJIB

 

Tipe guru ini punya ciri:

Beberadaannya sangat disukai.

Dibutuhkan, harus ada.

 

Jika dia tidak ada.

Membuat para siswa, guru, dan pegawai lain.

Merasa sangat kehilangan.

 

Dia disenangi.

Karena pribadinya sangat mengesankan.

Wajahnya selalu jernih.

 

Dengan senyum tulus.

Yang bisa menyenangkan siapa pun.

Yang berjumpa dengannya.

 

Tutur katanya santun.

Tak pernah melukai hati siapa pun.

 

Pembicaraannya sangat bijak.

Dia ramah, sabar.

 

Dan bersedia memahami tiap murid.

Suka membantu, adil dan tegas.

Terhadap para muridnya.

 

Dia pandai mengajar.

Dan membangkitkan motivasi.

Serta punya rasa humor menyegarkan.

 

Sehingga dia disenangi murid-muridnya.

Penampilannya selalu rapi, bersih dan bersahaja.

 

Tak sombong.

Meskipun ilmu, kedudukan dan kekayaannya tinggi.

 

Dia tak suka membedakan dan menonjolkan diri.

Dia sabar, pemaaf.

 

Tak pernah memendam perasaan benci dan dendam.

Kepada siapa pun.

 

Etos kerjanya sangat tinggi.

Sehingga lingkungannya terpengaruh semangat kerjanya.

 

 

Dia sangat menyenangi pekerjaannya sebagai guru.

Baginya bekerja adalah ibadah.

 

Kepuasan batin lebih diutamakan.

Dibanding kesejahteraan dirinya.

 

Tidak ada istilah cari muka, jilat ke atas, sikut samping atau injak bawah.

 

Ibadahnya sangat baik.

Tanpa ada pihak mana pun yang terganggu.

 

Tiap berdoa.

Dia selalu menambahkan doa khusus.

Untuk para muridnya.

 

Agar kelak jadi manusia dewasa.

Yang lebih berhasil dibanding dirinya.

 

 Dia tak pernah sungkan bertanya.

Dan minta pendapat kepada siapa pun.

 

Hal ini membuat dia cepat berubah.

Memperbaiki kesalahan.

Yang pernah dilakukannya.

 

Semangat menambah ilmu sangat tinggi.

Dia selalu menyediakan waktu, dana, dan tenaga.

Untuk memperluas wawasan.

 

Dia tidak memandang muridnya.

Sebagai bawahan.

Tapi sebagai mitra potensial.

 

Dia tak mengharapkan muridnya kelak berterima kasih padanya.

 

Dia melakukan tugasnya sebagai guru.

Dengan antusias, semangat, tenang dan senang.

 

Keadaan keluarganya.

Yang serasi, harmonis, dan tampak bahagia.

 

Jadi contoh pribadi.

Yang berusaha jaga keseimbangan.

 Hak dan kewajiban.

 

Dalam bekerja, bermasyarakat, dan berumah tangga.

 

GURU SUNNAH

 

Tipe guru ini punya ciri:

Kehadiran dan keberadaannya.

Memang menyenangkan.

 

Tapi jika dia tidak ada.

Tampaknya siswa, guru, dan pegawai lain.

Tak terlalu merasakan.

Sebagai suatu kehilangan.

 

Tipe guru ini.

Hampir mirip dengan guru Wajib.

 

 Dia berprestasi, pribadi menyenangkan, dan etos kerjanya tinggi.

 

Hanya saja.

Ketika dia tidak ada.

Lingkungannya tak terlalu kehilangan.

 

Mungkin kualitas ketulusannya.

Belum membekas dalam hati.

 

Kenangan indah dalam hati.’

Hanya bisa diukir dengan perbuatan.

Yang berasal dari hati juga.

 

Mungkin  sikap, perilaku, dan prestasi kerja.

Yang dilakukannya.

Hanya demi uang, pangkat, dan pujian semata.

 

GURU MUBAH

 

Ciri tipe guru ini.

Ada dan tiadanya sama saja.

 

Kehadirannya.

Tak membawa manfaat atau kerugian apapun.

 

Kepergiannya tak membuat kehilangan.

Dia tak punya semangat.

Tak punya motivasi.

 

Dia melakukan tugasnya sebagai guru.

Hanya asal mengajar, asal bekerja.

 

Kehidupannya tidak menarik.’

Datar- datar saja.

Dia hanya menghabiskan jatah umur saja.

 

 

GURU MAKRUH

 

Ciri Tipe guru ini.

Kehadirannya menimbulkan masalah.

Dan tidak hadirnya.

Malah tak jadi masalah.

 

Ketika dia berada di sekolah.

Akan menjadi masalah.

 

Kehadirannya membuat suasana tidak nyaman.

 

Kenyamanan terwujud.

Justru ketika dia tidak ada.

 

Kemunculannya mengganggu lingkungan sekitar.

 

 Tercium bau keringatnya, dan bau mulutnya tidak segar.

 

Jika berbicara menyinggung perasaan.

Waktu bergurau sangat vulgar.

 

Membuat malu pendengarnya.

Pekerjaannya sebagai guru tidak tuntas.

 

Dia mengajar seenaknya.

Dan mengganggu kinerja lain.

 

GURU HARAM

 

Tipe guru ini sangat merugikan.

Dan tidak diharapkan hadirnya.

 

Akhlak dan perilakunya sangat buruk.

Dia sering menfitnah, mengadu domba, penuh tipu daya dan tidak jujur.

 

Dia tidak melakukan kewajibannya sebagai guru.

Dan suka mengambil yang bukan haknya.

 

Dia hanya melakukan sesuatu.

Yang menguntungkan dirinya saja.

 

Tanpa peduli aturan dan hak orang lain.

Etos kerjanya sangat buruk.

 

Dia bukan menyelesaikan masalah.

Tapi pembuat masalah.

 

Ketika dia tidak ada.

Maka lingkungannya akan “bancaan”.

Dalam suasana gembira ria.

 

KESIMPULAN

 

Tentu saja.

Siapa pun boleh menambah ciri lain.

Pada tiap tipe guru di atas.

 

Semoga hal itu.

Bisa jadi bahan renungan buat kita semua.

 

Agar mampu mengubah diri kita menjadi lebih baik.

Dan berusaha jadi “guru yang wajib ada”.

 

Semoga!

 

DAFTAR RUJUKAN

1.    Gymnastiar, Abdullah, 2002 : Lima Tipe Karyawan / Pejabat di Kantor Kita. Penerbit : MQS Pustaka Grafika, Bandung.

2.    Harefa, Andrias, 2001: Pembelajaran di Era Otonomi. Penerbit Buku Kompas, Jakarta

 

 

18840. SIARAN HAJI MEKAH 2023

18837. HASIL LIGA 1 BRI 2023

18836. BELGIA VS MESIR (1-3)