Thursday, November 2, 2023

31874. SEJARAH KERETA CEPAT JAKARTA BANDUNG

 


SEJARAH KERETA CEPAT JAKARTA BANDUNG

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

Tahun 2014-2015.

Presiden SBY.

 

Terima ide Jepang.

Bangun kereta cepat.

Jakarta Bandung.

 

Tahun 2014.

Presiden SBY.

Diganti Presiden Jokowi.

 

Jepang tawar.

1)        6,2 miliar dollar AS.

2)        Waktu 40 tahun.

 

3)        Bunga 0,1 persen per tahun.

4)        Masa tenggang 10 tahun.

 

China tawar.

1)        5,5 miliar dollar AS.

2)        Bunga 2 - 3,4 persen per tahun.

 

Pembangungan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Molor beberapa tahun.

 

1)        Biaya jadi 7,27 miliar dollar AS.

2)        Setara Rp 112 triliun.

 

3)        Pakai APBN.

 

4)        Bayar utang dan bunga.

Dijamin pemerintah Indonesia.

 

Hal itu.

Melanggar janji awal.

 

Kereta cepat versi Jepang.

Japan International Cooperation Agency (JICA).

 

Tahun 2014.

Jepang studi layak 3,5 juta dollar AS.

 

Tawarkan kereta cepat.

Tengah kota Jakarta dan Bandung.

 

Tapi China bangun stasiun.

Di kawasan pinggiran.

 

Alasan Jepang.

Kereta cepat simbol Kota Jakarta.

 

Dibangun di pintu masuk Jakarta.

Dekat area komersil dan bisnis.

Agar penumpang tinggi.

 

Proposal JICA

Dikutip (1/11/2023).

 

 

(Sumber kompas)



0 comments:

Post a Comment