BERJIHAD MENGHADAPI SETAN
(Seri ke-1)
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.
Beberapa orang bertanya,”Mohon dijelaskan tentang “Berjihad melawan setan menurut Al-Quran?” Profesor Quraish Shihab menjelaskannya
Kata “jihad” menurut KBBI V bisa diartikan “usaha dengan segala daya upaya untuk mencapai kebaikan”, “usaha sungguh-sungguh membela agama Islam degan mengorbankan harta benda, jiwa, dan raga”, dan “perang suci melawan orang kafir untuk mempertahankan agama Islam dengan syarat tertentu”.
Para ulama menjelaskan bahwa terjadi kekeliruan dalam memahami istilah “jihad”, karena “jihad” biasanya hanya dipahami dalam arti “perjuangan fisik” atau “perlawanan bersenjata’, hal ini terjadi karena sering kali kata “jihad” terucapkan pada saat perjuangan fisik.
Salah satu bentuk jihad adalah perjuangan fisik dengan berperang, tetapi harus diingat pula bahwa masih ada jihad yang lebih besar daripada pertempuran fisik, Nabi bersabda ketika baru kembali dari medan pertempuran, “Kita kembali dari jihad kecil menuju jihad besar, yaitu jihad melawan hawa nafsu”.
Allah memerintahkan manusia untuk mempersiapkan kekuatan dan mengatur strategi menghadapi musuh sebelum berjihad, dan salah satu hal yang membantu tercapainya kemenangan adalah memahami kekuatan dan kelemahan musuh, serta tipu dayanya.
Al-Quran dan hadis Nabi banyak menguraikan sifat-sifat setan, nafsu manusia, orang kafir, dan orang munafik, serta memberikan petunjuk cara menghadapi setan dan nafsu manusia, serta memberikan batasan jihad dengan menggunakan senjata.
Al-Quran menyatakan bahwa setan adalah sumber segala kejahatan yang sering menggunakan kelemahan nafsu manusia.
Setan adalah nama yang paling populer di antara nama-nama si perayu kejahatan, dan nama setan dikenal dalam ketiga agama samawi, yaitu Yahudi, Nasrani, dan Islam.
Konon, kata “setan” berasal dari bahasa Ibrani, yang artinya “lawan” atau “musuh", dan mungkin kata “setan” berasal dari bahasa Arab “syaththa” yang artinya “tepi”, dan “syatha” yang artinya “hancur dan terbakar”, atau “syathatha” yang berarti “melampaui batas”.
Setan, karena jauh dari rahmat Allah, akan hancur dan terbakar di neraka, dan “setan” selalu berda di tepi, karena memilih yang ekstrem dan melampaui batas, sehingga Nabi bersabda,”Sebaik-baik sesuatu adalah yang moderat, yang berada di tengah”.
Konon, kata “devil” dalam bahasa Inggris terambil dari kata “do” yang artinya “melakukan” dan “evil” yang artinya “kejahatan”, sehingga “setan” adalah “yang melakukan kejahatan”.
Setan yang paling jahat bernama “iblis”, dan sebagian ahli Barat berpendapat bahwa kata “iblis” berasal dari bahasa Yunani “diabolos” yang artinya “memasuki dua pihak untuk menghasut dan memecah belah”, dan “diabolos” adalah gabungan “dia” yang artinya “ketika” dan “ballein” yang artinya “melontar”.
Kata “iblis” diduga berasal dar bahasa Arab terambil dari akar kata “ablasa” yang artinya “putus harapan”, karena iblis telah putus harapannya masuk ke surga.
Allah tidak menciptakan setan dengan sia-sia, karena sejak manusia mengenal setan, maka sejak itu terbuka lebar pintu kebaikan bagi manusia, karena dengan setan, dan mengetahui sifat-sifatnya, manusia dapat membedakan yang baik dan yang buruk, serta dapat mengenal substansi kebaikan.
Kebaikan bukan sekadar sesuatu yang tidak jelek dan jahat, dan bukan sekadar lawan kejelekan dan kejahatan, tetapi wujud kebaikan akan nyata pada saat kejahatan yang ada itu diabaikan, lalu dipilih yang baik.
Apabila manusia mampu memilih kebaikan dan menolak kejelekan, maka manusia derajatnya melebihi malaikat, karena malaikat tidak dapat tergoda kejahatan, tetapi manusia dapat menjadi setan ketika memilih yang jelek dan merayu yang lain untuk memilih kejahatan.
Al-Quran surah Al-A'raf, ke-7 ayat 16-17.
قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ ثُمَّ لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ
“Iblis menjawab,”Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)”.
Setan akan menghadang dan merayu manusia dari empat penjuru, yaitu dari depan, belakang, kanan dan kiri, sehingga tersisa dua penjuru yang aman, yaitu dari arah “atas”, yaitu lambang kehadiran Allah, dan dari arah “bawah”, yaitu lambang kesadaran manusia akan kelemahannya di hadapan Allah.
Manusia harus berlindung kepada Allah, dan menyadari kelemahannya sebagai makhluk Allah, agar dapat selamat dari godaan dan rayuan setan.
Para ulama menggambarkan godaan setan seperti serangan virus, yaitu seseorang tidak akan terjangkiti olehnya selama memiliki kekebalan tubuh, dan imunisasi dari “setan” adalah cara terbaik untuk menjaga diri dari penyakit jasmani, serta kekebalan jiwa diperoleh dari arah “atas” dan “bawah”.
Al-Quran surah An-Nisa, surah ke-4 ayat 76.
الَّذِينَ آمَنُوا يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۖ وَالَّذِينَ كَفَرُوا يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ الطَّاغُوتِ فَقَاتِلُوا أَوْلِيَاءَ الشَّيْطَانِ ۖ إِنَّ كَيْدَ الشَّيْطَانِ كَانَ ضَعِيفًا
“Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berperang di jalan “thaghut”, sebab itu perangilah kawan-kawan setan itu, karena sesungguhnya tipu daya setan itu adalah lemah”.
Ayat Al-Quran di atas menjelaskan bahwa tipu daya setan adalah lemah bagi orang yang memiliki kekebalan jiwa, dan hal ini menjadi dasar Al-Quran memerintahkan agar manusia untuk membaca “berta'awwudz”, yaitu memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.
أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
“Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk”
Dalam berjihad seorang Muslim dianjurkan banyak berzikir, serta banyak menyebut dan memekikkan kalimat takbir “Allahu Akbar” (Allah Maha Besar).
اللهُ أكْبَرُ
“Allah Maha Besar”
Daftar Pustaka
1. Shihab, M.Quraish. Lentera Hati. Kisah dan Hikmah Kehidupan. Penerbit Mizan, 1994.
2. Shihab, M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Quran. Tafsir Maudhui atas Perbagai Persoalan Umat. Penerbit Mizan, 2009.
3. Shihab, M.Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online.
0 comments:
Post a Comment