CARA SALAT JUMAT 4 MAZHAB
Oleh: Drs. H.M. Yusron Hadi, M.M.

A. Sumber hukum lslam.
1. Ajaran Islam bersumber kepada Al-Quran
dan sunah (hadis Nabi).
2. Ajaran Islam memiliki beberapa cabang
ilmu, salah satunya ilmu fikih.
3. Ilmu fikih adalah ilmu yang mempelajari
tentang hukum Islam.
B. Mazhab terbesar.
1. Dunia Islam mengenal 4 mazhab terbesar,
yaitu:
1) Mazhab Hanafi.
2) Mazhab Maliki.
3) Mazhab Syafii.
4) Mazahab Hambali.
2. Mazhab adalah haluan atau aliran mengenai
hukum fikih yang menjadi ikutan umat Islam.
3. Masing-masing mazhab mempunyai karakter/keistimewaan
tersendiri.
1) Mazhab Hanafi didirikan oleh Nukman bin
Tsabit (lahir tahun 89 Hijriah dan wafat tahun 150 Hijirah). Nukman bin Tsabit seorang guru besar ilmu
fikih di Irak.
2) Mazhab Maliki didirikan oleh Imam Malik
bin Anas (lahir tahun 93 Hijriah dan wafat tahun 179 Hijriah). Imam Malik bin
Anas berasal dari Madinah.
3) Mazhab Syafii didirikan oleh Muhammad bin
Idris (lahir tahun 150 Hijriah dan wafat tahun 200 Hijirah). Muhammad bin Idris
berasal dari Gaza, Palestina.
4) Mazhab Hambali didirikan oleh Ahmad bin
Hambal (lahir tahun 164 Hijriah dan wafat tahun 241 Hijriah). Ahmad bin Hambal
berasal dari Baghdad, Irak.
C. Dasar hukum salat Jumat.
1. Semua mazhab sepakat dasar hukum salat
Jumat adalah Al-Quran surah Al-Jumuah (surah ke-62) ayat 9.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ
لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا
الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Hai orang-orang yang beriman, apabila
diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat
Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu
mengetahui.
D. Lokasi/tempat salat Jumat.
1. Imam Hanafi, Syafii, dan Hambali, lokasi/tempat
melakukan salat Jumat:
1) Boleh dikerjakan dalam masjid.
2) Boleh dilaksanakan di tempat lain, selain
masjid.
2. Imam Malik, salat Jumat:
1) Harus dilaksanakan dalam masjid.
2) Dilarang dilakukan di tempat selain
masjid.
E. Jumlah minimal jemaah salat Jumat.
1. Imam Hanafi, jumlah jamaah salat Jumat
minimal 5 orang, termasuk imam.
2. Imam Maliki, jumlah jamaah salat Jumat
minimal 13 orang, termasuk imam.
3. Imam Hambali dan Syafii, jumlah jamaah
salat Jumat minimal 41 orang, termasuk imam.
F. Posisi khatib ketika sedang berkhotbah.
1. Imam Maliki dan Syafii, ketika khatib
sedang berkhotbah Jumat:
1) Khatib wajib berdiri.
2. Imam Hanafi dan Hambali, ketika khatib
sedang berkhotbah Jumat:
1) Khatib tidak wajib berdiri.
G. Materi minimal yang disampaikan seorang
khatib ketika berkhotbah Jumat.
1. Imam Hanafi, seorang khatib ketika berkhotbah
salat Jumat minimal:
1) Membaca hamdalah.
2) Membaca istigfar.
2. Imam Maliki, seorang khatib ketika berkhotbah
salat Jumat minimal:
1) Mengucapkan pesan takwa kepada Allah.
3. Imam Syafii, seorang khatib ketika berkhotbah
salat Jumat:
1) Pada khutbah ke-1 minimal:
a. Mengucapkan hamdalah.
b. Selawat Nabi.
c. Pesan takwa
d. Membaca ayat Al-Quran.
2) Pada khutbah ke-2 minimal:
a. Mengucap hamdalah.
b. Selawat Nabi.
c. Pesan takwa.
d. Berdoa untuk semua umat Islam.
4. Menurut Imam Hambali seorang khatib
ketika berkhutbah salat Jumat minimal:
1) Mengucap hamdalah.
2) Selawat Nabi.
3) Pesan takwa.
4) Membaca ayat Al-Quran.
H. Posisi khatib ketika duduk di antara 2
khotbah Jumat.
1. Imam Maliki, dan Hanafi, khatib salat
Jumat:
1) Khatib tidak wajib duduk di antara 2 khotbah.
2. Imam Syafii, khatib salat Jumat:
1) Khatib wajib duduk sebentar di antara dua
khutbah.
3. Hambali menyatakan khatib salat Jumat:
1) Khatib boleh duduk atau tidak duduk di
antara 2 khotbah.
I. Bahasa yang dipakai khatib ketika berkhotbah
Jumat.
1. Imam Maliki, ketika khatib berkhotbah
Jumat:
1) Khatib wajib menggunakan bahasa Arab.
2. Imam Hanafi, Syafii, dan Hambali, khatib khotbah
Jumat:
1) tidak wajib menggunakan bahasa Arab
ketika berkhotbah.
J. Bacaan surah Al-Quran setelah membaca
surah Al-Fatihah dalam salat Jumat.
1. Imam Maliki:
1) Rakaat ke-1, imam salat Jumat harus
membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Rakaat ke-2, imam harus membaca surah Al-Ghosiyah (surah ke-88).
2. Menurut Imam Syafii:
1) Rakaat ke-1, imam salat Jumat harus
membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Rakaat ke-2, imam harus membaca surah
Al-Munafikun (surah ke-63).
3. Menurut Imam Hanafi:
1) Hukumnya makruh, jika imam salat Jumat, ditentukan
bacaan surahnya, setelah membaca surah Al-Fatihah.
K. Hukum Islam.
1. Wajib.
Yaitu perbuatan harus dilakukan dan tidak
boleh ditinggalkan.
2. Sunah.
Yaitu perbuatan dianjurkan, jika dilakukan
mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak berdosa.
3. Mubah.
Yaitu berupa pilihan bebas, artinya boleh
dilakukan dan boleh tidak dikerjakan.
4. Makruh.
Yaitu perbuatan yang dianjurkan untuk
ditinggalkan, tetapi tidak berdosa jika dikerjakan.
5. Haram.
Yaitu perbuatan terlarang untuk
dikerjakan.
Daftar Pustaka.
1. Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5
mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital
Qur’an Ver 3.2
3. Tafsirq.com online.
0 comments:
Post a Comment