Organisasi Profesi Guru

Presiden Jokowi memberi hormat kepada Guru-Guru se Indonesia.

Tema Gambar Slide 2

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Tema Gambar Slide 3

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Thursday, August 4, 2022

14285. HUKUMNYA MENGUBAH NAMA ANAK ASUH

 

 



 

HUKUMNYA MENGUBAH NAMA ANAK ASUH

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M

 

 

 

Orang Tua Asuh.

 Memberi Atau Mengubah.

 Nama Anak Asuh.

 

Islam mewajibkan.

Agar orang tua memberi nama anaknya.

Dengan nama yang bagus.

 

Nama mengandung doa.

Dilarang memberi nama sembarang.

Dengan arti tidak jelas. 

 

Anak harus diberi nama yang baik.

 

Hadis riwayat lbnu Majah.

 

Rasulullah bersabda,

Tiap anak tergadai akikahnya.

 

Sampai disembelihkan kambing untuknya.

Pada hari ke-7 kelahiran.

 

Dicukur rambut kepalanya.

Dan diberi nama baik.”

 

Al-Quran surah Maryam (surah ke-19) ayat 7.

 

يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَىٰ لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا

 

Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, sebelumnya Kami belum pernah memberi nama seperti itu.

 

Al-Quran surah Ali lmran (surah ke-3) ayat 36.

 

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

 

Maka tatkala isteri 'Imran melahirkan anaknya, dia berkata: "Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak wanita; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya; dan anak pria tidak seperti anak wanita. Sesungguhnya aku memberi dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada setan  terkutuk".

 

 

Berdasar hadis dan ayat di atas.

Bahwa orang tua.

 

Harus memberi nama yang baik.

Untuk anaknya.

 

Pada dasarnya.

Boleh memberi nama.

Atau mengubah nama anak asuh.

 

Dengan catatan:

1.        Untuk maslahat.

2.        Tak menghilangkan status nasabnya.

 

3.        Komunikasi dengan orang tua kandungnya.

4.        Dilakukan sesuai hukum positif.

 

5.        Minta pendapat anak.

6.        Tak timbul konflik.

 

(Sumber suara.muhammadiyah)

14284. HAI ORANG KAFIR UNTUKMU AGAMAMU UNTUKKU AGAMAKU

 

 




 

 

HAI ORANG KAFIR UNTUKMU AGAMAMU DAN UNTUKKU AGAMAKU

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M

 

 

 

AL-Quran surah Al-Kafirun (surah ke-109) ayat 1-6.

 


قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

 

Katakan: "Hai orang-orang kafir.

 

لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ

 

Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.

 

وَلَا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ

 

Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah.

 

وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ

 

Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.

 

وَلَا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ

 

Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.

 

لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ

 

Untukmu agamamu, dan untukku, agamaku".

 

 

Politisi PDI Perjuangan.

 Ruhut Sitompul kembali.

Melontarkan pernyataan kontroversi.

 

Menyindir Gubernur Jakarta.

Anies Baswedan.

 

Yang menikahkan putrinya.

Pakai bahasa Arab.

 

 

Ruhut menyinggung.

Anies Baswedan.

 

Yang dianggap mengaku.

Orang asli Jogya.

 

Tapi pakai bahasa Arab.

Dalam akad nikah.

 

 “Baru aku ta’u yang suka ngaku-ngaku asli Jokya itu, bahasanya Bahasa Arab,” kata Ruhut Sitompul.

Sabtu, (30/7/2022).

 

“Ha ha ha Oh ho kau ketahuan Sip deh Maturnuwun Sukron nie ye,” sambungnya.

 

 

Bersama pernyataannya.

Ruhut Sitompul membagi berita.

 

Berjudul:

 “Anies Baswedan Mantu, Akad Nikah Pakai Bahasa Arab”.

 

Ruhut Sitompul.

 Terlalu Campuri Agama Islam.

 

Cuitan Ruhut.

Mendapat banyak kecaman.

 

Pegiat media sosial.

Umar Hasibuan menilai.

 

Ruhut Sitompul.

Suka mencampuri agama Islam.

 

 “Akad nikah pakai bahasa Arab.

Dia nyinyirin.

 

Nanti dilaporkan.

Menghina agama.

 

Dia minta maaf.

Dan minta agar tak lapor polisi.

 

Dia tak belajar dari kasus dulu,” sambungnya.

 

Andi Sinulingga berkata.

 

Bahwa Ruhut Sitompul.

 

Sebagai orang Kristen.

Tidak boleh komentar.

 

Cara pernikahan Islam.

Dengan sinis.

 

Karena orang lslam.

Dalam beribadah pakai bahasa Arab.

 

Nikah itu termasuk ibadah.

 

Hukum Ijab kabul pakai bahasa Arab.

 

Lafaz ijab kabul.

Bagian terpenting dalam pernikahan.

 

Karena lewat lafaz Ijab kabul.

Bisa ditentukan sah.

 

Atau tidak sah.

Suatu pernikahan.

 

Mazhab Hambali

 

Ijab kabul hanya sah.

Jika pakai lafaz :

1.         انكاح (inkah)”.

2.        تزويج (tazwij)”.

 

Bagi orang yang mampu bahasa Arab.

 

Mazhab Syafi’i.

 

Ijab kabul sah.

Boleh pakai terjemahan bahasa Arab.

Tak harus pakai bahasa Arab.

 

Pada Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974.

Tentang Perkawinan.

 

Tak diatur soal bahasa.

 

Tapi idealnya.

 Ijab kabul pakai bahasa Arab.

 

Karena nikah termasuk ibadah.

Dalam ajaran lslam.

 

(Sumber barisan)

14283. SOAL DABBAH DAN JA'JUJ MA'JUJ DALAM ISLAM

 



 

 

SOAL DABBAH DAN YA’JUJ  MA’JUJ DALAM ISLAM

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M

 

 

 

 

Munculnya Dabbah dan Ya’juj Ma’juj.

 

Hal itu diyakini Muhammadiyah.

Karena diterangkan Al-Qur’an.

 

Al-Quran surah An-Naml (surah ke-27) ayat 82.

 

۞ وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ

 

Dan jika perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.

 

 

Al-Quran surah An-Anbiya (surah ke-21) ayat 96-97.

 

حَتَّىٰ إِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ

 

Hingga jika dibukakan (tembok) Ya'juj dan Ma'juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat tinggi.

 

Meskipun secara “mujmal dan mubham”.

Tanpa ada perincian.

 

Soal Dajjal.

Tidak disebut dalam Al-Qur’an.

 

Tapi disebut dalam hadis sahih.

Hampir mendekati mutawatir.

 

Atau paling tidak bersifat masyhur.

 

 

(Sumber suara.muhammadyah)