KHATIB JUMAT TIDAK WAJIB
BERDIRI
Oleh: Drs. H. M.
Yusron Hadi, M.M
A.
Menurut mazhab Hanafi dan Hambali, khatib salat Jumat ketika
berkhotbah tidak wajib berdiri.
1. Mazhab Syafii dan Maliki
berpendapat khatib salat Jumat ketika berkhotbah wajib berdiri.
B.
Khilafiah.
1.
Khilafiah adalah perbedaan pendapat di antara para ulama ahli
hukum dalam menentukan hukum.
C.
Cara menghadapi khilafiah.
1. Para ulama sepakat
dalam menghadapi khilafiah:
1)
Menerima, mengakui, dan toleran adanya perbedaan pendapat yang
terjadi.
2)
Berusaha memilih pendapat secara bertanggung jawab.
3)
Tidak bersifat mutlak terhadap pilihan yang lain.
4)
Mengutamakan masalah pokok dibanding masalah khilafiah.
5)
Tiap pribadi berhak memilih dan mengikuti pendapat terbaik yang
diyakininya.
6)
Menghormati akibat adanya perbedaan pilihan.
D. Mengakui konsekuensi
logis dari hasil ijtihad.
1) Pendapat orang atau
kelompok, betapapun diyakini kebenarannya masih mungkin terjadi kesalahan.
2) Pendapat orang lain
atau kelompok lain, meskipun dinilai salah masih mungkin terdapat unsur
kebenarannya.
3) Artinya boleh berbeda
pendapat, tetapi dalam dada tidak ada perselisihan.
E.
Contoh terjadinya khilafiah.
1.
Perang Bani Quraizhah.
1)
Rasulullah bersabda,”Kalian jangan salat Asar sebelum sampai di
perkampungan Bani Quraizhah”.
2)
Perjalanan pasukan ke Bani Quraizhah perlu waktu lama, hingga
jadwal waktu salat Asar hampir habis.
3)
Sebagian kelompok pasukan Islam melakukan salat Asar, sebelum
tiba di perkampungan Bani Quraizhah.
4)
Tetapi sebagian kelompok lagi berpegang pada bunyi teks dan
tetap bersikukuh melaksanakan salat Asar di perkampungan Bani Quraizhah,
meskipun waktu Asar sudah berlalu.
5)
Perbedaan ini dilaporkan kepada Rasulullah.
6)
Rasulullah membenarkan kedua kelompok dan tidak menyalahkan
siapa pun, meskipun berbeda.
F.
Qunut Subuh.
1. Mazhab Hanafi.
1)
TIDAK ADA qunut pada salat Subuh.
2. Mazhab Maliki.
1)
ADA qunut Subuh.
2)
Qunut Subuh dilakukan pada rakaat ke-2 sebelum rukuk.
3. Mazhab Syafii.
1)
ADA qunut Subuh.
2)
Qunut Subuh dilakukan pada rakaat ke-2 setelah rukuk.
4. Mazhab Hambali.
1)
TIDAK ADA qunut pada salat Subuh.
G.
Jumlah jemaah salat Jumat.
1. Mazhab Hanafi.
1)
Minimal 5 orang (termasuk imam).
2. Mazhab Maliki.
1)
Minimal 13 orang (termasuk imam).
3. Mazhab Syafii.
1)
Minimal 41 orang (termasuk imam).
4. Mazhab Hambali.
1)
Minimal 41 orang (termasuk imam).
H.
Tempat salat Jumat.
1. Mazhab Hanafi.
1)
Boleh di tempat selain masjid.
2. Mazhab Maliki.
1)
Salat Jumat WAJIB di masjid.
3. Mazhab Syafii.
1)
Boleh di tempat selain masjid.
4. Mazhab Hambali.
1)
Boleh di tempat selain masjid.
I.
Posisi khatib sedang khotbah Jumat.
1. Mazhab Hanafi.
1)
Khatib TIDAK WAJIB berdiri.
2. Mazhab Maliki.
1)
Khatib berkhotbah Jumat WAJIB berdiri.
3. Mazhab Syafii.
1)
Khatib berkhotbah Jumat WAJIB berdiri.
4. Mazhab Hambali.
1)
Khatib TIDAK WAJIB berdiri.
J.
Khatib duduk di antara 2 khotbah Jumat.
1. Mazhab Hanafi.
1)
Khatib TIDAK WAJIB duduk sebentar.
2. Mazhab Maliki.
1)
Khatib WAJIB duduk sebentar.
3. Mazhab Syafii.
1)
Khatib WAJIB duduk sebentar.
4. Mazhab Hambali.
1)
Khatib TIDAK WAJIB duduk sebentar.
K.
Bahasa khatib ketika khotbah Jumat.
1. Mazhab Hanafi.
1)
TIDAK WAJIB dengan bahasa Arab.
2. Mazhab Maliki.
1)
Khotbah Jumat WAJIB dengan bahasa Arab.
3. Mazhab Syafii.
1)
TIDAK WAJIB dengan bahasa Arab.
4. Mazhab Hambali.
1)
TIDAK WAJIB dengan bahasa Arab.
L.
Materi minimal khotbah Jumat.
1. Mazhab Hanafi.
1)
Membaca hamdalah dan istigfar.
2. Mazhab Maliki.
1)
Menyampaikan pesan takwa.
3. Mazhab Syafii.
1)
Khotbah ke-1:
a.
Hamdalah.
b.
Selawat Nabi.
c. Pesan takwa.
d.
Membaca ayat Al-Quran.
2)
Khotbah ke-2:
a.
Hamdalah.
b.
Selawat Nabi.
c. Pesan takwa.
d.
Berdoa untuk semua umat Islam.
4. Mazhab Hambali.
1)
Mengucapkan hamdalah.
2)
Selawat Nabi.
3)
Pesan takwa.
4)
Membaca ayat Al-Quran.
M.
Bacaan imam salat Jumat setelah Fatihah.
1. Mazhab Hanafi.
1)
Hukumnya makruh, jika ditentukan bacaannya.
2. Mazhab Maliki.
1)
Pada rakaat ke-1, membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2)
Pada rakaat ke-2, membaca surah Al-Ghosiyah (surah
ke-88).
3. Mazhab Syafii.
1)
Pada rakaat ke-1, imam surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2)
Pada rakaat ke-2, imam membaca surah Al-Munafikun (surah ke-63).
4. Mazhab Hambali.
1)
–
N.
Bahasa khatib sewaktu khotbah Jumat.
1. Mazhab Hanafi.
1)
TIDAK WAJIB dengan bahasa Arab.
2. Mazhab Maliki.
1)
Khotbah Jumat WAJIB dengan bahasa Arab.
3. Mazhab Syafii.
1)
TIDAK WAJIB dengan bahasa Arab.
4. Mazhab Hambali.
1)
TIDAK WAJIB dengan bahasa Arab.
O.
Hukum najis anjing.
- Mazhab Hanafi.
1)
Jilatan anjing adalah najis.
2)
Harus dibasuh 7 kali, yang 1 kali dengan tanah.
- Mazhab Maliki.
1)
Jilatan anjing TIDAK najis.
2)
Harus dibersihkan 7 kali, yang 1 kali dengan tanah, karena
ibadah.
3)
Terdapat riwayat zaman Rasulullah ada anjing keluar masuk masjid
dan bekasnya tidak dibasuh.
4)
Dibolehkan makan hewan hasil buruan anjing dan tidak disuruh
mencucinya terlebih dahulu.
5)
Rasulullah bersabda,”Cara mencuci bejana yang dijilat anjing
adalah dengan dibasuh 7 kali, yang salah satunya dicampur dengan tanah.”
6)
Bejana dijilat kucing, sapi, atau kambing juga harus dicuci,
bukan hanya dijilat anjing.
- Mazhab Syafii.
1)
Jilatan anjing adalah najis.
2)
Harus dibasuh 7 kali, yang 1 kali dengan tanah.
- Mazhab Hambali.
1)
Jilatan anjing adalah najis.
2)
Harus dibasuh 7 kali, yang 1 kali dengan tanah.
P.
Penjelasan.
1. Dalam bahasa agama,
hal seperti ini disebut “tannawu’ al-ibadah” (keragaman cara beribadah).
2. Dalam ilmu ushul
sebagian ulama menganut prinsip, “Belum ada keketapan hukum Allah, sebelum ada
ijtihad dari seorang mujtahid”.
3. Mujtahid ialah orang
yang memiliki otoritas menentukan sebuah hukum.
4. Hukum Allah sesuai
dengan keputusan pemilik otoritas hukum.
5. Meskipun keputusannya
berbeda.
6. Semuanya diperbolehkan
dan direstui oleh Allah, meskipun hasilnya tidak sama.
7. Keputusan adalah hak
pemilik otoritas.
8. Meskipun dia mengambil
keputusan terbukti salah, masih tetap direstui Allah.
9. Bahkan dia mendapat 1
pahala, kerena kesungguhannya dalam mencari kebenaran.
10. Umat Islam harus
ikhlas menerima perbedaan khilafiah.
Daftar Pustaka
1.
Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah.
PenerbitLentera Jakarta, 2007)
2.
Shihab, M.Quraish. Lentera Hati. Kisah dan Hikmah Kehidupan.
Penerbit Mizan, 1994.
3.
Shihab, M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Quran. Tafsir Maudhui atas
Perbagai Persoalan Umat. Penerbit Mizan, 2009.
4.
Shihab, M.Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.
5.
Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
6.
Tafsirq.com online.
0 comments:
Post a Comment