Friday, October 2, 2020

5664. ISLAM MELARANG SALING MENGOLOK-OLOK

 


ISLAM MELARANG SALING MENGOLOK-OLOK

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

 

A.  Dilarang saling mengolok-olok.

 

 

1.  Al-Quran surah Al-Hujurat (surah ke-49) ayat 11.

 

      يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ ۖ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ ۚ وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

 

     Hai orang-orang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) mungkin mereka (yang diolok-olok) lebih baik daripada mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita (mengolok-olok) wanita lain (karena) mungkin wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik daripada wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu memanggil dengan gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk setelah beriman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka  orang-orang yang zalim.

 

 

B.  Asbabun nuzul (penyebab turunnya) surah Al-Hujurat (surah ke-49) ayat 11.

 

1.  Abu Jubair Ibnu Dhahak menjelaskan ayat ini turun berkenaan dengan orang yang dipanggil dengan nama panggilan tertentu, agar orang itu tidak senang.

 

2.  Kemudian turun ayat 11 ini.

 

 

Daftar Pustaka

1.  Hatta, DR. Ahmad. Tafsir Quran Per Kata, Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah. Penerbit Pustaka Maghfirah, Jakarta 2011.

2.  Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2.

3.  Tafsirq.com online.

0 comments:

Post a Comment