Monday, October 26, 2020

6037. MUSAILAMAH MENGAKU NABI

 


MUSAILAMAH MENGAKU NABI

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

Al-Quran surah Al-Ana’am (surah ke-6) ayat 93.

 

وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرَىٰ عَلَى اللَّهِ كَذِبًا أَوْ قَالَ أُوحِيَ إِلَيَّ وَلَمْ يُوحَ إِلَيْهِ شَيْءٌ وَمَنْ قَالَ سَأُنْزِلُ مِثْلَ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ ۗ وَلَوْ تَرَىٰ إِذِ الظَّالِمُونَ فِي غَمَرَاتِ الْمَوْتِ وَالْمَلَائِكَةُ بَاسِطُو أَيْدِيهِمْ أَخْرِجُوا أَنْفُسَكُمُ ۖ الْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُونِ بِمَا كُنْتُمْ تَقُولُونَ عَلَى اللَّهِ غَيْرَ الْحَقِّ وَكُنْتُمْ عَنْ آيَاتِهِ تَسْتَكْبِرُونَ

 

     Dan siapakah yang lebih zalim dibandingkan dengan orang yang membuat kedustaan terhadap Allah atau yang berkata, "Telah diwahyukan kepada saya", padahal tidak ada diwahyukan sesuatu pun kepadanya, dan orang yang berkata, "Saya akan menurunkan seperti apa yang diturunkan Allah". Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang zalim (berada) dalam tekanan sakratulmaut, sedangkan para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata), "Keluarkan nyawamu". Di hari ini kamu dibalas dengan siksaan sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya.

 

 

Asbabun nuzul (penyebab turunnya) surah Al-An’am (surah ke-6) ayat 93.

 

1.       Ikrimah menjelaskan awal ayat ini,”Dan siapakah yang lebih zalim dibandingkan dengan  orang yang membuat kedustaan terhadap Allah atau yang berkata: Telah diwahyukan kepada saya, padahal tidak ada diwahyukan sesuatu pun kepadanya. Ditujukan kepada Musailamah yang mengaku sebagai nabi dan mengaku menerima wahyu.

 

2.       Sedangkan ayat,”Dan orang yang berkata: Saya akan menurunkan seperti apa yang diturunkan Allah, hingga akhirnya ditujukan kepada Abdullah bin Saad bin Abi Sarh, yang ikut mencatat wahyu, tetapi dia mengubah wahyu tersebut.

 

 

3.       Tak lama kemudian, Abdullah bin Saad bin Abi Sarh murtad dan bergabung dengan kaum Quraisy.

 

4.       Abdullah bin Saad bin Abi Sarh masuk lslam lagi pada saat pembebasan kota Mekah.

 

5.       Kemudian turun ayat 93.

 

 

Daftar Pustaka

1.               Hatta, DR. Ahmad. Tafsir Quran Per Kata, Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah. Penerbit Pustaka Maghfirah, Jakarta 2011.

2.               Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2.

3.               Tafsirq.com online.

0 comments:

Post a Comment