Thursday, October 29, 2020

6066. KHILAFIAH KIRIMAN PAHALA

 


KHILAFIAH MENGIRIM PAHALA

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M

 

 

Pendapat Imam Ahmad bin Hambal.

 

”Semua amal kebaikan sampai kepada jenazah, berdasar nash yang ada tentang itu, karena umat Islam berkumpul di setiap tempat, membaca Al-Quran dan menghadiahkan bacaannya kepada orang yang sudah meninggal tanpa ada yang menolaknya, maka ini sudah menjadi Ijma.”

 

 

Imam Ibnu Taimiah berkata.

 

”Para ulama ahli sunah waljamaah sepakat bacaan Al-Quran, sedekah dan amal kebaikan lainnya, pahalanya sampai  seperti ibadah bersifat harta seperti  sedekah  dan  memerdekakan  budak,  seperti sampainya doa, istigfar, salat, salat jenazah dan doa di kubur.”

 

 

Para ulama berbeda pendapat tentang sampainya pahala amal yang bersifat fisik badan seperti puasa, salat, dan bacaan Al-Quran.

Sebagian ulama berpendapat pahala amal yang berasal dari orang masih hidup yang bersifat fisik badan (berupa salat, puasa, dan bacaan Al-Quran) tidak akan sampai kepada orang yang telah wafat.

 

 

Sebagian ulama berpendapat pahalanya sampai kepada orang yang sudah meninggal, berdasar hadis Nabi yang membolehkan orang yang masih hidup menggantikan ibadah haji, kurban, puasa, dan sedekah untuk orang yang telah meninggal.

 

 

 

Daftar Pustaka

1.       Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat, 2017.

2.       Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat, 2017.

3.       Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer, 2017.

4.       Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2

5.       Tafsirq.com online

 

 

0 comments:

Post a Comment