AL-QURAN DORONG MANUSIA BERPIKIR
Oleh:
Drs. H. Yusron Hadi, M.M.
A. Al-Quran
mendorong manusia memakai akalnya secara optimal.
1. Sains
adalah pengetahuan sistematis yang diperoleh dari suatu observasi, penelitian,
dan uji coba yang mengarah pada penentuan sifat dasar atau prinsip sesuatu yang
sedang diselidiki, dan dipelajari.
2. Salah
satu ciri khas sains ialah tidak bersifat kekal.
3. Sesuatu
yang dianggap salah di masa lampau, bisa diakui kebenarannya jika terbukti
benar sesuai syarat kaidah ilmiah modern.
4. Kebenaran
ilmiah bersifat relatif dan mengandung arti yang sangat terbatas.
5. Bagaimana
caranya membandingkan sains modern dengan ayat Allah yang absolut, abadi, dan
pasti benar?
6. Al-Quran
surah Al-Baqarah (surah ke-2) ayat 185.
شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ
هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ
ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ
أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ
وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ
تَشْكُرُونَ
Beberapa
hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan
(permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai
petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa
hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, hendaklah ia berpuasa pada
bulan itu, Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka
(wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada
hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki
kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah
atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.
7. Al-Quran
adalah kitab petunjuk bagi manusia, penjelasan, dan pemisah antara kebenaran
dengan kebatilan.
8. Bagaimana hubungan Al-Quran dengan sains
modern?
9. Sebaiknya,
dalam membahas hubungan antara Al-Quran dengan sains modern tidak melihat apakah
“teori relativitas” ada dalam Al-Quran?
10. Tetapi,
dengan memperhatikan apakah ada ayat Al-Quran menghalangi kemajuan sains modern?
11. Apakah
ada satu ayat Al-Quran yang bertentangan dengan hasil penemuan ilmiah modern yang
telah mapan?
12. Al-Quran
memerintahkan manusia mempergunakan akal pikirannya.
13. Al-Quran
surah An-Nahl (surah ke-16) ayat 43-44.
وَمَآ أَرْسَلْنَا مِن قَبْلِكَ إِلَّا رِجَالًا
نُّوحِىٓ إِلَيْهِمْ ۚ فَسْـَٔلُوٓا۟ أَهْلَ ٱلذِّكْرِ إِن كُنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
بِٱلْبَيِّنَٰتِ وَٱلزُّبُرِ ۗ وَأَنزَلْنَآ إِلَيْكَ
ٱلذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ
Kami
tidak mengutus sebelum kamu, selain orang-orang lelaki yang Kami beri wahyu
kepada mereka. Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika
kamu tidak mengetahui, keterangan-keterangan (mukjizat) dan kitab-kitab. Kami
turunkan kepadamu Al-Quran, agar kamu menerangkan kepada manusia apa yang telah
diturunkan kepada mereka supaya mereka memikirkan.
14. Al-Quran
surah Al-Qasas (surah ke-28) ayat 72.
قُلْ أَرَءَيْتُمْ إِن جَعَلَ ٱللَّهُ عَلَيْكُمُ ٱلنَّهَارَ سَرْمَدًا
إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ مَنْ إِلَٰهٌ غَيْرُ ٱللَّهِ يَأْتِيكُم بِلَيْلٍ تَسْكُنُونَ
فِيهِ ۖ أَفَلَا تُبْصِرُونَ
Katakan:”Terangkan
kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu siang terus menerus sampai hari kiamat,
siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu yang kamu
beristirahat padanya? Maka apakah kamu tidak memperhatikan?”
15. Para psikolog
menjelaskan tiga tahap perkembangan kejiwaan dan alam pikiran manusia dalam
menilai suatu ide atau gagasan.
16. Tahap ke-1:
Orang menilai baik atau buruknya suatu gagasan atau ide dengan ukuran alam
kebendaan atau materi berdasarkan pancaindera.
17. Tahap ke-2:
Orang menilai ide atau gagasan berdasarkan contoh teladan sang idola. Sesuatu
bernilai baik atau buruk berdasarkan penilaian seorang tokoh panutannya.
18. Tahap ke-3:
Fase kedewasaan. Suatu penilaian suatu ide atau gagasan berdasarkan nilai yang
terdapat pada unsur ide atau gagasan itu sendiri, tanpa terpengaruh faktor
eksternal.
19. Sejarah
awal Islam, penilaian sekelompok umat Islam terhadap nilai gagasan atau ide
yang dibawa Al-Quran, berdasarkan diri pribadi Nabi Muhammad.
20. Contohnya,
Nabi Muhammad diisukan wafat dalam Perang Uhud.
21. Sekelompok
pasukan Islam langsung meninggalkan medan pertempuran, karena percaya Nabi
meninggal dunia.
22. Sikap yang
salah ini terjadi, karena mereka baru sampai tahap ke-2, yaitu menganggap nilai
suatu ide atau gagasan berdasar tokoh idolanya.
23. Mereka
belum mencapai tingkat dewasa.
24. Al-Quran
menginginkan umat Islam sampai tahap dewasa.
25. Yaitu
bisa menilai suatu ide berdasar ide itu sendiri.
26. Al-Quran
surah Ali Imran (surah ke-3) ayat 144.
وَمَا مُحَمَّدٌ إِلَّا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِن
قَبْلِهِ ٱلرُّسُلُ ۚ أَفَإِي۟ن مَّاتَ أَوْ قُتِلَ ٱنقَلَبْتُمْ عَلَىٰٓ أَعْقَٰبِكُمْ
ۚ وَمَن يَنقَلِبْ عَلَىٰ عَقِبَيْهِ فَلَن يَضُرَّ ٱللَّهَ شَيْـًٔا ۗ وَسَيَجْزِى
ٱللَّهُ ٱلشَّٰكِرِينَ
Muhammad
hanya seorang rasul. Sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul.
Apakah jika Muhammad wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)?
Barang siapa berbalik ke belakang, maka dia tidak dapat mendatangkan mudarat
kepada Allah sedikit pun. Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang
bersyukur.
27. Ayat
Al-Quran ini melepaskan belenggu yang bisa menghambat kemajuan sains dan teknologi.
28. Al-Quran
mendorong berkembangnya sains dan teknologi modern.
29. Al-Quran surah Az-Zumar (surah ke-39) ayat 9.
أَمَّنْ هُوَ قَٰنِتٌ ءَانَآءَ ٱلَّيْلِ سَاجِدًا
وَقَآئِمًا يَحْذَرُ ٱلْءَاخِرَةَ وَيَرْجُوا۟ رَحْمَةَ رَبِّهِۦ ۗ قُلْ هَلْ يَسْتَوِى
ٱلَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَٱلَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُو۟لُوا۟
ٱلْأَلْبَٰبِ
Apakah kamu orang
musyrik yang lebih beruntung atau orang yang beribadah pada waktu malam dengan
sujud dan berdiri, sedangkan dia takut kepada azab akhirat dan mengharapkan
rahmat Tuhannya? Katakan,”Apakah sama orang yang mengetahui dengan orang yang
tidak mengetahui? Sesungguhnya orang yang berakal yang dapat menerima
pelajaran.
30. Ayat A-Quran
ini kritik terhadap orang yang bicara atau membantah suatu persoalan tanpa
adanya data objektif dan ilmiah.
31. Ayat
Al-Quran semacam ini yang akan mendorong kemajuan sains dan teknologi modern.
32. Muncul
para ilmuwan Islam, seperti Ibnu Sina, Al-Farabi, Al-Ghazali, Ibnu Khaldun,
Jabir Ibnu Hayyan, dan lainnya.
33. Muhammad
bin Ahmad menemukan angka nol pada tahun 976 Masehi, dan Muhammad bin Musa
Al-Khawarizmiy menemukan ilmu Matematika Aljabar.
34. Tanpa
penemuan itu, ilmu teknologi dan sains modern akan merangkak dalam kegelapan.
35. Tanpa
adanya iklim yang mendorong tumbuhnya perkembangan sains, para ahli akan
mengalami nasib seperti Galileo, yang menjadi korban hasil penemuannya.
36. Al-Quran
sebagai kitab petunjuk yang memberikan pedoman kepada manusia untuk kebahagiaan
hidup di dunia dan akhirat.
37. Dalam hubungannya
dengan sains modern, Al-Quran mendorong manusia mengoptimalkan akal pikirannya.
Daftar Pustaka
1. Shihab, M.Quraish. Lentera Hati. Kisah
dan Hikmah Kehidupan. Penerbit Mizan, 1994.
2. Shihab, M. Quraish Shihab. Wawasan
Al-Quran. Tafsir Maudhui atas Perbagai Persoalan Umat. Penerbit Mizan, 2009.
3. Shihab, M.Quraish. E-book Membumikan
Al-Quran.
4. Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital
Qur’an Ver 3.2
5. Tafsirq.com online.
0 comments:
Post a Comment