Organisasi Profesi Guru

Presiden Jokowi memberi hormat kepada Guru-Guru se Indonesia.

Tema Gambar Slide 2

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Tema Gambar Slide 3

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Saturday, February 11, 2023

16637. IMAM SYAFII TAK PERNAH PAKAI HADIS BUKHARI

 

IMAM SYAFII TAK PERNAH PAKAI HADIS BUKHARI

Oleh: Drs H M Yusron Hadi, MM

 

 

 

 

HADIS

Teks hadis bukan dari Rasulullah.

Tapi dari periwayat hadis.

 

Sehingga teks hadis.

Atau redaksi hadis.

 

Bisa berbeda.

Dari para ahli hadis.

 

Misalnya.

1)        Imam Bukhari.

2)        Imam Muslim.

3)        Dan lainnya.

Pasa ulama hadis.

Berusaha cari berita.

 

Hadis artinya berita.

Soal sunah Rasulullah.

 

Tapi hadis.

Tak pernah dicek oleh Rasulullah.

 

Kata “hadis”.

Artinya:

 

1.        Sesuatu yang baru, dekat, atau singkat.

 

2.        Sesuatu yang diberitakan, diperbincangkan, dan dipindahkan.

Dari orang kepada orang lain.

 

 

SUNAH.

Segala ucapan dan perbuatan Rasulullah.

Ketika beliau masih hidup.

 

HADIS.

Yaitu catatan para ulama hadis.

 

Tentang sunah Rasulullah.

Dilakukan setelah Rasulullah wafat.

 

 

PARA IMAM MAZHAB

 

1)        MAZHAB HANAFI.

 

Oleh Nukman bin Tsabit.

Lahir tahun 89 Hijriah.

 

Wafat tahun 150 Hijirah.  

Berasal dari Irak.

 

2)        MAZHAB MALIKI.

 

Oleh Imam Malik bin Anas.

Lahir tahun 93 Hijriah.

 

Wafat tahun 179 Hijriah.

Berasal dari Madinah.

 

3)        MAZHAB SYAFII.

 

Oleh Muhammad bin Idris.

Lahir tahun 150 Hijriah.

 

Wafat tahun 200 Hijirah.

Berasal dari Gaza, Palestina.

 

4)        MAZHAB HAMBALI

 

Oleh Ahmad bin Hambal.

Lahir tahun 164 Hijriah.

 

Wafat tahun 241 Hijriah.

Berasal dari Bagdad, Irak.

 

Para lmam Mazhab.

Pada abad ke-7 Masehi.

 

Para Ahli Fikih.

Pada abad ke8 Masehi.

 

 

 

PARA AHLI FIKIH

 

1)                IMAM BUKHARI

Lahir tahun 810 Masehi.

 

2)                IMAM MUSLIM

Lahir tahun 819 Masehi.

 

3)                 IMAM ABU DAWUD

Lahir tahun 817 Masehi.

 

4)                 IMAM TIRMIZI

Lahir tahun 824 Masehi.

 

 

Imam Syafii .

Tak pernah pakai hadis Bukhari.

 

Saat lmam Syafii hidup.

1)        Lahir 150 Hijriah.

2)        Wafat 200 Hijriah.

 

Imam Bukhari masih kecil.

1)        Lahir 810 Masehi.

 

 

RUKUN IMAN

 

Yaitu beriman pada:

 

1)        Allah.

2)        Malaikat.

 

3)        Kitab.

4)        Rasul.

 

5)        Hari kiamat.

6)        Takdir.

 

Hadis.

1)        Tak masuk rukun iman.

2)        Karya para ulama hadis.

3)        Bukan karya Rasulullah.

 

Kesimpulan.

Hadis Nabi bersifat:

 

1)        Relatif.

2)        Tak mutlak.

3)        Pilihan.

 

 

PERINTAH SALAT

 

Al-Quran surah Al-Baqarah (surah ke-2) ayat 43.

 

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

 

Dan dirikan salat, tunaikan zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.

 

Al-Quran surah Al-Haj (surah ke-22) ayat 77.

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ارْكَعُوا وَاسْجُدُوا وَاعْبُدُوا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ۩

 

Hai orang-orang beriman, rukuklah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.

 

Al-Quran surah Al-Baqarah (surah ke-2) ayat 125.

 

وَإِذْ جَعَلْنَا الْبَيْتَ مَثَابَةً لِلنَّاسِ وَأَمْنًا وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى ۖ وَعَهِدْنَا إِلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ أَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْعَاكِفِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

 

Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebagian makam Ibrahim tempat salat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkan rumah-Ku untuk orang tawaf, iktikaf, rukuk dan yang sujud".

 

 

Al-Quran surah Al-Ankabut (surah ke-29) ayat 45.

 

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

 

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Quran) dan dirikan salat. Sesungguhnya salat mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) lebih besar (keutamaannya dari ibadah lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

 

 

Al-Quran surah Al-Hijr (surah ke-15) ayat 98.

 

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ

 

Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (salat).

 

 

Al-Quran surah Ali lmran (surah ke-3) ayat 32.

 

قُلْ أَطِيعُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ ۖ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْكَافِرِينَ

 

Katakan: "Taati Allah dan Rasul-Nya; jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang kafir".

 

Hadis raiwayat Bukhari.

Rasulullah bersabda,

 

 صلوا كما رايتموني اصلى

 

“Shollu kama roaitu muni usholi.”

 

“Salatlah kalian seperti melihatku salat.”

 

 

Kesimpulan.

 

1.        Perintah salat jelas dalam Al-Quran.

2.        Perintah salat bersifat umum.

 

3.        Perincian cara salat.

Dipraktikkan Rasulullah.

 

Diikuti para sahabat.

 

4.        Salat jadi tradisi turun temurun.

 

1)                Di Masjid Nabawi Madinah.

2)                Di Masjidil Haram Mekah.

 

 

5.        Kemudian merujuk hadis.

 

1)                Sesuai Al-Quran.

2)                Sesuai tradisi Masjid Mekah dan Madinah.

 

 

(Sumber Agus Mustofa)

16636. KHILAFIAH HUKUM MUSIK HARAM ATAU MUBAH

 








KHILAFIAH HUKUM MUSIK HARAM ATAU MUBAH

Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.

 

 

 

 

 

Bedakan:

1)        Hukum.

2)        Sikap hukum.

 

HUKUM

 

1)        Aturan sesuai tuntunan aslinya.

2)        Harus disampaikan aslinya.

 

3)        Tak boleh hanya sesuai.

Selera sendiri.

Atau golongan saja.

 

 

SIKAP HUKUM

 

Yaitu pilihan orang.

Dari berbagai pilihan hukum yang ada.

 

Misalnya.

Gerakan anggota tubuh.

 

Dalam salat .

Dari posisi iktidal ke posisi sujud .

 

Ada 2 macam hukum.

Gerakan salat.

 

Dari posisi iktidal ke posisi sujud.

 

1)          Hukum ke-1.

 

Meletakkan 2 lutut ke lantai lebih dulu.

Baru diikuti menaruh 2 telapak tangan.

Ke lantai.

 

2)          Hukum ke-2.

 

Meletakkan 2 telapak tangan.

Ke lantai lebih dulu.

 

Baru diikuti menaruh 2 lutut.

Ke lantai.

 

Sikap hukum.

Yaitu pilihan orang.

Memilih salah 1 dari 2 model itu.

 

Memilih salah 1 dari 2 model itu.

Hukumnya benar.

Karena keduanya benar.

 

Orang memilih hukum ke-1.

Tak boleh haramkan orang.

Yang memilih hukum ke-2.

 

Dan sebaliknya.

 

 

SOAL MUSIK

 

Musik.

Yaitu segala suara.

Yang menghasilkan irama.

 

Ada 2 kelompok musik.

1)        Musik tak pakai alat.

2)        Musik pakai alat.

 

Syair.

1)        Musik tak pakai alat.

2)        Hanya berupa suara manusia.

 

Ada 2 hukum syair.

Berupa suara.

 

1)        Halal.

2)        Haram.

 

  Syair hukumnya halal.

1)        Jika berisi kebaikan.

2)        Mengajak orang berbuat baik.

 

Syair hukumnya haram.

1)        Jika berisi kejelekan.

2)        Mengajak berbuat jelek.

 

Ada 2 alat musik.

 

1)        Musik tanpa nada.

 

Misalnya:

Rebana, jidor, kentongan, drum dan sejenisnya.

 

2)        Musik dengan nada.

 

Misalnya:

Gitar, organ, piano, biola, dan semacamnya.

 

 

Sebagian ulama berpendapat.

 

Semua alat musik.

Hukumnya mubah.

Atau boleh.

 

Sebagian ulama berpendapat.

 

Semua alat musik punya nada.

 

Misalnya:

Gitar, organ, piano, biola, dan sejenisnya.

Hukumnya makruh.

 

Para ulama berpendapat.

Semua alat manusia.

Hukum aslinya mubah (netral).

 

Tergantung penggunaannya.

Misalnya:

 

Pisau, panah, senjata.

Termasuk alat musik.

 

 

Al-Quran Asy-Syuara (surah ke-26) ayat 224.

 

وَالشُّعَرَاءُ يَتَّبِعُهُمُ الْغَاوُونَ

      أَلَمْ تَرَ أَنَّهُمْ فِي كُلِّ وَادٍ يَهِيمُونَ

وَأَنَّهُمْ يَقُولُونَ مَا لَا يَفْعَلُونَ

 

      Dan penyair-penyair itu diikuti oleh orang-orang yang sesat. Tidakkah kamu melihat bahwasanya mereka mengembara di tiap-tiap lembah, dan bahwasanya mereka suka mengatakan apa yang mereka sendiri tidak mengerjakan (nya)?

 

 

Daftar Pustaka

1.            Youtube Ustad Adi Hidayat, Lc. MA

2.            Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2

3.            Tafsirq.com online