Monday, April 27, 2020

4255. TAFSIR RAHMAN RAHIM


TAFSIR AR-RAHMAN AR-RAHIM
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M

1.    Tafsir menurut KBBI V adalah keterangan atau penjelasan tentang ayat-ayat Al-Quran agar maksudnya lebih mudah dipahami
2.    Tafsir adalah keterangan atau penjelasan.

A.   Tafsir Ar-Rahman dan Ar-Rahim.
1.    Ar-Rahman dan  Ar-Rahim adalah kata sifat dari lafadz Allah.
2.    Menurut Al-Jauhari, kedua kalimat isim ini terbentuk dari akar kata rahmah (رحمة).
3.    Menurut Hisni Manshuri, lafaz “rahmah” artinya “kelembutan dan kelenturan hati”, (رقّة القلب والإنعطاف).
4.    Sebagian ulama berpendapat “ar-rahman” bermakna “mubalaghah (dominasi)”, sehingga hanya khusus dinisbatkan kepada Allah semata.
5.    Berbeda dengan “ar-rohim”, bisa dinisbatkan kepada selain Allah.
3.    Asy-Sya’rawi berpendapat “rahman” dan “rahim”,  sama-sama berasal dari kata rahm yang artinya “tempat janin”.
4.    Dalam rahim ibu, bayi mendapat anugerah makanan tanpa upaya apa pun.
5.    Kasih sayang terkandung dalam kata rahim sangat mendalam seperti cinta ibu kepada buah hatinya.
6.    Sebagian mufassir berpandangan Rahman dan Rahim memiliki makna yang sama yakni “kasih sayang”.
7.    Rahim berfungsi menguatkan rahman.
8.    Al-Qasimi berargumen, dengan mengulang kata yang sama dengan bentuk berbeda adalah taukid, untuk menguatkan kata pertama.
9.    Muhammad Abduh berpendapat menyamakan makna rahman dan Rahim itu  kelalaian dalam pemahaman.
10. Dia melarang umat muslim beranggapan jika dalam Al-Quran terdapat kalimat hanya berfungsi sebagai saja dan tak memiliki makna sendiri.
11. Mayoritas ulama berpendapat kata “rahman” adalah pemberi nikmat secara umum dan “rahim” adalah pemberi nikmat secara khusus.
12. Sebagian ulama berpendapat kata “rahman” adalah pemberi nikmat kepada semua makhluk, yang beriman dan kafir.
13. Rahim adalah pemberian nikmat yang khusus diberikan kepada orang-orang mukmin saja.
14. Makna ini berdasar kaidah bahasa Arab, “Tambahan bentuk kalimat, juga menunjukkan tambahan dalam makna”.
15. Asy-Sya’rowi berpendapat rahamn dan Rahim sama-sama menunjukkan makna mubalaghah (dominan) dalam sifat.
16. Rahman sifat Allah Maha Pengasih di dunia, dan Rahim sifat Allah di akhirat.
17. Rahman didahulukan disbanding rahim menunjukkan urutan kasih sayang Allah.
18. Mulai dari kasih saying paling besar dan umum, hingga kepada yang khusus dan spesifik diberikan kepada orang-orang tertentu.
19. Allah mulai Al-Quran dengan basmalah, kecuali surat Al-Taubah untuk menegaskan semua yang ada dalam Al-Quran adalah kebenaran.
20. Juga menunjukkan disunahkan mulai semua pekerjaan dengan basmalah, untuk mencari pertolongan dan bimbingan Allah.

Daftar Pustaka.
1.    Ahmad Hatta, Dr. Tafsir Al-Quran Per Kata. Penerbit PT Maghfitrah, Jakarta  2011.
2.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
3.    Tafsirq.com online.

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment