Wednesday, April 29, 2020

4268. UMAT ISLAM SEPERTI 1 TUBUH


UMAT ISLAM SEPERTI 1 TUBUH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M.
1.    Saya pernah ditanya oleh seorang aktivis MMI (Majelis Mujahidin Indonesia), Ustad Abdullah namanya.

2.    Kelompok manakah yang lebih baik di antara umat Islam?
1)    Salafy yang berjuang dengan fokus tholabul ilmi (menuntut ilmu).
2)    Jamaah Tablig yang menyeru orang untuk salat berjamaah di masjid.
3)    Hizbut Tahrir yang memperjuangkan kekhalifahan.
4)    PKS yang berjuang di parlemen.
5)    NU yang Islam kultural.
6)    Muhammadiyah yang berjuang di sektor pendidikan?

3.    Saya menjawab, “Jika Anda bertanya seperti itu kepada saya, maka sama saja Anda menanyakan manakah yang lebih baik, apakah tangan lebih baik dari kaki, apakah mata lebih baik dari pada mulut, apakah telinga lebih baik dari pada hidung?"
4.    Bukankah Rasulullah bersabda bahwa umat Islam itu bagaikan satu tubuh, jika ada anggota tubuh yang merasakan sakit, maka yang lain juga ikut merasakan sakit.


مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

      Perumpamaan orang-orang mukmin dalam berkasih sayang bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam. (HR. Muslim)
5.    Seperti anggota tubuh manusia, umat Islam ini diberi ilham oleh Allah untuk cenderung fokus menjalankan fungsi yang berbeda-beda, sehingga mereka punya medan jihad (perjuangan) yang berlainan pula.
6.    Tetapi sayangnya sebagian umat Islam ini terlalu membanggakan kelompoknya masing-masing secara berlebihan dan lupa bahwa sebenarnya mereka adalah satu tubuh.
7.    Logikanya kalau satu tubuh, pasti tidak mungkin tangan kanan itu memukul tangan kirinya, dan tidak mungkin kaki kiri menendang kaki kanannya.
8.    Kalaupun ada anggota tubuh itu merugikan tubuh yang lain, itu namanya kanker yang harus diamputasi dibuang dari tubuh.
9.    Anggota tubuh itu selayaknya saling bekerja sama, coba kalau mulut akan makan, maka kanan yang mengambil makanan.
10. Jika Anda akan mengambil suatu benda yang tinggi letaknya, maka kaki berusaha  melompat supaya tangannya dapat menjangkaunya.
11. Bukankah indah kalau umat Islam saling melengkapi,
1)    Jamaah Tablig yang mengetuk pintu orang-orang untuk salat berjamaah di masjid.
2)    Di dalam masjid diadakan kajian ilmu oleh Salafy.
3)    Umat Islam diajak membangun kekuatan:
a.    Dalam bidang pendidikan bersama Muhammadiyah.
b.    Dalam bidang kultural bersama NU.
c.    Dalam bidang politik bersama koalisi kompak partai-partai Islam menghasilkan undang-undang yang Islami dan pemimpin yang amanah agar umat Islam dipercaya memimpin di negeri ini menyongsong kepemimpinan seperti yang disosialisasikan oleh Hizbut Tahrir.
4)    Umat Islam ini seperti sebuah puzzle, jika digabungkan bagian demi bagiannya, maka barulah menjadi satu gambaran yang utuh dan saling melengkapi.
5)    Jangan mau diadu domba oleh musuh-musuh Islam, meskipun politik adu domba dan pecah belah berhasil digunakan oleh Belanda.
6)    Politik adu domba (devide et impera) yang diterapkan oleh Belanda:
1)    Jika seorang Raja tidak mau bekerja sama dengan Belanda, maka Belanda bersekutu dengan putra pertama (putra mahkota Raja).
2)    Jika putra pertama tidak mau diajak bekerja sama, maka Belanda mengajak putra kedua.
3)    Jika putra kedua tidak mau diajak bekerja sama, maka Belanda mengajak putra ketiga.
4)    Begitu seterusnya sampai berhasil.
5)    Jika tetap tidak berhasil, maka Belanda bekerja sama dengan keluarga dekatnya.
6)    Begitu modelnya sampai berhasil.
12. Terdapat teori yang menyatakan pada dasarnya setiap orang mempunyai ambisi untuk menguasai “harta, tahta, dan wanita” yang sulit dipadamkan, sehingga politik adu domba sering berhasil.
13. Semoga umat Islam di seluruh dunia dapat focus bersatu padu saling melengkapi untuk menyebarkan keindahan syiar Islam ke penjuru dunia, meskipun terdapat beberapa variasi perbedaan di antara mereka.
14. Rasulullah bersabda,”Orang mukmin dengan orang mukmin yang lain seperti sebuah bangunan, sebagian menguatkan sebagian yang lain.”

الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا
15. Rasulullah bersabda,”Perumpamaan kaum mukmin dalam sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi, seumpama tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan susah tidur atau merasakan demam.”
مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ، وَتَعَاطُفِهِمْ، وَتَرَاحُمِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ، إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

16. Rasulullah bersabda,”Seorang mukmin adalah cermin bagi saudaranya. Jika dia melihat suatu aib pada saudaranya, maka dia memperbaikinya.”

الْمُؤْمِنُ مِرَآةُ أَخِيْهِ، إِذَا رَأَى فِيْهِ عَيْباً أَصْلَحَهُ


Daftar Pustaka.
1.    Internet.
2.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
3.    Tafsirq.com online.

0 comments:

Post a Comment