Tuesday, April 28, 2020

4266. KEISTIMEWAAN SALAT BERJAMAAH




KEUTAMAAN SALAT BERJEMAAH
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
1.    Menurut hadis Nabi banyak keutamaan yang diperoleh orang-orang yang mengerjakan salat berjamaah.

2.    Ke-1, pahala salat berjamaah berlipat ganda.
1)    Ibnu Umar berkata,” Sesungguhnya Rasulullah bersabda,’Salat berjemaah lebih baik daripada salat sendirian sebanyak 27 tingkatan.” (HR.Muslim).

3.    Ke-2, Allah menjaga orang yang melaksanakan salat berjemaah dari gangguan setan.
1)    Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya setan terhadap manusia seperti serigala terhadap kambing, yaitu serigala akan menangkap kambing yang menyendiri dan  memisahkan diri dari gerombolannya, janganlah kamu memisahkan diri dari jamaah, hendaklah kamu berjemaah bersama banyak orang dan senantiasa memakmurkan masjid.” (HR. Ahmad bin Hanbal).
2)    Dari Abu Darda, Rasulullah bersabda,”Apabila terdapat 3 orang yang berada di suatu kampung atau perkampungan badui dan tidak dilaksanakan salat berjemaah, sungguh setan telah menguasai mereka. Maka laksanakan salat berjamaah, karena sesungguhnya serigala hanya memakan kambing yang memisahkan diri dari jamaah.” (HR. Abu Daud).

4.    Ke-3, keutamaan salat berjemaah semakin bertambah dengan banyaknya jumlah orang yang ikut salat berjamaah.
1)    Dari Ubai bin Kaab, Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya salat berjemaah dengan 1 orang lebih utama dibanding salat sendirian dan salat berjamaah bersama 2 orang lebih utama dibanding salat bersama 1 orang, serta salat berjamaah bersama lebih banyak orang, maka lebih dicintai Allah.” (HR. Abu Daud).

5.    Ke-4, orang yang melaksanakan salat berjemaah selama 40 hari tanpa ketinggalan takbiratul ihram bersama imam akan dijauhkan dari azab neraka dan dari dijauhkan sifat munafik.
1)    Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat 40 hari berjamaah karena Allah dengan mendapatkan takbiratul ihram, mereka dijauhkan dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan.” (HR. Tirmidzi).

6.    Hadis ini menjelaskan keutamaan salat berjemaah dengan ikhlas.
7.    Rasulullah  bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat karena Allah dengan hati tulus ikhlas hanya karena Allah semata, ia dijauhkan dari kemunafikan. Artinya  selama hidup di dunia ia diberikan jaminan tidak melakukan perbuatan orang munafik dan selalu diberi taufik oleh Allah untuk selalu berbuat ikhlas karena Allah.”
8.    Di akhirat kelak ia dijauhkan dari azab yang menimpa orang-orang munafik.
9.    Rasulullah akan memberi kesaksian bahwa orang yang mengerjakan salat dengan ikhlas bukan orang munafik, karena  orang munafik merasa berat ketika melakukan salat.
10. Ke-5, orang yang melaksanakan salat Subuh berjemaah akan berada dalam lindungan Allah sejak Subuh sampai hingga petang hari.
1)    Dari Jundub bin Abdillah, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melaksanakan salat Subuh berjemaah, ia berada dalam lindungan Allah.” (HR. Muslim).

11. Ke-6, mendapat balasan pahala seperti ibadah haji dan umrah.
1)    Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melakukan salat Subuh berjemaah, lalu ia duduk berzikir hingga terbit matahari, kemudian ia melakukan salat 2 rakaat, ia mendapat balasan pahala seperti haji dan umrah”. Kemudian Rasulullah bersabda,”Sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi).

12. Ke-7, balasan salat Isya’ dan salat Subuh berjemaah seperti salat semalam penuh.
1)    Dari Utsman bin ‘Affan, Rasulullah bersabda,”Siapa yang melakukan salat Isya berjemaah, seakan-akan ia telah melaksanakan “qiyamullail” setengah malam, dan siapa yang melaksanakan salat Subuh berjemaah, seakan-akan ia telah melaksanakan “qiyamullail” sepanjang malam.” (HR. Muslim).

13. Ke-8, para malaikat berkumpul pada salat Subuh dan salat Asar.
1)    Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Malaikat malam dan malaikat siang saling bergantian berkumpul pada salat Subuh dan salat ‘Asar. Kemudian malaikat yang bertugas malam naik, lalu Allah Yang Maha mengetahui bertanya kepada mereka, “Bagaimana kamu meninggalkan hamba -hamba-Ku?”. Mereka menjawab, “Kami meninggalkan mereka ketika mereka sedang melaksanakan salat dan kami datang kepada mereka ketika mereka sedang melaksanakan salat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

14. Ke-9, Allah mengagumi orang-orang yang mengerjakan salat berjemaah.
1)    Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya Allah mengagumi salat yang dilakukan secara berjemaah.” (HR. Ahmad bin Hanbal).

15. Ke-10, menanti salat berjemaah dosanya diampuni dan diberikan rahmat.
1)    Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Seorang hamba yang melakukan salat, kemudian ia tetap berada di tempat salatnya menanti pelaksanaan salat, malaikat berkata,”Ya Allah, ampuni ia, curahkan rahmat-Mu kepadanya”. Sampai ia beranjak atau berhadas. (HR. Muslim).

16. Ke-11, keutamaan salat di saf pertama.
1)    Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Seandainya manusia mengetahui apa yang ada dalam seruan azan dan saf pertama, niscaya mereka akan merebutnya dengan melakukan undian.” (HR. Al-Bukhari).

17. Ke-12, ampunan dosa dan cinta Allah bagi orang yang mengucapkan amin yang diucapkan bersamaan dengan ucapan amin para malaikat.
1)    Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,”Jika imam mengucapkan amin, maka ucapkan amin. Sesungguhnya siapa yang ucapannya sesuai dengan ucapan amin yang diucapkan para malaikat, maka Allah mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

18. Ke-13, seandainya manusia mengetahui manfaat salat berjemaah, pastilah mereka akan datang meskipun dengan merangkak.
1)    Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:
a.    Seandainya manusia mengetahui hikmah yang ada dalam seruan azan dan saf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya melainkan dengan cara diundi, mereka pasti akan melakukan undian.
b.    Seandainya mereka mengetahui manfaat yang ada dalam takbiratul Ihram, pasti mereka akan berlomba untuk mendapatkannya.
c.    Seandainya mereka mengetahui manfaat yang ada dalam salat Isya dan salat Subuh pastilah mereka akan datang meskipun dengan cara merangkak. (HR. Bukhari dan Muslim).

Daftar Pustaka
1.    Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 77 Tanya-Jawab Seputar Salat.
2.    Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 99 Tanya-Jawab Seputar Salat.
3.    Somad, Abdul. E-book Tafaqquh 37 Tanya-Jawab Masalah Populer.
4.    Al-Quran Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
5.    Tafsirq.com online


0 comments:

Post a Comment