CARA HADAPI BEDA
PENDAPAT DALAM ISLAM
Oleh: Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M
Khilafiah adalah perbedaan
pendapat di antara para ulama ahli hukum dalam menentukan hukum.
Cara menghadapi khilafiah.
1) Menerima, mengakui, dan toleran
adanya perbedaan pendapat yang terjadi.
2) Berusaha memilih pendapat secara
bertanggung jawab.
3) Tidak bersifat mutlak terhadap
pilihan yang lain.
4) Mengutamakan masalah pokok
dibanding masalah khilafiah.
5) Tiap pribadi berhak memilih dan
mengikuti pendapat terbaik yang diyakininya.
6) Menghormati akibat adanya
perbedaan pilihan.
Mengakui konsekuensi logis dari hasil ijtihad.
1) Pendapat orang atau kelompok,
betapapun diyakini kebenarannya masih mungkin terjadi kesalahan.
2) Pendapat orang lain atau kelompok
lain, meskipun dinilai salah masih mungkin terdapat unsur kebenarannya.
3) Artinya boleh berbeda
pendapat, tetapi dalam dada tidak ada perselisihan.
Contoh
terjadinya khilafiah.
Perang
Bani Quraizhah.
1)
Rasulullah bersabda,”Kalian jangan salat Asar sebelum
sampai di perkampungan Bani Quraizhah”.
2)
Perjalanan pasukan ke Bani Quraizhah perlu waktu
lama, hingga jadwal waktu salat Asar hampir habis.
3)
Sebagian kelompok pasukan Islam melakukan salat Asar,
sebelum tiba di perkampungan Bani Quraizhah.
4)
Tetapi sebagian kelompok lagi berpegang pada bunyi
teks dan tetap bersikukuh melaksanakan salat Asar di perkampungan Bani
Quraizhah, meskipun waktu Asar sudah berlalu.
5)
Perbedaan ini dilaporkan kepada Rasulullah.
6) Rasulullah
membenarkan kedua kelompok dan tidak menyalahkan siapa pun, meskipun berbeda.
Qunut
Subuh.
Mazhab Hanafi.
1) TIDAK
ADA qunut pada salat Subuh.
Mazhab Maliki.
1) ADA
qunut Subuh.
2) Qunut
Subuh dilakukan pada rakaat ke-2 sebelum rukuk.
Mazhab Syafii.
1) ADA
qunut Subuh.
2) Qunut
Subuh dilakukan pada rakaat ke-2 setelah rukuk.
Mazhab Hambali.
1) TIDAK
ADA qunut pada salat Subuh.
Jumlah
jemaah salat Jumat.
Mazhab Hanafi.
1) Minimal
5 orang (termasuk imam).
Mazhab Maliki.
1) Minimal
13 orang (termasuk imam).
Mazhab Syafii.
1) Minimal
41 orang (termasuk imam).
Mazhab Hambali.
1) Minimal
41 orang (termasuk imam).
Tempat
salat Jumat.
Mazhab Hanafi.
1) Boleh
di tempat selain masjid.
Mazhab Maliki.
1) Salat
Jumat WAJIB di masjid.
Mazhab Syafii.
1) Boleh
di tempat selain masjid.
Mazhab Hambali.
1) Boleh
di tempat selain masjid.
Posisi
khatib sedang khotbah Jumat.
Mazhab Hanafi.
1) Khatib
TIDAK WAJIB berdiri.
Mazhab Maliki.
1) Khatib
berkhotbah Jumat WAJIB berdiri.
Mazhab Syafii.
1) Khatib
berkhotbah Jumat WAJIB berdiri.
Mazhab Hambali.
1) Khatib
TIDAK WAJIB berdiri.
Khatib
duduk di antara 2 khotbah Jumat.
Mazhab Hanafi.
1) Khatib
TIDAK WAJIB duduk sebentar.
Mazhab Maliki.
1) Khatib
WAJIB duduk sebentar.
Mazhab Syafii.
1) Khatib
WAJIB duduk sebentar.
Mazhab Hambali.
1) Khatib
TIDAK WAJIB duduk sebentar.
Bahasa
khatib ketika khotbah Jumat.
Mazhab Hanafi.
1) TIDAK
WAJIB dengan bahasa Arab.
Mazhab Maliki.
1) Khotbah
Jumat WAJIB dengan bahasa Arab.
Mazhab Syafii.
1) TIDAK
WAJIB dengan bahasa Arab.
Mazhab Hambali.
1) TIDAK
WAJIB dengan bahasa Arab.
Materi
minimal khotbah Jumat.
Mazhab Hanafi.
1) Membaca
hamdalah dan istigfar.
Mazhab Maliki.
1) Menyampaikan
pesan takwa.
Mazhab Syafii.
1) Khotbah
ke-1:
a. Hamdalah.
b. Selawat
Nabi.
c. Pesan
takwa.
d. Membaca
ayat Al-Quran.
2) Khotbah
ke-2:
a. Hamdalah.
b. Selawat
Nabi.
c. Pesan
takwa.
d. Berdoa
untuk semua umat Islam.
Mazhab Hambali.
1) Mengucapkan
hamdalah.
2) Selawat
Nabi.
3) Pesan
takwa.
4) Membaca
ayat Al-Quran.
Bacaan imam salat Jumat setelah Fatihah.
Mazhab Hanafi.
1) Hukumnya
makruh, jika ditentukan bacaannya.
Mazhab Maliki.
1) Pada
rakaat ke-1, membaca surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Pada
rakaat ke-2, membaca surah Al-Ghosiyah (surah ke-88).
Mazhab Syafii.
1) Pada
rakaat ke-1, imam surah Al-Jumuah (surah ke-62).
2) Pada
rakaat ke-2, imam membaca surah Al-Munafikun (surah ke-63).
4. Mazhab Hambali.
1) –
Bahasa
khatib sewaktu khotbah Jumat.
Mazhab Hanafi.
1) TIDAK
WAJIB dengan bahasa Arab.
Mazhab Maliki.
1) Khotbah
Jumat WAJIB dengan bahasa Arab.
Mazhab Syafii.
1) TIDAK
WAJIB dengan bahasa Arab.
Mazhab Hambali.
1) TIDAK
WAJIB dengan bahasa Arab.
Hukum
najis anjing
Mazhab
Hanafi.
1) Jilatan
anjing adalah najis.
2) Harus
dibasuh 7 kali, yang 1 kali dengan tanah
Mazhab
Maliki.
1) Jilatan
anjing TIDAK najis.
2) Harus
dibersihkan 7 kali, yang 1 kali dengan tanah, karena ibadah.
3) Terdapat
riwayat zaman Rasulullah ada anjing keluar masuk masjid dan bekasnya tidak
dibasuh.
4) Dibolehkan
makan hewan hasil buruan anjing dan tidak disuruh mencucinya terlebih dahulu.
5) Rasulullah
bersabda,”Cara mencuci bejana yang dijilat anjing adalah dengan dibasuh 7 kali,
yang salah satunya dicampur dengan tanah.”
6) Bejana
dijilat kucing, sapi, atau kambing juga harus dicuci, bukan hanya dijilat
anjing
Mazhab
Syafii.
1) Jilatan
anjing adalah najis.
2) Harus
dibasuh 7 kali, yang 1 kali dengan tanah.
Mazhab
Hambali.
1) Jilatan
anjing adalah najis.
2) Harus
dibasuh 7 kali, yang 1 kali dengan tanah.
Penjelasan.
Dalam bahasa agama, hal seperti ini disebut “tannawu’
al-ibadah” (keragaman cara beribadah).
Dalam ilmu ushul sebagian ulama menganut prinsip,
“Belum ada keketapan hukum Allah, sebelum ada ijtihad dari seorang mujtahid”.
Mujtahid ialah orang yang memiliki otoritas
menentukan sebuah hukum.
Hukum Allah sesuai dengan keputusan pemilik otoritas
hukum.
Meskipun keputusannya berbeda.
Semuanya diperbolehkan dan direstui oleh Allah,
meskipun hasilnya tidak sama.
Keputusan adalah hak pemilik otoritas.
Meskipun dia mengambil keputusan terbukti salah,
masih tetap direstui Allah.
Bahkan dia mendapat 1 pahala, kerena kesungguhannya
dalam mencari kebenaran.
Umat Islam harus ikhlas menerima
perbedaan khilafiah.
Daftar Pustaka
1. Mughniyah,
Muhammad Jawad. Fiqih 5 mazhab, Muhammad Jawad Mughniyah. PenerbitLentera
Jakarta, 2007)
2. Shihab,
M.Quraish. Lentera Hati. Kisah dan Hikmah Kehidupan. Penerbit Mizan,
1994.
3. Shihab,
M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Quran. Tafsir Maudhui atas Perbagai Persoalan
Umat. Penerbit Mizan, 2009.
4. Shihab,
M.Quraish. E-book Membumikan Al-Quran.
5. Al-Quran
Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
6. Tafsirq.com
online.
0 comments:
Post a Comment