MAZHAB
MALIKI ANJING TAK NAJIS
Oleh:
Drs. H. M. Yusron Hadi, M.M

A. Fikih
4 mazhab.
1. Para
ulama menjelaskan di antara bidang kajian Islam, bidang fikih adalah bagian
yang paling banyak menimbulkan perbedaan pendapat.
2. Masing-masing
mazhab memiliki dalil, alasan, dan argumentasinya sendiri.
3. Sikap
yang paling baik adalah memberikan toleransi kepada semua pendapat yang berbeda-beda,
setelah terlebih dahulu mempelajari semua pendapat tersebut dari sumber
aslinya.
B. Hukum
najis menurut 4 mazhab.
1. Hukum anjing.
1) Mazhab
Hanafi:
a. Jilatan
anjing adalah najis.
b. Harus
dibasuh 7 kali, yang 1 kali dengan tanah.
2) Mazhab
Maliki:
a. Jilatan
anjing bukan najis.
b. Harus
dibersihkan 7 kali, yang 1 kali dengan tanah, karena ibadah.
3) Mazhab
Syafii:
a. Jilatan
anjing adalah najis.
b. Harus
dibasuh 7 kali, yang 1 kali dengan tanah.
4) Mazhab
Hambali:
a. Jilatan
anjing adalah najis.
b. Harus
dibasuh 7 kali, yang 1 kali dengan tanah.
2. Hukum babi.
1) Mazhab
Hanafi:
a. Jilatan
babi adalah najis.
b. Harus
dibasuh 7 kali, yang 1 kali dengan tanah.
2) Mazhab
Maliki:
a. Jilatan
babi bukan najis.
b. Harus
dibersihkan 7 kali, yang 1 kali dengan tanah, karena ibadah.
3) Mazhab
Syafii:
a. Jilatan
babi adalah najis.
b. Harus
dibasuh 7 kali, yang 1 kali dengan tanah.
4) Mazhab
Hambali:
a. Jilatan
babi adalah najis.
b. Harus
dibasuh 7 kali, yang 1 kali dengan tanah.
3. Hukum bangkai.
1) Mazhab
Hanafi:
a. Semua
bangkai hewan darat adalah najis, jika keluar darah yang mengalir.
b. Bangkai
manusia juga najis, yang terkena harus bersuci dengan mandi.
2) Mazhab
Maliki:
a. Semua
bangkai hewan darat adalah najis, jika keluar darah yang mengalir.
b. Bangkai
manusia adalah suci.
3) Mazhab
Syafii:
a. Semua
bangkai hewan darat adalah najis, jika keluar darah yang mengalir.
b. Bangkai
manusia adalah suci.
4) Mazhab
Hambali:
a. Semua
bangkai hewan darat adalah najis, jika keluar darah yang mengalir.
b. Bangkai
manusia adalah suci.
4. Hukum darah.
1) Semua
mazhab sepakat darah adalah najis.
2) Semua
mazhab sepakat darah orang mati syahid, yang masih di atas jasadnya adalah suci.
3) Semua
mazhab sepakat darah ikan, kutu, kepinding, dan darah yang tertinggal dari sisa
penyembelihan adalah suci.
5. Hukum
air mani.
1) Mazhab
Hanafi:
a. Air
mani najis.
2) Mazhab
Maliki:
a. Air
mani najis.
3) Mazhab
Syafii:
a. Air
mani manusia suci.
b. Air
mani hewan selain anjing dan babi adalah suci.
4) Mazhab
Hambali:
a. Air
mani manusia suci.
b. Air
mani hewan yang dimakan adalah suci.
c. Air
mani hewan yang tidak dimakan adalah najis.
6. Hukum nanah.
1) Semua
mazhab sepakat nanah adalah najis.
7. Hukum air
kencing.
1) Semua
mazhab sepakat air kencing dan kotoran manusia adalah najis.
8. Hukum
sisa tubuh hewan.
1) Semua
mazhab sepakat sisa tubuh hewan najis adalah najis.
2) Mazhab
Hanafi:
a. Sisa tubuh
hewan tidak terbang seperti unta, sapi, dan kambing adalah najis.
b. Sisa tubuh
hewan terbang yang buang hajat di tanah, seperti ayam dan angsa adalah najis.
c. Sisa tubuh
hewan terbang yang buang hajat di udara, seperti burung adalah suci.
3) Mazhab
Maliki:
a. Burung
elang, kucing, dan serigala halal dimakan.
4) Mazhab
Syafii:
a. Sisa
tubuh hewan yang dimakan adalah suci.
b. Sisa
tubuh hewan yang darahnya mengalir dan tidak dimakan adalah najis.
5) Mazhab
Hambali:
a. Sisa
tubuh hewan yang dimakan adalah suci.
b. Sisa
tubuh hewan yang darahnya mengalir dan tidak dimakan adalah najis.
9. Hukum
cairan yang memabukkan.
1) Semua
mazhab sepakat cairan memabukkan adalah najis.
10. Hukum muntahan.
1) Semua
mazhab sepakat muntahan adalah najis.
11. Hukum
madzi dan wadzi.
1) Madzi
adalah cairan yang keluar dari alat kencing ketika ada rangsangan seksual.
2) Wadzi
adalah air amis yang keluar setelah kencing.
3) Mazhab
Hanafi, Maliki, dan Syafii:
a. Madzi
dan wadzi adalah najis.
4) Mazhab
Hambali:
a. Madzi
adalah suci.
b. Wadzi
adalah najis.
Daftar
Pustaka.
1. Mughniyah,
Muhammad Jawad. Fiqih 5 Mazhab. Penerbit Lentera Jakarta, 2007)
2. Al-Quran
Digital, Versi 3.2. Digital Qur’an Ver 3.2
3. Tafsirq.com
online.
0 comments:
Post a Comment